Beranda Updates VW Tidak Akan Stop Produksi Mobil Bertransmisi Manual

VW Tidak Akan Stop Produksi Mobil Bertransmisi Manual

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Para car enthusiast ‘murni’ dianggap masih menjadi segmen konsumen penting bagi Volkswagen (VW) untuk beberapa waktu ke depan. Karena itu, VW berkomitmen untuk terus memproduksi mobil dengan pilihan transmisi manual.

Pabrikan asal Jerman ini berjanji akan terus menyediakan transmisi manual, selama minat dan permintaan dari pasar tetap ada. Memang tidak akan banyak peminat manual di era modern saat ini, melihat dari tren penjualan di dunia beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Head of Technical Development Operations VW Passenger Cars, Matthias Rabe saat diwawancara Autocar. Dirinya ingin terus produksi transmisi dengan tiga pedal tersebut selama mungkin permintaan pasar ada.

Dianggapnya, masih ada orang yang ingin kembali mengemudi secara tradisional, dengan memindah gigi secara manual. Jika sudah tidak ada sama sekali permintaan pasar terhadap transmisi manual, barulah VW akan stop produksinya.

Opsi Manual

Pada line up produknya terkini, VW masih punya opsi transmisi manual pada model hatchback sporty Golf GTI sebagai standarnya. Untuk varian Golf lainnya, yaitu GTD dan GTE, ditawarkan hanya dengan transmisi otomatis DSG, baik 6 maupun 7 percepatan. Akan menarik juga kalau nantinya VW memberikan transmisi manual pada varian Golf R yang lebih kencang.

Selain Golf, opsi manual juga masih tersedia untuk mobil mungil up! GTI dan Polo GTI yang beredar di pasar Eropa. Bahkan up! GTI hanya punya pilihan transmisi manual.

Jika melihat model-model di atas, transmisi manual tersedia pada varian sporty dari VW saat ini. Namun Rabe menegaskan transmisi manual akan juga tersedia selain pada varian GTI dan R, alias lebih luas secara menyeluruh. Dengan transmisi manual, artinya pengemudi bisa merasakan setiap jengkal performa mesin secara maksimal dan menentukan sendiri kapan waktu tepat untuk berpindah gigi.

Bukan Hanya VW

Ternyata tidak hanya VW yang berkomitmen untuk terus menawarkan produk mobil bertransmisi manual. Sesama dari Jerman, Porsche dan BMW juga masih tetap menawarkan transmisi manual pada sejumlah model.

Seperti Porsche, belakangan meluncurkan model bertransmisi manual melalui Cayman GT4, Cayman GTS 4.0, Boxster Speedster dan Boxster GTS. Beberapa varian 911 terbaru juga masih tersedia dalam opsi tersebut.

Sementara BMW, menjanjikan generasi mendatang dari M3 dan M4 tetap punya transmisi manual. BMW akan menawarkan transmisi tersebut pada M3 dan M4 versi penggerak roda belakang, dan tidak tersedia pada varain xDrive.

Melalui penyataan ini, artinya pabrikan belum akan meninggalkan mesin pembakaran internal dalam waktu dekat, mengingat masifnya perkembangan mobil listrik. Karena mobil listrik bisa dibilang tidak memiliki gearbox atau transmisi dalam operasinya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto