Tahun Depan, Honda Rilis Dan Produksi 2 Model Hybrid Di Indonesia

Honda CR-V HEV

TANGERANG, Carvaganza - Momentum GIIAS 2022 dimanfaatkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk memamerkan dua model elektrifikasinya. Honda Accord e;HEV dan CR-V e;HEV menjadi bintang di panggung utama booth Honda di GIIAS selaras dengan tema "Reignite Passion and Energy".  Penampilan Accord dan CR-V ini menjadi awal kembalinya Honda ke pasar kendaraan elektrifikasi.

Honda menampilkan dua model e:HEV terpopuler mereka dalam model CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid. Kedua model ini telah dipasarkan dan sukses diterima oleh konsumen di berbagai negara. Model yang dibawa pameran ini didatangkan langsung dari Jepang dan Thailand.

Kotaro Shimizu, Presiden Direktur PT HPM mengungkapkan perkenalan teknologi ini menjadi cara untuk mendukung terwujudnya visi elektrifikasi Honda di Indonesia. 

Honda Accord HEV Honda Accord HEV

“Kami menampilkan berbagai model hybrid yang akan menjadi teknologi yang kami fokuskan saat ini sebagai transisi menuju era elektrifikasi,” ucap Shimizu dalam sambutannya.

Alasan ini juga yang menjadi latar belakang kedatangan CR-V dan Accord Hybrid tersebut. Honda sudah mengumumkan akan memperkenalkan dua model hybrid terbaru di Indonesia pada 2023 mendatang. Kedua model ini mengusung teknologi e:HEV, sistem hybrid terdepan dari Honda yang memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik, emisi lebih bersih namun tidak kehilangan performa sporty sebagai ciri khas.

Baca Juga: GIIAS 2022: Pertama Di Asia, Lexus Perkenalkan All New RX

Nantinya, setelah memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia, secara beruntun akan ada produk elektrifikasi lainnya termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia. Rencana ini merupakan bagian dari visi elektrifikasi Honda yang menargetkan untuk mencapai elektrifikasi 100 persen seluruh produknya secara global di 2040.

Yusak Billy, Business Innovation, Sales and Marketing Director PT HPM mengungkapkan kedua model yakni CR-V dan Accord Hybrid di lantai pameran tidak bisa dipesan alias murni hanya sebagai pajangan pameran. Tapi Billy berjanji tahun depan pasti akan hadir dua model hybrid dari Honda. Apa model atau bentuknya, tunggu tanggal mainnya.

Honda CR-V HEV

“Hybrid ini teknologi sebagai jembatan menuju kendaraan listrik berbasis baterai. Nantinya dua produk elektrifikasi akan kita produksi di dalam negeri, setelah dua model hybrid tahun depan. Sekarang paling penting teknologinya kita perkenalkan dulu. Teknologi yang bikin happy, tidak buat deg-degan di jalan,” ucap Billy.

Dari spesifikasi model di Thailand, model Accord e:HEV menggunakan mesin DOHC 4 silinder 16 katup 1.993 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 145 ps / 142 hp pada putaran 6.200 rpm dan torsi 175 Nm pada putaran 3.500 rpm. Transmisinya menggunakan E-CVT untuk menggerakkan motor listriknya.

Baca Juga: GIIAS 2022: Nissan Indonesia Rilis Tiga Model Penyegaran

Sistem hybridnya hadir dengan penggunaan motor listrik sebagai penggerak dengan tenaga maksimum 184 ps / 180 hp dan torsi 315 Nm. Baterainya menggunakan lithium-ion berkapasitas 1,3 kWh. Gabungan mesin konvensional dan motor listriknya menghasilkan tenaga 212 hp.

Accord Hybrid menawarkan dimensi panjang 4.894 mm, lebar 1.863 mm, tinggi 1.450 mm dengan jarak sumbu roda 2.830 mm. 

Model CR-V e:HEV yang hadir masih menggunakan desain generasi kelima alias CR-V yang saat ini dipasarkan. Model yang didatangkan dari Jepang ini menggunakan mesin konvensional i-VTEC 1.993 cc yang menghasilkan tenaga 143 hp pada 6.200 rpm dan torsi 175 Nm pada 4.000 rpm. Motor listriknya menghasilkan tenaga 181 hp dan torsi di angka 315 Nm. Ini membuat CR-V hybrid terasa superior dalam sisi tenaga.

Honda Civic Hybrid

Soal dimensi, CR-V e:HEV menawarkan panjang 4.600 mm, lebar 2.117 mm, tinggi 2.663 mm dengan ground clearence 190 mm. Velgnya menggunakan ukuran 18 inci yang menegaskan desain SUV gagahnya.

Kedua model ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Honda Sensing yang canggih. Fitur ini terdiri dari beberapa kegunaan sepert collision mitigation braking system, forward collision warning, lane departure warning, road departure mitigation, lane keeping assist system, adaptive cruise control, traffic sign recognition, intelligent speed limiter, dan intelligent adaptive cruise control.Masih ada fitur blind spot information, cross traffic monitor, kamera dengan berbagai sudut pandang serta vehicle stability assist sebagai standar.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: GIIAS 2022: Mazda Boyong MX-5 Dan Model Populer SUV CX-5

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature