Beranda Updates Tetap Prima Saat WFH, Ini Tips Merawat Mobil a la Daihatsu

Tetap Prima Saat WFH, Ini Tips Merawat Mobil a la Daihatsu

JAKARTA, Carvaganza.com – Selama pelaksanaan social distancing dan juga peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak kegiatan yang terbatasi. Anda yang bekerja diminta melakukan pekerjaan dari rumah alias work from home. Alhasil rutinitas kegiatan juga berubah. Berhentinya rutinitas harian ini membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa kita gunakan sehari-hari lebih banyak terpakir di garasi rumah.

Meski demikian, mobil tetap membutuhkan perawatan karena ditakutkan tidak dalam kondisi optimal jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Sementara kita mengetahui, bahwa mobil pribadi jadi kendaraan andalan untuk bepergian dengan aman khususnya di kala darurat, seperti membeli kebutuhan pokok dan medis.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan Daihatsu ajan membagikan tips agar mobil Sahabat tetap dalam kondisi baik selama tidak digunakan. Hal ini diperlukan agar mobil tetap prima dan siap digunakan kapan saja.

“Lewat sharing tips ini, Anda dapat menjaga dan merawat mobil Daihatsu kesayangannya di rumah selama tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk bisa menerapkan tips ini agar mobil tetap dalam kondisi yang baik dan optimal ketika akan digunakan kembali”, ujar Bambang Supriyadi.

Berikut tipsnya:

1. Rawat Aki

Panaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari. Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

2. Perhatikan Wiper

Wiper dapat diangkat apabila mobil diparkir di area parkir terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil. Namun Sahabat tidak perlu mengangkat wiper apabila mobil diparkir di garasi rumah yang teduh.

3. Perhatikan Area Parkir

Memarkirkan kendaraan di garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi Sahabat yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari dan dijemur langsung, karena dapat membuat cat mobil menjadi pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

4. Periksa Tekanan Angin Ban

Tekanan angin pada ban dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu lama terlebih di garasi berlantai keramik. Sahabat dapat menambahkan tekanan angin paling tidak ditambah sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Sahabat juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju – mundur sedikit paling tidak seminggu sekali agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

5. Cek Transmisi dan Rem Tangan

Transmisi dan rem tangan juga tidak luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

6 Jaga Kebersihan mobil

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci sisi eskterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Pastikan setiap sudutnya dicuci bersih agar terbebas dari kotoran, terlebih ada virus atau bakteri yang menempel.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Road Test Review Lengkap Suzuki XL7

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 menjadi momen bagi Suzuki melebarkan sayapnya ke segmen SUV, lewat Suzuki XL7. Berbasis All-New Ertiga terbaru, XL7 melahirkan kembali...

Toyota Corolla Cross Mengaspal Besok, Harga di Bawah Rp 500 Juta?

JAKARTA, Carvaganza – Toyota dipastikan meluncurkan secara resmi Toyota Corolla Cross, Kamis (6/8/2020) besok. Jelang kemunculannya ramalan banderol banyak bermunculan. Terutama di jejaring sosial,...

Mau Jalanan Bebas Macet, Hilangkan Kebiasaan Tailgating!

MASSACHUSSETTS, Carvaganza.com - Perilaku menguntit mobil di depan dengan jarak dekat acap kali ditemui di lalu lintas Indonesia. Isitilahnya tailgating, kebiasaan buruk yang tanpa...

Di Imola, F1 akan Gelar Grand Prix Format Lebih Singkat

IMOLA, Carvaganza.com – Tahun ini, sudah dipastikan Sirkuit Imola akan menggelar lagi balapan Formula 1, setelah absen lama sejak 2006. Pada balapan ini, F1...

Diluncurkan Besok, 5 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Toyota Corolla Cross

JAKARTA, Carvaganza.com – Besok pada hari Kamis, 6 Agustus, Toyota Corolla Cross bakal diluncurkan secara resmi ke pasar nasional, setelah sekitar sebulan lalu dirilis...