Hatchback Retro Renault 5 akan Lahir Lagi Menjadi Mobil Listrik

PARIS, Carvaganza – Saat segmen hot hatchback mulai populer di medio tahun 1980-an lalu, Renault sempat ikut meramaikan dengan merilis Renault 5. Mobil ini bisa dibilang adalah nenek moyang hatchback Renault, sebelum Clio dan Megane lahir. Ikoniknya 5 turut disertai kesuksesan dan keandalannya sebagai mobil reli kala itu.

Ingin menghadirkan homage untuk model legendarisnya itu, Renault berniat untuk memproduksi lagi 5 dalam beberapa tahun ke depan. Renault telah memperkenalkan 5 Prototype, generasi baru dari hatchback mungil dan sporty tersebut, yang direncanakan akan meluncur pada tahun 2025. Namun, 5 Prototype akan diwujudkan dalam versi produksi sebagai mobil listrik.

5 Prototype masuk sebagai salah satu model baru yang ada dalam rencana strategi “Renaulution” yang baru. Setidaknya aka nada tujuh model kendaraan listrik baru yang Renault akan hadirkan lewat strategi ini, sampai tahun 2025.

Renault 5 Prototype

Sentuhan desain 5 yang klasik dipertahankan menjadi dasar dirancangnya versi prototype ini. Renault mengadopsi desain body dengan garis yang bersih dan permukaan yang rata alias sleek, dengan sentuhan elemen futuristik pada lampu dan fascia depan. Warna kuning terang khas Renault juga ditampilkan pada prototipe ini, yang menegaskan karakter sporty darinya.

Design Director di Renault, Gilles Vidal mengatakan bahwa elemen styling original dari sang ikon digunakan kembali untuk memenuhi kebutuhan pada EV modern. Sebut saja seperti intake bonnet offset yang dirancang sekaligus menyembunyikan charging port untuk baterai. Lalu lampu belakang dihiasi oleh flap aerodinamika, sementara lampu depan sudah disertai daytime running lights (DRL).

Logo Renault yang dibuat lebih modern desainnya dibuat bisa menyala, baik di fascia depan maupun belakang. Panel atap menggunakan material tekstil menciptakan nuansa two tone, sementara spion luar diberi striping bendera Perancis. Logo Renault 5 terapasang dengan posisi asimetris di pintu bagasi, yang sebagai lis merah yang terhubung dengan kedua lampu belakang.

Renault 5 Prototype

Untuk saat ini, Renault tidak mengumumkan soal spesifikasi teknis terkait motor listrik dan baterai pada sistem elektriknya. Begitu juga dengan foto tampilan interior dari 5 Prototype. Yang jelas, Renault 5 versi masa depan ini dikembangkan untuk menjadi mobil listrik sejak awal. Dengan begitu, maka bisa dibilang tidak akan ada varian 5 nantinya yang menggendong mesin pembakaran internal.

"Desain Renault 5 Prototype didasarkan pada R5, model kultus warisan kami. Prototipe ini hanya mewujudkan modernitas, kendaraan yang relevan dengan masanya: perkotaan, listrik, menarik," kata Gilles Vidal.

Dalam strategi Renaulution tadi, 5 akan mendapat peran besar dalam menentukan kesuksesan Renault di masa mendatang. Selain mobil ini, akan ada model retro lainnya yang juga dilahirkan dalam wujud elektrik, yaitu Renault 4. Setidaknya Renault menargetkan bisa mencapai 30 persen untuk penjualan mobil listrik dari keseluruhan penjualan mobilnya.

Hatchback listrik berdesain retro dan klasik seperti MINI Electric, Honda e, dan Fiat 500e akan kedatangan lawan bermain baru lewat Renault 5.

Renault 5 Prototype

Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda