Beranda Features Tips Cara Memeriksa Ketinggian Telapak Ban Mobil

Tips Cara Memeriksa Ketinggian Telapak Ban Mobil

JAKARTA, 6 Februari 2019 – Musim penghujan sudah mulai tiba. Kondisi ban menjadi salah satu hal penting yang harus mendapat perhatian Anda. Ban yang sudah aus atau botak akan membuat mobil gampang slip. Bagaimana cara mudah untuk mengetahui kondisi telapak ban mobil Anda?

Ada beberapa metode yang bisa membantu Anda mengetahui apakah sudah saatnya mengganti ban. Tapak yang sangat tebal akan mencegah ban tampil seperti yang dirancang dan dapat menyebabkan kondisi mengemudi yang tidak aman.

Salah satu cara paling sederhana dan paling umum untuk memeriksa kedalaman tapak membutuhkan tidak lebih dari koin. Berikut tipsnya seperti dilansir laman Bridgestone Indonesia:

KEDALAMAN TELAPAK BAN

Di Indonesia, kedalaman tapak ban diukur dalam milimeter (mm). Ban baru biasanya dilengkapi dengan kedalaman tapak 7mm – 9mm. Beberapa ban truk dan SUV mungkin memiliki kedalaman tapak yang lebih dalam daripada model lainnya.

Otoritas Transportasi Darat (LTA) secara hukum mengharuskan ban diganti saat mencapai 1.6mm. Karena itu, penting untuk menjaga kedalaman tapak minimal 1.6mm untuk ban Anda.

Keausan secara konsisten di sekitar keseluruhan ban adalah normal, namun pakaian tapak yang tidak rata bisa menjadi tanda inflasi yang tidak tepat, misalignment roda, atau masalah lainnya. Jika Anda melihat keausan tapak yang tidak rata, Anda harus memiliki teknisi yang memenuhi syarat untuk memeriksa kendaraan Anda.

CARA LAIN UNTUK MEMERIKSA TAPAK BAN

Cara mudah untuk memeriksa kedalaman tapak ban adalah dengan menggunakan alat pengukur kedalaman tapak. Anda dapat menemukan pengukur kedalaman tapak ban di bengkel atau toko aksesoris setempat. Ada banyak model yang tersedia, namun alat pengukur ujian sederhana sederhana yang murah akan bekerja dengan baik. Yang harus Anda lakukan adalah menempelkan probe ke dalam alur di tapak dan tekan bahu probe rata ke tapak blok dan baca hasilnya. Semua alat pengukur harus diukur dalam milimeter.

INDIKATOR TREAD WEAR TREAD

Indikator lain dari tapak yang sudah usang sudah ada di ban Anda sendiri. Setiap kinerja, truk ringan, atau ban komersial menengah dilengkapi dengan indikator batang (atau bilah pakai) yang disematkan di antara tapak tusuk di 1.6mm. Periksa apakah tapaknya memerah dengan indikator bar. Jika sudah, saatnya mengganti ban.

JANGAN TUNGGU SAMPAI TERLAMBAT

Performa ban bisa berkurang secara signifikan sebelum tapak Anda menyentuh 1.6mm. Meskipun hukum dianggap layak untuk mengemudi dengan aman mungkin tidak menghalangi Anda melakukan hydroplaning atau kehilangan kontrol dalam kondisi hujan dan lembab. Nah, ketahuilah kondisi ban Anda, dan segera ganti dengan yang baru jika memang diharuskan.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

IIMS 2019: Mitsubishi Pamer Konsep Xpander untuk Ikut Reli

JAKARTA, 25 April 2019 - Bersamaan dengan peluncuran Mitsubishi Xpander Limited di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, PT Mitsubishi...

IIMS 2019: Wuling Resmi Luncurkan Confero S ACT dan Cortez CVT

JAKARTA, 25 April 2019 – Pabrikan Wuling Motors Indonesia pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 hari ini Kamis (25/4)...

IIMS 2019: MINI Ice Blue Edition Tampil Centil

JAKARTA, 25 April 2019 -- Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 dipergunakan MINI Indonesia untuk menghadirkan produk barunya. Berada...

IIMS 2019: Suzuki New Carry Pick Up Lakukan World Premiere

JAKARTA, 25 April 2019 – Jika pabrikan lain memperkenalkan passenger car atau mobil penumpang di Telkomsel IIMS 2019, lain halnya...

IIMS 2019: Mitsubishi Xpander Limited Meluncur dengan Tampang Lebih Sporty

JAKARTA, 25 April 2019 - Menyusul kesuksesan Mitsubishi Xpander di Indonesia selama hampir dua tahun terakhir, PT Mitsubishi Motors Krama...