Beranda Updates 50 Tahun Mercedes-Benz di Indonesia, Apa Saja Sejarah dan Pencapaiannya?

50 Tahun Mercedes-Benz di Indonesia, Apa Saja Sejarah dan Pencapaiannya?

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 menjadi tahun yang bersejarah untuk merek Mercedes-Benz di Indonesia. Karena pada tahun ini, tepat menandakan 50 tahun kehadiran pabrikan mewah asal Jerman ini di Tanah Air. Beragam pencapaian dan sejarah telah ditorehkan oleh Mercedes-Benz selama lima dekade meramaikan industri otomotif di sini.

Hari bersejarah itu terjadi pada tanggal 8 Oktober 1970. Merek Mercedes-Benz resmi hadir di Indonesia melalui Star Motors Indonesia, yang merupakan bentuk joint venture antara Daimler-Benz AG dengan PT Gading Mas. Joint venture tersebut membentuk sebuah agen tunggal pemegang merek (ATPM) produk Daimler-Benz di Indonesia. Sejak hari itu, berbagai jenis kendaraan Mercedes-Benz beredar mewarnai jalanan.

Kini, line up model dan produk Mercedes-Benz telah menawarkan pilihan kendaraan mewah yang lengkap untuk konsumen. Mulai dari sedan, van, dream cars seperti coupe dan cabriolet, SUV, model performa tinggi AMG, sampai compact cars yang terjangkau. Bisa dibilang, semua segmen kendaraan mewah yang diinginkan konsumen dimiliki oleh Mercedes-Benz.

Tahun ini, rangkaian kegiatan digelar oleh Mercedes-Benz di Indonesia untuk merayakan 50 tahun perjalanannya. Pada awal tahun, tepatnya bulan Februari 2020, Mercedes mendonasikan replika mobil pertama di dunia yaitu Benz Patent-Motorwagen ke Museum Nasional Indonesia. Unit tersebut, Benz Victoria Phaeton, merupakan kendaraan bermotor pertama yang ada di Indonesia, milik Sultan Surakarta, Pakoe Boewono X.

Kemudian pada bulan Juli 2020, digelar Mercedes-Benz Virtual Expo yang merupakan acara virtual pertama yang mereka gelar di Indonesia. Pada kesempatan ini, diluncurkan beberapa model khusus sebagai simbol perayaan 50 tahun. Model tersebut adalah Mercedes-Benz S 450 L Edition 50 dan AMG G 63 Edition 50. Akan ada banyak model Edition 50 lainnya yang menyusul diluncurkan.

“Kami sangat bangga merayakan kehadiran selama 50 tahun di Indonesia. Sebagai pelopor mobilitas di Indonesia, Mercedes-Benz telah mencapai banyak prestasi selama kehadirannya. Mobil bermotor pertama di Indonesia adalah Benz – dan Mercedes-Benz berarti kualitas dan keamanan,” kata President Driector PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun.

New Mercedes-AMG G 63 Edition 50

“Saat ini, kami terus mempromosikan kenyamanan, konektivitas, dan keberlanjutan dengan inovasi berwawasan ke depan, sambal menginspirasi dan menggairahkan pelanggan kami di tahun-tahun mendatang.”

Sejak tahun 1970 itu, selain mendirikan ATPM Bersama Star Motors, Daimler-Benz AG juga mendirikan pabrik perakitan. PT German Motors Manufacturing resmi berdiri menjadi fasilitas manufaktur dan perakitan produk Daimler-Benz yang berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tahun 1973, Mercedes-Benz W 115 menjadi seri kendaraan pertama yang mereka produksi, lewat model 200, 240 D dan 280.

Kemudian pada tahun 1982, Mercedes-Benz mulai jalankan produksi kendaraan penumpang dan niaga di Wanaherang, Bogor. Pabrik itu kini dioperasikan oleh PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia. Model penumpang Mercedes-Benz seperti C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE dan GLS dirakit di sini. Sementara Daimler merakit kendaraan niaga model truk Axor dan chassis bus.

Selain itu, kualitas sumber daya manusia di Indonesia juga turut diperhatikan Mercedes-Benz dengan mendirikan Pusat Pendidikan dan Latihan Kejuruan. Fasilitas ini diresmikan pada tahun 1978 dan menjadi salah satu pusat pelatihan terbesar di Indonesia. Juga menjadi pusat kompetensi pelatihan Mercedes-Benz. Mercedes-Benz memberikan program pelatihan bagi mekanik profesional di dealer Mercedes-Benz di seluruh Indonesia.

Kualitas kendaraan produksi Mercedes-Benz juga telah mendapat sertifikasi ISO 9001, untuk manajemen kualitas. Mercedes-Benz menjadi pabrikan pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi ISO ini, sebagai wujud dari prinsip “The Best or Nothing” selama lebih dari 100 tahun.

Perjalanan Mercedes-Benz di Indonesia akan terus berlanjut bersamaan dengan komitmen Mercedes-Benz untuk terus memberikan layanan Best Customer Experience dengan menyediakan mobil-mobil yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan para pelanggannya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jaman Berubah, Batu Sabak Pun Jadi Penghias Kabin Bentley

JAKARTA, carvaganza.com -  Membeli mobil super mewah itu sama saja dengan membeli selera. Pembeli tak cukup dengan hanya disodori pilihan yang disediakan oleh pabrikan....
video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...