SUV Listrik Hengchi 5 Mulai Beredar di China, Begini Spesifikasinya

Hengchi 5 EV

BEIJING, Carvaganza - Seiring berkembangnya dunia otomotif elektrifikasi, banyak perusahaan baru bermunculan untuk menggarap segmen tersebut. Salah satunya Hengchi yang merupakan brand buatan China Evergrande New Energy Vehicle Group. Mereka telah meluncurkan produk perdananya, yakni Hengchi 5 SUV. Bahkan sudah mulai mengirim mobil full electric tersebut ke konsumen.

Menariknya Evergrande sendiri tidak memiliki latar belakang sebagai produsen otomotif. Namun, mereka telah menyiapkan peta besar untuk mempenetrasi pasar global. Visi Evergrande pun mendapat sambutan cukup meriah dari masyarakat. Terbukti dari jumlah pre-order yang diterima dua minggu usai peluncuran Hengchi 5 pada Juli lalu mencapai 37.000 unit. Nantinya setelah model perdana meluncur, produk kedua siap dikenalkan dan masuk produksi pada paruh pertama 2023. Diikuti model ketiga pada semester kedua 2023.

Lantas apa yang membuat Hengchi 5 diminati? Pertama adalah bentuknya yang berupa SUV. Konsep yang tengah diminati masyarakat saat ini. Dimensinya memiliki panjang 4.725 mm, lebar 1.925 mm dan tinggi 1.688 mm. Kemudian kemampuannya sebagai kendaraan bertenaga baterai sepenuhnya. Hengchi 5 memiliki output tenaga 204 hp dengan torsi 305 Nm yang berasal dari motor elektrik tunggal di roda depan. Memang bukan angka yang impresif, tapi tetap powerful.

Hengchi 5 EV

Sementara baterainya berkapasitas 72,8 kWH berjenis lithium fosfat mampu mengizinkan mobil berkelana sejauh 700 kilometer (berdasarkan pengujian NEDC). Catu daya tersebut dapat dicharge dengan fast charging berdurasi sekitar 28 menit untuk pengisian dari posisi 30% hingga ke 80%.

Baca Juga: Carvaganza Editors’ Choice Awards 2022 Umumkan 14 Mobil Peraih Penghargaan Terbaik

Teknologi tertanam pun tak kalah menarik. Ia sudah memiliki sistem pengendaraan otonom level 2 yang disebut Hengchi H-Pilot. Terdiri dari berbagai fitur seperti Lane Change Assist dan sistem parkir otomatis. Sedangkan interiornya dibuat kekinian, mewah dan penuh gadget. Sunroof masif melingkupi atap.

Dashboard bak mobil masa depan dibuat bersih dengan tak adanya pernak-pernik tombol. Murni digantikan layar yang terbagi menjadi 3. Display utama berukuran 14,6 inci, sementara dua layar untuk pengemudi dan penumpang berukuran 10,25 inci. Segala informasi baik tentang kendaraan maupun multimedia ditampilkan jelas di situ. Ketiganya pun sudah terhubung dengan konektivitas 5G melalui sistem operasi Baidu.

Hengchi 5 EV

Pada konsol tengah juga tak jauh beda, kontrol fungsi dibuat kecil sehingga konsep clean didapat sepenuhnya. Tak ketinggalan di area tersebut terdapat wireless charger untuk mengisi daya perangkat elektronik.

Hengchi 5 sendiri dibanderol mulai $ 26 ribuan  atau Rp 400 jutaan, dan hanya disajikan dalam 1 varian. Namun, konsumen bisa memilihnya dalam beragam opsi warna seperti putih, merah, biru, hitam, coklat dan silver.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Deretan Mobil Listrik Yang Digunakan Selama KTT G20 di Bali, Dari City Car Sampai Sedan Mewah

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature