10 Mobil Bermesin Naturally Aspirated Paling Bertenaga di Dunia Saat Ini

Ferrari 812 Superfast

JAKARTA, Carvaganza – Saat ini hampir setiap mobil berperforma tinggi pasti mengandalkan bantuan induksi turbo ataupun sistem elektris hybrid. Tak bisa dipungkiri, turbocharger dan supercharger memang sukses meningkatkan performa mesin sembari tetap sanggup memenuhi standar emisi yang rendah. Meski begitu tak bisa dipungkiri juga, masih banyak penggemar mobil yang lebih suka penyaluran tenaga dan suara alami mesin pembakaran konvensional tanpa bantuan induksi turbo.

Ditengah dominasi supercar dengan bermesin turbo, supercharger, ataupun hybrid, sungguh perlu diapresiasi beberapa produsen mobil berikut ini yang tak enggan mengembangkan dan memproduksi mobil berperforma tinggi bermesin pembakaran murni. Berikut ini kami pilihkan 10 mobil bermesin naturally aspirated yang paling bertenaga.

10. Maserati MC12 (621 hp)

Maserati MC12

Diperkenalkan pada 2004, Maserati MC12, sports car yang diproduksi dan dijual terbatas hanya demi memenuhi regulasi homologasi FIA GT Championship. Bukan hanya performa dan wujud cantiknya yang membuat mobil ini begitu penting bagi Maserati, tetapi mobil ini juga sekaligus menandakan kembalinya brand ini setelah lebih dari 37 tahun lamanya vakum.

Maserati MC12

Beruntung Maserati masih sedarah dengan Ferrari. Jadi sebetulnya mobil ini bukanlah hasil racikan Maserati sendiri. MC12 berdiri di atas platform yang sama dengan yang dipakai oleh Ferrari Enzo. Hanya saja bodinya dibuat lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi dari saudaranya itu. Rancangan aerodinamika baru karya para desainer Maserati bahkan sukses menghasilkan nilai coefficent drag yang lebih rendah dari Ferrari Enzo. Tetapi mesin Ferrari Enzo, 6,0 liter V12 yang juga dipasang di mobil ini dikurangi tenaganya hanya menjadi 621 hp dengan torsi puncak 652 Nm

9. Dodge Viper ACR (645 hp)

Dodge Viper ACR

Boleh saja Chevrolet Corvette menjadi ikon mobil sports milik Paman Sam hingga kini. Namun kebanyakan gearheads sejati di sana pasti lebih rela menyebut Dodge Viper sebagai sang raja. Contohnya, Dodge Viper ACR buatan tahun 2015 ini.

Dodge Viper ACR

Dibekali mesin 8,4 liter V10, si ular berbisa ini sukses menggelontorkan tenaga sebesar 645 hp dengan torsi puncak 813 Nm. Performanya ini disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-speed yang menjanjikan kesenangan mengemudi tiada tara. Tak salah kalau muscle car satu ini menjadi satu-satunya mobil sport asal Amerika Serikat yang masuk dalam daftar ini.

8. Ferrari Enzo (651 hp)

Ferrari Enzo

Ketika suatu mobil diberi nama sesuai dengan nama perndirinya, sudah pasti hasilnya tidak main-main. Inilah Ferrari Enzo. Diperkenalkan pada awal tahun 2000-an, Enzo menjelma sebagai hypercar yang sukses menunjukkan kepada dunia seberapa jauh Ferrari bisa mendemonstrasikan performa mobil sport.

Ferrari Enzo

Enzo diciptakan untuk merayakan kesuksesan Ferrari di ajang balap jet darat Formula 1 ketika itu. Tak ayal Enzo pun dikembangkan atas dasar hasil penelitian dan pengembangan teknologi yang didapat dari pengalaman mereka turun di Formula 1. Tak salah kalau mesin 6,0 liter V12 miliknya bisa menciptakan tenaga sebesar 651 hp. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai, 350 km/jam, menjadikan Enzo sebagai salah satu mobil terkencang di era tahun 2000-an.

7. Lamborghini Murcielago SV (661 hp)

Lamborghini Murcielago SV

Pertama kali diperkenalkan pada 2001, Murcielago langsung sukses. Pasalnya, inilah mobil Lamborghini pertama setelah lebih dari satu dekade lamanya menciptakan mobil yang desainnya begitu-begitu saja. Tampilan agresif dengan dinamika berkendara yang lebih fenomenal, menjadikan mobil ini pantas untuk menggantikan takhta Lamborghini Diablo.

Lamborghini Murcielago SV

Mobil spesial ini bertambah spesial lagi ketika pada 2009 produsen mobil sport asal Italia ini menghadirkan varian SV. Bertenaga 661 hp, Lamborghini Murcielago SV bermesin 6,5 liter V12 ini juga berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 90 kg berkat penggunaan material serat karbon yag ekstensif di sekujur bodinya.

6. Ferrari 599 GTO (661 hp)

Ferrari 599 GTO

Kalau Ferrari sudah memberi predikat GTO pada salah satu mobilnya, sudah pasti performa yang ditawarkannnya tidak lah main-main. Contohnya, Ferrari 288 GTO ataupun si klasik 250 GTO yang anggun nan menawan. Jadi waktu Ferrari meluncurkan 599 GTO pada 2010, tentu saja setiap maniak otomotif pasti terkejut dan penasaran.

Ferrari 599 GTO

Seperti yang diprediksi, mobil ini sukses mematahkan rekor kecepatan satu putaran di Sirkuit Fiorano, lapangan bermain dan track uji coba milik Ferrari. Catatan waktunya bahkan satu detik lebih cepat dari Ferrari Enzo. Performanya itu dihasilkan oleh mesin 6,0 liter V12 yang menghasilkan tenaga 661 hp. Mobil ini dapat melesat dari posisi diam hingga menyentuh 100 km/jam dalam waktu 3,3 detik dan terus dapat melaju sampai kecepatan maksimal 334 km/jam.

5. McLaren F1 LM (671 hp)

McLaren F1 LM

Mobil-mobil McLaren saat ini mengandalkan mesin twin-turbocharged dengan sistem hybrid yang rumit. Padahal mobil jalan raya pertama yang mereka ciptakan pakai mesin yang sangat sederhana. Meski mobil ini mengemban predikat F1 di namanya, tetapi ia memanfaatkan mesin BMW 6,1 liter V12 yang bertenaga 627 hp dengan kecepatan maksimal 387,8 km/jam. Catatan ini memecahkan rekor kecepatan dunia ketika itu.

McLaren F1 LM

Paska memenangi balap ketahanan Le Mans pada 1995, McLaren bikin versi yang lebih brutal dari F1 untuk merayakan kemenangannya itu. Mesin McLaren F1 LM bisa menggenerasikan 671 hp tenaga dengan torsi puncak 705 Nm. Mobil spesial ini hanya dibuat sebanyak 5 unit saja.

4. Aston Martin One-77 (750 hp)

Aston Martin One-77

Inilah salah satu Aston Martin paling cantik yang pernah dibuat. Pertama kali dibuka selubungnya pada Geneva Motor Show 2009, Aston Martin One-77 ditujukan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa produsen mobil sport asal Inggris Raya ini bisa menciptakan supercar cantik.

Aston Martin One-77

Tak hanya sekedar desain yang menawan, performa yang ditawarkannya pun tiada banding. Mesin Cosworth berkapasitas 7,3 liter yang terbenam di balik kap mesin sanggup memberikan tenaga sebesar 750 hp. Benar-benar mahakarya asal Inggris yang langka.

3. Lamborghini Aventador SVJ (759 hp)

Lamborghini Aventador SVJ

Belum lama ini, Lamborghini umumkan akan meluncurkan Aventador paling bertenaga dalam waktu dekat ini. Namun sebelum Aventador Ultimae terlahir, saat ini Aventador SVJ lah yang ada. Mobil ini merupakan versi track-focused dari Lamborghini Aventador S.

Lamborghini Aventador SVJ

Lamborghini Aventador SVJ ditenaga mesin V12 6,5 liter yang menghasilkan 759 hp dengan torsi puncak 720 Nm. Depot mekanisnya ini memungkinkan Aventador SVJ melesat 0-100 km/jam dalam 2,8 detik saja. Tanpa bantuan induksi turbo atau apapun, Aventador SVJ berhasil memecahkan rekor satu putaran sikruit Nurburgring pada 2018 mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Porsche 911 GT2 RS.

2. Ferrari 812 Superfast (789 hp)

Ferrari 812 Superfast

Diperkenalkan pada 2017 grand tourer berkonfigurasi mid-engine ini diciptakan Ferrari untuk menggantikan F12 Berlinetta. Dikembangan dari basis F2 Berlinetta, mobil ini memiliki sejumlah fitur desain baru Ferrari, seperti lubang udara di kap mesin, lampu full LED, diffuser belakang sewarna bodi hingga empat lingkaran sebagai lampu belakangnya.

Ferrari 812 Superfast

Mesin F12 Berlinetta sebelumnya diperbesar kapasitasnya menjadi 6,3 liter. Mesin V12 ini sukses menghasilkan tenaga 789 hp dengan torsi puncak 718 Nm. Spesifikasi ini menasbihkan dirinya sebagai mobil bermesin naturally aspirated paling bertenaga di dunia saat ini.

1. Pagani Zonda HP Barchetta (789 hp)

Pagani Zonda HP Barchetta

Pagani Zonda HP Barchetta berbagi podium pertama sebagai mobil bermesin naturally aspirated paling bertenaga di dunia saat ini bersama Ferrari 812 Superfast. Sama seperti Ferrari 812 Superfast, diperkenalkan pertama kali pada 2017, Pagani Zonda HP Barchetta memiliki tenaga 789 hp. Bedanya, mesin 7,3 liter V12 buatan Mercedes-Benz menghasilkan lebih besar torsi, yakni 850 Nm.

Pagani Zonda HP Barchetta

Mobil ini bukan produk asal bagi Pagani. Dipersembahkan untuk merayakan hari ulang tahun sang pendiri, Horacio Pagani, yang ke-60 sekaligus selebrasi hari jadi Pagani Zonda yang ke-18. Tak berhenti sampai di situ, mobil dengan desain Barchetta (atap terbuka dengan kaca depan pendek) dan memakai penutup roda belakang ini sekaligus diciptakan untuk menandakan akhir dari usia produksi Zonda. Inilah Pagani Zonda terakhir yang pernah diproduksi.
RIZKI SATRIA

Baca juga: 10 SUV Dengan Top Speed Terkencang Di Dunia Saat Ini

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya