6 Mobil Mewah Baru Yang Meluncur Di Indonesia Sepanjang Januari 2021

Mercedes-Benz

JAKARTA, CARVAGANZA - Januari 2021 disambut dengan sentimen positif para pemasin mobil mewah di Indonesia. Tercatat enam mobil mewah baru meluncur di awal 2021. Enam mobil mewah baru tersebut datang dari beragam jenis, mulai sedan berperforma tinggi, SUV (Sport Utility Vehicle) hingga double cabin offroad yang tangguh. Mereka diharapkan disusul oleh lini produk kendaraan mewah lainnya untuk menumbuhkan optimisme pasar otomotif Tanah Air. Berikut ini adalah enam mobil mewah baru yang meluncur sepanjang Januari 2021.

1. Mercedes-Benz C200 AMG Final Edition
Rp 960 Juta (off-the-road)

Mercedes-Benz C200 AMG Final Edition

Mercedes Benz C200 AMG Final Edition resmi diperkenalkan, Sabtu (21/1). Mobil ini dirakit secara lokal di pabrik Mercedes-Benz Indonesia Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Keluarga C-Class kini semakin lengkap dengan hadirnya sedan ini. Unitnya sendiri langsung sudah tersedia di dealer resmi Mercedes-Benz Indonesia.

“Kami sangat bangga dengan memperkenalkan C200 AMG Final Edition. Karena sedan merupakan identitas penting bagi Mercedes-Benz dan memberikan angka penjualan signifikan,” ujar Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes Benz Distribution Indonesia. Dengan diluncurkannya model baru AMG ini, PT MBDI optimis dapat memenuhi kebutuhan pasar sedan di Indonesia. Varian ini termasuk dalam sedan bertenaga besar meski dengan bekal mesin yang kecil.

Mesin yang digendong oleh dua keluarga baru C-Class AMG ini adalah 4-silinder 2.0 liter Turbocharged. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 9G-TRONIC. Mercedes-Benz C200 AMG Final Edition menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 300 Nm. Mobil ini merupakan sedan dengan penggerak roda belakang.

Meski memiliki angka dimensi yang sama, namun terdapat perbedaan antara C200 AMG dan C300 AMG. Bumper depan pada dua sedan ini menonjol dengan desain diamond radiator grille sebagai standarnya. Sedangkan pada bagian bumper belakang desainnya terlihat lebih fresh dengan trim knalpot yang bervariasi.

2. Mercedes-Benz C300 AMG Final Edition
Rp 1 Miliar (off-the-road)

Mercedes-Benz C300 AMG Final Edition

Selain Mercedes-Benz C200 AMG Final Edition, di hari yang sama Mercedes-Benz C300 AMG Final Edition juga diperkenalkan. Walaupun memakai mesin yang sama, yakni mesin 4-silinder 2,0 liter Turbocharged, namun performa keduanya berbeda. Mercedes-Benz C300AMG Final Edition, mampu memproduksi tenaga maksimal 190 hp dan torsi 350 Nm. Akselerasi maksimum 0-100 km/jam mobil ini adalah 5,9 detik. Versi yang lebih mahal dari Mercedes-Benz C200 AMG Final Edition ini juga memakai sistem penggerak roda belakang.

Tak hanya output mesinnya yang dibedakan, mobil ini juga memiliki sejumlah perbedaan dari Mercedes-Benz C 200 AMG Final Edition. Misalnya, sama-sama memakai velg light alloy 18-inci AMG, C 300 AMG Final Edition mendapat tambahan panoramic sliding sunroof. Pada bagian depan, Mercedes Benz C200 AMG Final Edition memakai lampu depan LED High Performance. Sedangkan pada C300 AMG Final Edition dibuat lebih mewah dengan Multibeam LED dan ultra range high beam. Tentu saja penggunaan teknologi ini akan memaksimalkan pencahayaan pada malam hari.

Interiornya pun dibuat dengan nuansa elegan dan sporty, dengan penggunaan material high end dan modern. Layar hiburannya dapat diatur dengan touchpad pada konsol tengah dan pengatur suara LINGUATRONIC. Selain itu, instrument cluster digitalnya dapat disesuaikan dengan mode Classic, Sport dan Progressif. Dua sedan besutan AMG ini sudah dibekali fitur keselamatan seperti Active Brake Assist, Active Lane Keep Assist dan Pre Safe sebagai standarnya.

3. BMW X1 sDrive 18i
Rp 669 juta (off-the-road)

BMW X1 2021

BMW Group Indonesia membuka tahun 2021 dengan cara yang agresif. Tiga produk baru sekaligus diluncurkan BMW yang memperkuat lini SUV mereka tahun ini. Tiga model tersebut masing-masing mewakili model X1, X3 dan X5.

Varian baru dan upgrade alias penyegaran diberikan oleh BMW kepada tiga model tersebut, yang sudah dirakit lokal dari fasilitas Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara. Ketiga model itu masing-masing adalah X1 sDrive19i, X3 sDrive20i, dan X5 xDrive40i xLine. Hal ini tegaskan komitmen BMW dalam berikan fitur relevan sesuai dengan pemintaan konsumen di Indonesia.

“BMW Group Indonesia memulai tahun 2021 dengan optimis dan saya Pribadi sangat bangga kami berhasil melewati tahun 2020 yang penuh tantangan berkaitan dengan pandemi COVID-19. Pada kuartal satu tahun ini, BMW Indonesia memulai kampanye komunikasi dengan menghadirkan tiga model BMW X terbaru, yang dikenal sebagai X-Crew,” papar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

“BMW Group Indonesia memilih BMW Seri X sebagai model pertama yang diluncurkan tahun ini untuk memperkuat posisinya sebagai brand terdepan di segmen SAV Premium Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan kendaraan yang serbaguna dan tentunya berikan sensasi dan kenyamanan berkendara yang sempurna.”

Untuk model entry level dari line up SUV mereka, BMW menghadirkan X1 sDrive18i ini sebagai varian pelengkap dari yang sudah ada sebelumnya. Meluncur dengan julukan ‘The Courageous’, X1 baru ini memberi alternatif varian yang lebih terjangkau. Diharapkan bisa menjadikannya semakin atraktif sebagai salah satu model terlaris SUV dari BMW.

Tampilan diklaim lebih sporty dengan mengandalkan black cladding dan matte silver pada sisi bawah bumper depan. Diffuser belakang tampil dengan nuansa color-coded, menyertai frame kaca dan roof rails dengan finishing satin alumunium. Bagian kaki-kaki juga tampil segar oleh aplikasi velg Y-spoke style 566 18-inci dengan aksen bicolour.

Bagian interior mendapatkan peningkatan kenyamanan bagi penumpang, dengan disediakannya Comfort Access untuk mengakses semua pintu tanpa menyentuh remote. Sistem infotainment iDrive ditingkatkan, yang kini sudah mendukung Apple CarPlay yang bisa diakses wireless. Sementara fitur Rear-view camera kini terintegrasi dengan Parking Assistant yang memudahkan proses parkir paralel.

Masih dengan mesin tiga silinder 1,5 liter turbo, X1 sDrive18i mengandalkan transmisi otomatis dual-clutch 7-percepatan. Varian baru ini ditawarkan dengan harga Rp 669 juta (off the road).

4. BMW X3 sDrive20i
Rp 969 juta (off-the-road)

BMW X3 sDrive20i

Ini adalah penyegaran pertama sejak X3 versi sDrive20i diluncurkan tahun 2019 lalu. Baik dari sisi penampilan dan fitur menjadi menu pembaruan BMW pada versi SUV dari Seri 3 ini, yang memadukan unsur efisiensi dan sporty dalam satu paket. X3 versi penggerak dua rod aini dipasarkan dengan harga Rp 969 juta (off the road).

Eksterior tidak berubah banyak, yang diwakili oleh velg baru berdesain V-spoke style 692 bicolour, berdiameter 19-inci. Selebihnya, tampilan bagian luar masih relatif sama dengan versi awalnya. BMW membuat penampilan luar X3 menjadi lebih modern dan dinamis.

Interior mengandalkan comfort seat yang lebih nyaman dengan bantalan berkualitas dan tebal, dengan trim Sensatec generasi terbaru. Nuansa ini dipadukan dengan finishing trim dengan warna Black High Gloss dan juga highlight Pearl Chrome + Galvanic Embellisher untuk rangkaian tombol pengaturan fitur. Demi memberikan kesan lapang, tersedia panoramic roof.

Di balik kap mesin tersimpan unit empat silinder 2,0 liter turbo yang bertenaga 184 hp dan torsi 300 Nm. Mesin dengan transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan ini terhubung menggerakkan roda belakang.

5. X5 xDrive40i xLine
Rp 1,559 Miliar (off-the-road)

BMW X5 2021

The Boss, panggilan untuk SUV ini, menjadi yang paling banyak mendapat perubahan dibanding tiga model lainnya. Yang paling menarik perhatian adalah X5 edisi 2021 bisa menampung lebih banyak penumpang, dengan terpasangnya jok baris ketiga. Jadi, kini X5 bisa mengisi setidaknya sampai tujuh orang di dalamnya.

Kursi baris kedua juga ikut ditingkatkan kenyamanannya, yang kini bisa diatur posisi duduknya melalui tombol secara elektris. Lalu adanya Comfort Cushions pada head rest menambah nilai kenyamanan untuk penumpang, yang dilapisi material Alcantara. Nuansa kemewahan berkendara di dalam kabin dipertegas oleh aplikasi finishing trim Alumunium “Mesheffect” Dark, dengan kombinasi headliner berwarna cerah.

Kualitas hiburan turut memanjakan penumpang, yang kini mengandalkan sistem audio dari Harman Kardon yang dilengkapi 16 speaker. Tidak hanya dari sisi infotainment, fitur baru juga ditingkatkan dari sisi keselamatan dan keamanan. Hadirnya sistem Driving Assitance yang semakin lengkap dan canggih. Sebut saja Parking Assistant Plus yang termasuk Surround View berkemampuan kamera 360o, Panorama View, Top View, dan 3D View.

Kelengkapan Driving Assistant juga ditunjukkan oleh hadirnya Crossing Traffic Warninig, Lane Departure Warning, Lance Changing Warning, serta Front Collision Warninig with Brake Intervention dan Rear Collision Prevention. Yang pasti, berbagai potensi terjadinya kecelakaan semakin diminalisir oleh rangkaian fitur pada X5 xDrive40i xLine.

Dengan harga Rp 1,559 miliar (off the road), X5 xDrive40i xLine hadir dengan mesin enam silinder 3,0 liter turbo bertenaga 340 hp dan torsi 450 Nm. Dengan transmisi otomatis Sport Steptronic 8-percepatan, sistem xDrive yang digunakannya menggerakkan seluruh roda. Ketiga model baru ini akan sudah tersedia di dealer resmi BMW se-Indonesia.

6. Jeep Wrangler Gladiator
Rp 1,9 Miliar (off-the-road)

Jeep Wrangler Gladiator 2021

 

Jeep Wrangler Rubicon Gladiator resmi meluncur di Indonesia Rabu (27/1). Diluncurkan oleh distributor resmi Jeep terbaru di Indonesia, PT DAS Indonesia Motor, Rubicon Gladiator dibekali mesin V6 3.6-liter PENTASTAR yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal 285 hp dan torsi 353Nm. Tentu saja model ini juga diperkuat dengan penggerak all-wheel drive (AWD)mengingat Jeep Rubicon didesain untuk melewati berbagai medan jalan, baik aspal maupun non-aspal.

Desain Gladiator sendiri tidak seperti Jeep Rubicon lainnya, meski memiliki fascia depan yang serupa. Terdapat ruang bagasi terbuka di bagian belakang serupa dengan truk pick-up. Ia dibangun di atas platform yang sama dengan Jeep Wrangler JL. Gladiator juga SUV pick-up pertama yang dirilis oleh Jeep setelah Comanche yang stop produksi pada 2001. Secara dimensi, Jeep Truk ini juga memiliki panjang 5,5 meter dan lebih panjang dari yang versi JL. Hal tersebut memungkinkan untuk memboyong dua motor trail di ruang bagasi terbuka di belakang.

Nah sebagaimana SUV sejati, Jeep ini memiliki kemampuan off-road mumpuni berkat fitur-fitur Command-Trac 4x4 System, Selec Trac Full Tyme 4x4 System dan Rock-Trac 4x4 System. Sehingga kapabilitasnya di medan lumpur dan tanah tak perlu diragukan.

“Saat ini, banyak konsumen Jeep yang juga memiliki hobby outdoor seperti motor trail, sepeda dan ATV off road. Dengan adanya Jeep Wrangler Gladiator ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut,” ujar Dhani Yahya, COO PT DAS Indonesia Motor.

Jeep Wrangler Gladiator ini juga tersedia dengan varian lain seperti Sport, Sport S, Sahara, Rubicon dan Moab. Namun PT DAS Indonesia Motor baru menyediakan varian Rubicon dengan mesin bensin. Sedangkan varian diesel belum siap dipasarkan dikarenakan standar Euro di Indonesia yang masih rendah.

Wrangler Gladiator 2020 ini sudah mulai dapat dipesan mulai hari ini melalui jaringan dealer PT DAS Indonesia Motor. Jeep Wrangler Gladiator 2020 sendiri dibanderol seharga Rp. 1,9 Miliar (off the road), dengan ketersediaan unit akan dimulai pada Februari 2021. Hingga saat ini, total pemesanan di Indonesia mencapai 20 unit lebih.

PT DAS Indonesia Motor juga berharap dapat memenuhi kebutuhan konsumen Jeep di Indonesia dengan menghadirkan model-model lain seperti Jeep Wrangler 2021, Grand Cheeroke dan Wrangler Gladiator sendiri. Ditargetkan tahun ini dapat terjual sebanyak 400-500 unit dengan komposisi 10% di dalamnya adalah unit Wrangler Gladiator. RIZKI SATRIA

Baca juga: 7 Mobil Sports Ini Punya Performa Yang Tak Segarang Tampilannya

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya