Beranda EDITOR'S PICKS 8 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Mazda 100th Anniversary

8 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Mazda 100th Anniversary

JAKARTA,  carvaganza.com – Dari sejumlah model 100th anniversary yang diproduksi oleh Mazda, ternyata hanya satu model yang masuk yakni Mazda3 Hatchback 100th Anniversary. Padahal, pabrikan Jepang ini memproduksi edisi anniversary untuk sejumlah model yaitu Mazda2, Mazda3, Mazda6, CX-3, CX-5, CX-8, Roadster MX-5 dan MX-5 RF.

Mazda3 Hatchback 100 th Anniversary Edition ini hanya dipasarkan 20 unit untuk pasar di Indonesia dan kabarnya sudah terjual. Lantas bagaimana dengan konsumen yang ingin membeli unit edisi 100 tahun anniversary model lain? Bisa saja tinggal kontak PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai APM Mazda di sini.

Perjalanan Mazda memang telah terentang selama satu abad. Mulai berdiri pada 30 Januari 1920 di Hiroshima, Jepang. Dirintis untuk memproduksi komponen mesin kendaraan sampai akhirnya memproduksi mobil militer dan passenger car.

20 Januari 2020

Lahirnya perusahaan yang menjadi cikal bakal Mazda. Nama perusahaan pertamanya adalah Toyo Cork Kogyo Co., yang dulunya memproduksi tutup botol wine. Tiga tahun setelah itu berubah nama menjadi  Toyo Kogyo Co., Ltd. Perusahaan ini juga bergerak dalam bidang produksi komponen mesin.

Mazda-Go

Mazda-Go

Menjadi kendaraan bermesin pertama yang diproduksi Mazda pada tahun 1931. Yaitu sepeda motor roda tiga yang dilengkapi dengan bak terbuka di bagian belakang untuk kepentingan niaga.

Kendaraan 4 roda pertama

R360 menjadi kendaraan roda empat pertama yang diproduksi oleh Mazda. Dibuat tahun 1960 sebagai kei car dua pintu kapasitas 4 penumpang. Mesin yang dipakai pun kecil jenis V-twin 356 cc yang diposisikan di bagian belakang mobil dengan berpendingin udara. Menghasilkan tenaga 14 hp (16 PS) dan torsi 22 Nm. Dikombinasikan dengan girboks manual 4 percepatan dan transmisi otomatis 2 speed. Top speed hanya 84 km/jam.

Produksi Edisi Anniversary 1 Abad (100th anniversary)

Mobil-mobil edisi 100 tahun mulai diproduksi dari September 2020 sampai Maret 2021. Jadi yang dibatasi adalah periode produksinya sehingga otomatis jumlah yang diproduksi pun jadi sangat terbatas.

Mazda3 Hatchback 100th Anniversary

Dari model-model anniversary yang diproduksi, PT EMI sebagai APM hanya memasukkan Mazda3 hatchback 100th anniversary. Jumlahnya pun hanya 20 unit saja. PT EMI tidak melayani pesanan di luar 20 unit tadi dan juga tidak akan melayani pesanan model 100th anniversary di luar model Mazda3 hatchback 100th anniversary.

Mazda Indonesia ingin mobil yang mereka masukkan adalah collectible item untuk pasar Indonesia. Makanya memasukkan model Mazda3 hatchback. Harga yang dibanderol adalah Rp 533,8 juta on the road Jakarta.

Kelir putih

Warna yang tersedia untuk edisi 100th anniversary ini hanya satu, yaitu putih. Nama pabrikannya  Snow Flake White Pearl Mica. Mazda Tidak memproduksi kendaraan anniversary 1 abad di luar warna itu. Warna ini adalah simbol warna passenger car pertama Mazda yaitu R360 yang dibuat tahun 1960.

Velg

Pada bagian kaki-kaki, tutup kepala velg 18 inci (center hubcap) diberi tanda logo khusus 100th anniversary.

Interior

Sama dengan eksterior, interior yang tersedia untuk model peringatan 1 abad ini hanya satu pilihan. Yaitu kelir two-tone yang mengombinasikan warna putih dengan burgundy. Kenapa warna ini? Pasalnya, kelir tersebut pernah menjadi simbol warna passenger car pertama Mazda, yakni R360 yang diproduksi tahun 1960.

Semua karpet yang terpasang adalah warna burgundy (merah hati) dengan logo khusus 100th anniversary. Sebagai penanda anniversary, headrest jok burgundy juga dipasangi logo khusus 1 abad Mazda.

Kunci (key fob) juga didesain secara khusus dengan logo 100th anniversary sehingga terlihat lebih eksklusif. Konsumen yang membeli pun akan merasa istimewa.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...