110 Tahun Lalu Mobil Listrik Sudah Mondar-Mandir Di AS

JAKARTA, Carvaganza – Di Indonesia, pasar nasional mulai disesaki oleh ragam jenis mobil elektrifiksasi. Terkhusus pada tahun 2020 ini, sekaligus menjadikan tahun dengan peluncuran mobil elektrifikasi terbanyak baik hybrid, plug-in hybrid maupun full elektrik.

Tapi sebelum menjadi demam di Indonesia, Eropa dan Amerika Serikat sudah jauh lebih dahulu. Bahkan Amerika Serikat punya sejarah mobil listrik yang sangat panjang.

Sekitar 110 tahun lalu, mobil listrik adalah mobil yang paling populer di USA pada awal abad 20. Saking populernya waktu itu, pada tahun 1909 di bangunlah jalur kereta api bawah tanah (subway) yang beroperasi secara penuh di bawah United States Capitol atau familiar disebut Capitol Building. Gedung ini adalah gedungnya Kongres Amerika Serikat, sekaligus tempat para anggota Kongres bersidang.

Jalur subway tersebut menghubungkan Russell Senate Office Building dengan Capitol yang jaraknya kisaran 305 m saja. Dulu mobil listrik yang melayani jalur ini buatan Studebaker. Jalur mobil bawah tanah ini menjadi cikal bakal konsep Hyperloop yang sedang dikembangkan oleh Tesla dan SpaceX. Konsep vactrain sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Robert H. Goddard tahun 1904.

monorail otomatis Capitol Building 1993
monorail otomatis Capitol Building 1993

Studebaker mulai mengembangkan mobil listrik tahun 1898 lalu dijual dari tahun 1902 sampai 1912. Waktu itu, Studebaker membuat mobil atau kereta tanpa kuda dengan model yang tidak standar (baku). Modelnya bisa dibuat dengan format apapun sesuai keinginan pemesan.

Pada jaman itu, orang suka pada mobil listrik karena gampang dinyalakan dan bisa bekerja dengan baik di tempat indoor dengan ventilasi jelek. Sebaliknya, kalau ingin menyalakan mobil berbahan bakar bensin butuh orang yang ahli apalagi kalau dijalankan secara berulang-ulang sehingga biayanya menjadi mahal. Makanya itu yang menyebabkan kenapa mobil listrik dipakai sebagai kendaraan penghubung di jalur bawah tanah U.S. Capitol.

Mobil listrik juga dianggap nyaman karena tidak mengeluarkan asap dan tidak perlu dibuatkan rel kereta api yang bisa bikin lebih rumit lagi. Mobil listrik dianggap sebagai langkah tepat untuk mengoneksikan kedua gedung. Terdapat dua mobil listrik berkapasitas delapan orang dengan cat warna kuning terang yang menjadi penghubung. Dalam perkembangannya mobil listrik dianggap terlalu pelan, akhirnya baru tiga tahun beroperasi digantikan oleh kereta monorail yang dioperasikan oleh seorang masinis.

Alat transportasi ini hanya digunakan oleh para senator dan staf Capitol untuk ragam kepentingan mereka. Pada tahun 1993, diganti dengan sistem kereta otomatis yang bekerja tanpa perlu dibantu seorang masinis.

Baca juga:  Toyota Perluas Kehadiran Mobil Elektrifikasi, Apa Kelebihannya?

Studebaker Avanti
Studebaker Avanti

Studebaker didirikan 1852

Mungkin nama ini terdengar asing di telinga. Pasalnya ya memang tidak populer dan sudah lama hilang dari peredaran. Studebaker dulunya adalah pabrikan mobil asal Amerika Serikat yang memiliki pabrik produksi di South Bend, Indiana.

Didirikan tahun 1852 dan kemudian menjadi perusahaan berbadan hukum tahun 1868 dengan nama Studebaker Brothers Manufacturing Company. Memproduksi mobil wagon, buggy, gerbong dan harness atau tali kekang untuk kereta kuda.

Perusahaan tersebut mulai masuk bisnis otomotif tahun 1902 dengan memproduksi mobil listrik, kemudian tahun 1904 memproduksi mobil berbahan bakar bensin. Dari situ sempat berkembang pesat dan sempat jatuh, lalu berkembang lagi sampai akhirnya ditutup pada tahun 1967.

Sumber: www.thedrive.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda