Adu Spesifikasi BMW i4 vs Porsche Taycan Turbo S, Mana Lebih Unggul?

JAKARTA, Carvaganza – BMW i4 2022 sudah resmi dirilis pada pekan lalu dan merupakan sedan sport listrik pertama produksi BMW. Meski belum menyertakan detail tentang spesifikasinya, namun beberapa literatur menyebutkan bahwa i4 akan memiliki tenaga maksimal 530 hp dengan sajian fitur terbaru di dalamnya. 

Kehadirannya di perang sedan sport listrik sekaligus menjadi rival utama dari Porsche Taycan Turbo yang juga baru diluncurkan pada tahun ini. Beberapa angka performa dan kemampuan dari motor listrik yang ditanamkan pada BMW i4 dianggap cocok untuk menandingi Porsche Taycan. Keduanya sama-sama dibekali dengan dua motor listrik dengan kapasitas baterai yang juga besar. Jarak yang dapat ditempuh keduanya pun diklaim cukup jauh lebih dari 300 km. Sedangkan untuk urusan fitur-fiturnya, keduanya menawarkan pengalaman yang berbeda dibandingkan model-model sebelumnya. 

Berikut kami sajikan hal-hal menarik yang terdapat pada kedua sedan sport listrik asal Jerman ini.

BMW i4 2022

BMW i4 2022

Hingga saat ini, BMW belum secara resmi merilis secara resmi spesifikasi lengkap dari BMW i4 namun ada beberapa hal yang sudah bisa diketahui. Salah satunya adalah baterai yang digunakan pada i4 ini diklaim berkapasitas 80 kWh dan menyalurkan dua motor listrik ke roda belakang. Kedua motor listrik i4 mampu menghasilkan  tenaga maksimal hingga 530 hp dan mampu  berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4 detik dengan kecepatan maksimal 200 km/jam.

BMW i4 2022 memang belum merilis angka dimensi kendaraan namun secara konsep ia merupakan versi listrik dari BMW Seri 4 Gran Coupe. Berarti kira-kira i4 memiliki dimensi panjang mencapai 4.640 mm dengan lebar 1.286 mm dan tinggi 1.389 mm dan berdiri di atas platform CLAR. Platform tersebut dibangun dengan material baja, stainless dan karbon yang menghasilkan struktur yang ringan dan kuat. 

Karena merupakan versi lain dari Seri 4 Gran Coupe, BMW i4 juga ditaksir memiliki konfigurasi yang serupa yakni 4 pintu dengan kapasitas lima penumpang. Sedangkan di dalamnya akan dibekali dengan iDrive versi 8 yang menawarkan kemudahan pengoperasian seluruh fiturnya. Melalui fitur ini, BMW i4 akan mengurangi pengoperasian dengan tombol keras dan menggantinya dengan perintah suara dan layar sentuh. Bahkan fitur iDrive versi 8 sudah disematkan dengan Artificial Intelligent (AI) yang memungkinkan pengendara bisa berbicara dengan sistem layaknya dengan manusia.

Berkat penggunaan kapasitas baterai yang besar hingga 80 kWh, BMW i4 juga memiliki kemampuan jelajah yang cukup jauh hingga 590 km. Sedangkan angka detail lainnya akan segera dirilis dalam beberapa bulan ke depan saat proses produksinya selesai.

Porsche Taycan 4S

Porsche Taycan 

Mobil ini dibangun berdasarkan dari konsep desain Porsche Mission E yang khusus untuk mobil listrik. Berbeda dengan BMW i4, Porsche Taycan dibekali dengan baterai berkapasitas 93,4 kWh yang dapat menghasilkan tenaga hingga 617 hp. Bahkan torsinya bisa mencapai 1.050 Nm saat menggunakan launch control. Tenaga dan torsinya dihasilkan dari motor listrik yang menggerakkan seluruh rodanya melalui transmisi kecepatan tunggal. Bahkan tenaga dan torsinya mampu melesatkan Porsche Taycan dari posisi 0 ke 100 km/jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimal 260 km/jam. 

Di atas kertas Porsche Taycan memiliki dimensi panjang 4.849 mm dengan lebar 1.981 mm dan tinggi 1.300 mm, sayangnya ia hanya mampu menampung 4 penumpang tapi dengan posisi yang sangat nyaman. Belum lagi, Porsche Taycan menghadirkan konsep personalisasi untuk interiornya mulai dari material pada jok hingga tampilan atap yang bisa menggunakan rasi bintang.

Untuk urusan layanan hiburan Porsche Taycan menghadirkan layanan hiburan lewat layar sentuh berukuran 16,3 inci yang membentang di sepanjang dashboardnya. Tidak ada tombol maupun knob-knob yang mengganggu, semua dioperasikan melalui sentuhan dan perintah suara “Hey Porsche”. 

Porsche Taycan Charging

Porsche Taycan sudah merilis beberapa varian mulai dari Taycan, Taycan 4S, Turbo dan Turbo S yang terakhir disebutkan merupakan varian tertinggi. Selain kemampuan performa yang lebih maksimal, di atas kertas Porsche Taycan Turbo S diklaim mampu menjelajah hingga 450 km dengan kondisi baterai penuh. Meski demikian angka tersebut harus disesuaikan lagi dengan kondisi jalan dan gaya berkendara. 

Porsche Taycan sudah dijual sejak tahun lalu bahkan di Indonesia sendiri model tersebut sudah tiba dan mulai dihantarkan ke konsumen. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 2,5 miliar – Rp 6 miliar tergantung varian dan personalisasi apa yang dipilih. 
ALVANDO NOYA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda