Beranda New Cars Tampil Lebih Seksi, Teknologi Toyota Mirai Semakin Ramah Lingkungan

Tampil Lebih Seksi, Teknologi Toyota Mirai Semakin Ramah Lingkungan

TOKYO, 22 Oktober 2019 – Toyota Motor Corporation meramaikan Tokyo Motor Show 2019 kali ini untuk memperkenalkan pengembangan terbarunya di teknologi mobilitas masa depan serta powertrain ramah lingkungan. Salah satu yang menjadi bintangnya adalah Toyota Mirai Concept.

Mobil ini sudah mencapai tahap akhir pengembangan dan akan menjadi calon generasi penerus Mirai, yang sudah beredar sejak tahun 2014. Mobil ini menunjukkan keunggulan Toyota dalam memadukan hidrogen dan fuel cell sebagai sistem penggerak dalam sebuah mobil.

Hal tersebut disampaikan oleh Yoshikazu Tanaka, Chief Engineer MS Product Planning dari Toyota, dalam presentasinya di Odaiba, Tokyo, Jepang, hari Selasa (22/10/2019), yang Carvaganza hadiri dalam rangka Tokyo Motor Show 2019.

Masuk dalam kategori fuel cell electric vehicle (FCEV), Mirai menjadi mobil yang sama sekali tidak menghasilkan emisi CO2 selama dioperasikan. Hidrogen (H2) yang pada dasarnya adalah air, menjadi solusi energi yang paling mudah didapat dan paling efektif di masa depan.

Melalui Mirai, Toyota menjadikannya sebagai langkah awal ekspansi pasar dan teknologi FCEV untuk ke segmen lebih luas. Tidak hanya untuk kendaraan penumpang atau individu, FCEV akan dikembangkan Toyota hingga ke segmen kendaraan komersial agar bisa juga menggunakan sumber tenaga hidrogen.

Untuk generasi kedua ini, Toyota tertantang untuk menjadikan Mirai memiliki nilai emosional lebih tinggi, penampilan lebih menarik, serta performa lebih tinggi. Maka dari itu, Mirai Concept dikembangkan dengan desain menawan dan pengalaman bekendara yang sensasional.

Desain menawan Mirai bisa dilihat dari transformasi proporsi eksterior yang sebelumnya berwujud sedan kompak, sekarang menjadi sedan lebih proper dengan karakter lebih premium. Wheelbase lebih panjang, 140 mm, diikuti dimensi lebih panjang 85 mm, sementara tingginya lebih rendah 65 mm, janjikan pengendalian lebih dinamis dan sporty.

Platform TNGA (Toyota New Global Architecture) menjadi dasar dari dibangunnya Mirai Concept, disertai unit fuel cell yang sepenuhnya baru. Dengan kapasitas 5 orang penumpang, Mirai generasi baru menjanjikan peningkatan jarak mengemudi, yaitu 30% lebih jauh.

Kapan Mirai Concept akan lahir dalam wujud produksi dan dipasarkan? Sejauh ini Toyota hanya mengungkap peluncuran perdana Mirai pada tahun 2020, diawali untuk pasar Jepang.

MUNAWAR CHALIL (TOKYO)

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perjalanan Honda Accord, Dari Hatchback Sampai Mesin V6 (Bagian 1)

JAKARTA, carvaganza.com – Pada 12 Oktober kemarin, pabrikan Honda telah meluncurkan Accord terbaru model tahun 2021. Ragam penyempurnaan dan perubahan dilakukan pabrikan sebagai langkah...

9 Keuntungan Membeli MG ZS Selama Oktober 2020

JAKARTA, Carvaganza -- MG ZS, crossover compact buatan brand yang berkantor pusat di London, Inggris, ini memang punya harga yang relatif lebih murah dibanding...

Status di F1 Belum Jelas, Grosjean Lirik Proyek Peugeot di Le Mans

PARIS, Carvaganza.com – Sebagai seorang pembalap kelas dunia, berlaga membela tim atau pabrikan dari negara sendiri tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Hal tersebut baru-baru ini...

Edisi Khusus BMW M3 E30 dan M4, Kolaborasi Otomotif dan Fashion Premium

MUNICH, Carvaganza.com – Menyambut lahirnya sport coupe terbaru generasi kedua BMW M4, BMW merilis model eksklusif yang disandingkan dengan satu model ikoniknya. Dengan pendekatan...

Mitsubishi Indonesia Perkenalkan Kamera Dashboard, Harga Rp 3,97 Juta

JAKARTA, Carvaganza -- Dashboard camera (dashcam) menjadi perangkat yang mulai banyak digunakan para pemilik mobil. Untuk merekam kondisi perjalanan dan juga mendukung keamanan. Sejumlah...