10 Mobil Sport Yang Paling Ditunggu Di Masa Depan

JAKARTA, Carvaganza.com – Era mobil listrik perlahan mulai mencuri perhatian dunia. Banyak sekali mobil listrik canggih nan cantik yang dijual di dunia dan bahkan beberapa sudah sampai di Indonesia. Namun tak berarti pengembangan mobil saat ini ditujukan hanya untuk pengurangan konsumsi bahan bakar semata. Masih banyak penggemar mobil yang mengutamakan kesenangan mengemudi.

Beberapa produsen mobil masih menyiapkan sejumlah produk yang menawarkan kemurnian berkendara. Beberapa juga memadukan kemajuan teknologi penggerak listrik dengan kesenangan mengemudi. Berikut ini adalah deretan mobil sport yang paling ditunggu di masa depan.

10. Subaru WRX STI (2022)

Subaru WRX STI
Subaru WRX STI
Sejak debutnya di tahun 1990-an, Subaru WRX telah menjelma menjadi salah satu mobil sport asal Jepang yang paling popular di dunia. Apalagi di akhir tahun 1990-an brand yang gemar menggunakan mesin berkonfigurasi boxer ini memenangi kejuaraan FIA World Rally Championship. Harganya yang lebih murah ketimbang mobil sport Eropa da performa yang tak diragukan lagi jadi alasannya digemari fans berusia muda.

Subaru WRX STI generasi terbaru masih dalam pengembangan. Citra gambar mobil ini memiliki desain yang jauh lebih agresif. Kabarnya mesin turbocharged 2,4 liter 4-silinder segaris yang terbenam di balik kap mesinnya sanggup menghasilkan tenaga hingga 400 hp. Penasaran dengan mobil ini? Tunggu saja kehadirannya di 2022.

9. Tesla Roadster (2021)

Tesla Roadster
Tesla Roadster
Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) Tesla, menyiapkan mobil sport dua pintu. Awalnya Tesla Roadster ditargetkan meluncur di 2020 lalu, namun lantaran pandemi Covid-19, perkenalan mobil ini harus ditunda hingga tahun ini. Saat pengumuman mobil ini, Elon Musk, sang pendiri, mengatakan bahwa mobil ini adalah senjata yang ideal untuk menunjukkan kepada dunia mengapa mobil listrik adalah masa depan mobilitas global.

Musk menjanjikan Tesla Roadster sebagai mobil tercepat di dunia. Mobil ini diklaim sanggup melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 1,9 detik saja. Tak hanya itu, Tesla Roadster juga dijamin sanggup melaju sejauh 1.000 km tanpa perlu isi ulang energi listrik. Itulah sebabnya, Tesla Roadster digadang-gadang bakal menjadi mobil sport yang paling asik untuk dipakai turing jauh. Harganya diperkirakan bakal melebihi US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4,2 miliar.

8. BMW M3 (2021)

BMW M3
BMW M3
Sama seperti Tesla Roadster, BMW M3 dengan wajah kontroversialnya sebetulnya disiapkan untuk meluncur di 2020. Namun terpaksa ditunda hingga tahun ini. Mobil yang mengambil basis dari BMW Seri-3 kecuali grille barunya. Seperti BMW Seri-3, M3 memiliki 4-pintu namun dijejali performa luar biasa. Tenaga sebesar 510 hp dijamin akan memuaskan hasrat mengemudi para penggemar BMW di seluruh dunia.

7. Mazda RX-9 (2022)

Mazda RX-9
Mazda RX-9
Mazda RX-9 memang masih berupa rumor. Konon wujudnya bakal menyerupai mobil konsep Mazda RX Next Vision yang meluncur di Tokyo Motor Show 2015 lalu. Mobil sport 2-pintu itu ada yang menyebut akan mengggunakan mesin rotary. Ada juga yang menyebut ia akan dibekali mesin turbocharged V8 yang sangat bertenaga. Walaupun belum ada detail apapun terkait peluncuran mobil ini, namun Mazda benar-benar ingin mewujudkan mobil ini menjadi kenyataan. Semoga saja wujud asli mobil ini sudah bisa dilihat secara nyata pada 2022.

6. Ford Mustang (2023)

Ford Mustang
Ford Mustang
Penggemar muscle car pasti mengenal Ford Mustang. Mobil sport bermesin V8 yang bersuara khas. Nah generasi barunya konon akan tiba di 2023 berlabel S650 Mustang. Memiliki reputasi sebagai mobil dengan performa yang luar biasa ini kabarnya akan dikembangkan dari basis struktur rangka mobil berpenggerak belakang Lincoln Aviator dan Ford Explorer. Ford menargetkan generasi baru Ford Mustang ini akan terjual sebanyak 97 ribu Mustang dalam delapan tahun usia produksinya nanti.

5. Porsche 911 Hybrid (2022)

Porsche 911 Hybrid
Porsche 911 Hybrid
Sama seperti produsen mobil lainnya, Porsche akhirnya menyadari bahwa mobil listrik adalah masa depan industri otomotif. Memang banyak mobil Porshce bertenaga hybrid saat ini. Bahkan Porsche juga punya Taycan, mobil sport elektris pertama mereka. Namun bukan mobil sport andalannya, Porsche 911 hingga kini masih bertahan pada tradisi mesin pembakaran murni. Namun rencana mereka menghybridkan 911 pada 2022 akan menjadi tolak ukur baru bagi mobil sport sejenis. Karena Porsche 911 telah menjadi ikon mobil sport dengan mesin pembakaran internal sejak beberapa dekade lamanya

4. Nissan GT-R (2025)

Nissan GT-R
Nissan GT-R
Nissan GT-R adalah mobil paling popular Nissan saat ini. Mobil yang dikenal dengan sebutan Godzilla ini terakhir meluncur di 2007. Lebih dari satu dekade sudah tanpa pengembangan berarti, wajib hukumnya bagi Nissan untuk mengeluarkan generasi terbarunya. Kabar yang beredar, diam-diam Nissan sudah mulai melakukan pengembangan pada generasi terbarunya.

Kabarnya desain terbarunya nanti tak begitu jauh berbeda dari versi yang beredar saat ini. Hanya saja Nissan GT-R generasi terbaru nanti akan mendapat pengembangan performa dari mesin twin-turbocharged V6. Nissan juga menyebut kalau GT-R nanti akan menjadi supercar terkencang saat peluncurannya mendatang.

3. Volkswagen Golf R (2021)

Volkswagen Golf R
Volkswagen Golf R
Gara-gara pandemi Covid-19, peluncuran Volkswagen Golf R yang sedianya di 2020 lalu terpaksa tertunda. Beberapa kali mobil ini tertangkap kamera sedang diuji jalan di Nurburgring tahun lalu. Tak hanya melakukan sejumlah revisi desain, VW Golf R jug mendapat banyak penempurnaan performa. Selain mesin 2,0 liter milik Golf GTI ditingkatkan performanya, Golf R juga kabarnya akan tersedia dalam versi all-wheel drive.

2. Chevrolet Corvette C8 Z06 (2022)

Chevrolet Corvette C8 Z06
Chevrolet Corvette C8 Z06
Sepanjang sejarah 50 tahun usianya, Chevrolet Corvette dikenal sebagai mobil sport 2-pintu dengan mesin yang diletakkan di bagian depan kendaraannya. Performa mobil sport asal Amerika Serikat itu memasukkan dirinya ke dalam jajaran supercar. Namun belum lama ini Corvette terlahir dalam wujud mid-engine pada C8 Corvette. Tak lama lagi, hadir versi yang lebih buas dari Corvette bermesin tengah itu, yakni Chevrolet Corvette C8 Z06. Jantung mekanis yang digunakan adalam mesin 5,5 liter V8 dengan buncahan tenaga puncakk 600 hp. Tak dinyanya, inilah Chevrolet Corvetter terkencang yang pernah tercipta.

1. Toyota 86 (2022)

Toyota 86
Toyota 86
Tak ada mobil sport terjangkau yang bisa mengalahkan popularitas Toyota 86. Sports coupe ini perpaduan kesempurnaan performa, kesenangan mengemudi dan affodability. Belum lama ini, Toyota mengumumkan tengah menjalin kerjasama kembali dengan Subaru untuk pengembangan generasi kedua Toyota 86.

Menurut Chief Engineer Toyota, Tetsuya Taday, generasi kedua 86 akan tiba di 2022 dan akan jauh lebih menyenangkan untuk dikemudikan mobil sport Toyota lainnya, Supra. Konon kabarnya mesin 2,4 liter 4-silinder segaris hasil pengembangan dengan BMW yang digunakan pada Supra akan menggantikan mesin 2,0 liter boxer Toyota 86 lama. Tenaganya akan meningkat menjadi 260 hp.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda