Beranda New Cars Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

MUNICH, Carvaganza.com – BMW memberikan kejutan pekan ini, dengan tanpa aba-aba merilis teaser untuk varian ekstra calon M3 terbaru. Melalui satu buah unggahan, M3 Touring atau versi estate/wagon akan dihadirkan. Ini akan menjadi pertama kalinya BMW membuat veri Touring dari model M3 yang ikonik dan legendaris.

Dengan hadirnya M3 Touring, maka BMW akan memiliki rival langsung untuk Audi RS4 Avant yang selama ini bisa dibilang bermain sendiri. Selain RS43 Avant, sebenarnya ada juga Mercedes-AMG C63 Estate yang tidak popular sebagai Medical Car di Formula 1. Namun sepertinya kehadiran M3 Touring akan tidak berbarengan dengan M3 generasi terbaru.

Lewat unggahan pada akun media sosial, BMW M ‘menggoda’ para audiens dengan menunjukkan satu foto dari sisi belakang. Siluet tersebut Sebagian besar tertutup bayangan hitam, namun cukup jelas untuk memperlihatkan bentuk bodinya. BMW menyebutnya sebagai sebuah “mimpi jadi kenyataan” yang akan semakin lebarkan range model Seri M.

View this post on Instagram

Mic Drop. #TheM3 #BMW #M3 #TOURING #BMWM

A post shared by BMW M GmbH (@bmwm) on

Sebelumnya telah diungkap bahwa generasi baru M3 akan meluncur pada bulan September mendatang, bersamaan dengan M4 Coupe terbaru. M3 Touring di sisi lain tengah dalam masa pengembangan, yang dijalankan selama dua tahun. Artinya, kemungkinan besar mobil ini baru akan diluncurkan pada tahun 2022.

BMW akan menerapkan metode pengembangan yang sama seperti M3 reguler, lewat pengujian intensif di Nurburgring Nordschleife, Jerman. Yang pasti, M3 Touring akan menawarkan paket yang lebih lega untuk sisi kabin, dengan performa khas yang sama kencangnya.

Pabrikan Jerman ini menyatakan bahwa M3 Touring akan memenuhi harapan semua roang yang ingin membawa interaksi spesifik M dari performa berorientasi balap dan kesesuaian pemakaian sehari-hari sampai titik ekstrem.

Urusan desain, tentunya hampir bisa dipastikan BMW akan mengadopsi gaya yang sama seperti M3 dan M4 terbaru nanti. Grille yang sangat besar akan menjadi bagian dari desain baru, yang dipionirkan oleh Seri 4 Coupe. Meski lebih berorientasi pada kepraktisan dan keluarga, M3 Touring tidak akan menggunakan desain grille biasa seperti Seri 3.

Begitu juga soal urusan teknis, mesin enam silinder 3,0 liter twin-turbo berkode S58 akan menjadi jantung pacu. Begitu juga dengan transmisi otomatis 8-speed sebagai opsi standarnya. Belum diketahui apakah akan tersedia juga opsi transmisi manual seperti dijanjikan untuk M3 sedan, begitu pun sistem penggerak M xDrive.

Sebenarnya, pada generasi E46 lalu pada tahun 2000, BMW sempat membuat prototipe M3 Touring saat itu. Dibuat untuk kebutuhan studi, pada akhirnya mobil tersebut tidak kunjung tiba di lini produksi. Maka kini resmi BMW akhirnya memiliki M3 versi Touring, berbasis Seri 3 Touring berkode G21. Seri M versi Touring sendiri pernah juga hadir pada M5, tepatnya pada generasi kedua (E34) dan keempat (E61).

Sumber: Autocar UK

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates,...

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...