Honda Cina Bangun Pabrik Produksi Khusus Kendaraan Listrik

pabrik Honda di Wuhan, Cina

JAKARTA, Carvaganza – Pabrikan Honda melakukan ekspansi besar di Cina dengan membangun pabrik produksi kendaraan khusus tenaga listrik. Honda Motor (China) Investment Co., Ltd. selaku anak perusahaan Honda di China mengumumkan bahwa pembangunan pabrik itu akan dilakukan oleh Dongfeng Honda Automobile Co., Ltd. untuk membangun sistem dan kemampuan produksi mobil EV di masa depan.

Pabrik tersebut berisikan fasilitas lengkap untuk memproduksi electric vehicle (EV) termasuk stamping, pengelasan, pengecatan, perakitan, dan inspeksi kendaraan lengkap. Pabrik juga akan berusaha mencapai tingkat otomatisasi terdepan di industri otomotif, terutama di area perakitan.

Pabrik EV khusus yang baru itu akan dibangun di Zona Pengembangan Ekonomi Wuhan di Propinsi Hubei di atas lahan seluas 630.000 m2 dengan kapasitas produksi tahunan dasar 120.000 unit kendaraan. Pabrik dirancang mampu memproduksi EV dari proses awal sampai akhir dengan fungsi yang efisien dan cerdas. Pabrik akan mulai melakukan produksi mulai tahun 2024 mendatang.

Honda CR-V China

Selain itu, pabrik akan secara proaktif mengejar inisiatif keberlanjutan, yang akan mencakup pemanfaatan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya menuju realisasi netralitas karbon, penggunaan air daur ulang dan langkah-langkah konservasi sumber daya lainnya serta pengurangan emisi Volatile Organic Compounds (VOC), sumber utama polusi udara.

Honda akan terus mempercepat upaya elektrifikasi menuju realisasi netralitas karbon pada tahun 2050 dan menawarkan produk menarik yang melebihi harapan konsumen.

Dongfeng Honda didirikan bulan Juli 2003 dan mulai melakukan produksi pada April 2004, dengan model SUV Honda CR-V sebagai produksi pertamanya. Merupakan perusahaan patungan antara Honda Motor Co. Ltd., dengan Dongfeng Motor Group. Sampai sekarang, Dongfeng Honda masih memproduksi CR-V untuk kebutuhan dalam negeri Tiongkok yang begitu besar.

Pabrik Dongfeng Honda

Pada Februari 2006, Dongfeng melakukan ekspansi senilai 2,8 milyar yuan (US$ 340 juta) dengan kapasitas produksi naik empat kali lipat menjadi 120.000 unit per tahun. Mulai tahun 2011, perusahaan tersebut bukan hanya merakit kendaran, melainkan juga memproduksi ragam komponen, termasuk komponen untuk kebutuhan pasar Jepang.

Kini, Dongfeng Honda memiliki total kapasitas produksi 480.000 unit beragam model Honda per tahun. Kapasitas produksi itu dihasilkan dari dua pabrik Dongfeng Honda di Wuhan. Pada Juli 2021, Honda Motor mengumumkan bahwa penjualan kumulatif mobil Honda di Cina sebanyak 15 juta unit. Angka milestone tersebut diraih oleh Honda dalam kurun 22 tahun, 6 bulan sejak mereka hadir di Tirai Bambu bulan Januari 1999. Sedangkan penjualan kumulatif kendaraan hybrid Honda di Cina mencapai 500.000 unit sejak tahun 2016 lalu. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga:  5 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Honda Step WGN Generasi Kelima

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya