Subaru Hidup Lagi, Ini 'Modelnya' Yang Bakal Masuk Ke Indonesia

JAKARTA, Carvaganza – Subaru akan hidup lagi di Indonesia. Brand ini sempat menghilang dari peredaran otomotif nasional tahun 2015 lalu karena APMnya yang dulu, PT Motor Image Indonesia (MII) terbukti bersalah melakukan pemalsuan dokumen impor. Pemalsuan itu menyebabkan kerugian negara sampai ratusan milyar.

Akhirnya segala kegiatan PT MII dibekukan dan bahkan aset-asetnya disita. Tapi seperti pada berita yang ditulis Carvaganza sebelumnya, APM Subaru yang baru yang telah dibentuk di sini, berbeda dengan sebelumnya dan tidak punya kaitan sama sekali dengan yang lama. APM yang baru di bawah bendera PT Plaza Auto Mega yang dikomandoi oleh Chief Operating Officer (COO) Arie Christopher Setiadharma. Arie sendiri bukanlah nama asing di kancah otomotif nasional.

“Kami akan berbisnis dengan lurus dan sesuai regulasi. Itu tekad kami. Kami tidak ada kaitan sama sekali dengan APM yang lama. Kami betul-betul baru dan kami serius di pasar nasional dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ucap Arie.

Subaru WRX Hybrid di reli

Nah, yang menarik sekarang produk-produk Subaru apa saja yang bakal diusung oleh Plaza Auto ke Indonesia? Arie tidak bersedia menjelaskan kepada Carvaganza. Ia hanya menyebutkan akan memboyong sejumlah model yang memang diproduksi sesuai dengan regulasi di sini. “Kami juga akan mulai melakukan sejumlah aktivitas pada tahun ini,” imbuhnya.

Arie cuma menyatakan bahwa harga yang bakal dibanderol akan terjangkau dan bersaing dengan model-model Jepang lainnya.

Nah, Carvaganza mau menebak model-model apa saja yang bakal edar di sini di bawah bendera APM baru.

Subaru XV 2021

Subaru XV

Sebagai model entry level, manufaktur sudah melakukan penyegaran untuk model tahun 2021. XV sudah mendapatkan penyegaran paruh waktu sehingga terlihat lebih fresh. Sentuhan penyempurnaan itu dilakukan pada eksterior terutama pada bagian depan, fitur, penambahan warna baru Plasma Yellow Pearl dan varian terbaru Hybrid S sebagai varian tertinggi.

Khusus untuk bagian luar, penyempurnaan difokuskan pada bagian depan. Bumper dibuat lebih mengotak dan grille diberi warna hitam sehingga terlihat lebih agresif. Lampu kabut dibuat lebih bundar, sedangkan velg alloy menganut desain baru.

Yang tak kalah penting adalah penambahan mode pengendaraan SI-Drive yang diambil dari Impreza dan transmisi CVT yang dibuat lebih sporty sehingga lebih tasty.

Subaru Forester 2021

Subaru Forester

Pabrikan sudah melepaskan model tahun 2021. Ragam penyempurnaan dilakukan misalnya headlamp adaptif LED yang baru dan high beam otomatis yang terbaru. Berlaku untuk semua model Forester 2021. Menyediakan pula versi transmisi manual 7 percepatan, sebagai penambahan untuk transmisi CVT untuk varian Limited. Semua varian mendapatkan tempat penyimpanan di konsol tengah bagian belakang, terkecuali untuk model paling bawah.

Dalam hal mesin, semua model Forester dibekali engine 4 silinder flat (flat-four-cylinder) 2.5 liter, menghasilkan 182 hp. Dikombinasikan dengan CVT (plus transmisi manual 7 percepatan pada varian Limited) yang menyalurkan tenaga ke keempat rodanya (AWD).

Subaru BRZ 2021

Subaru BRZ

Mobil yang cukup ikonik bagi Subaru dan dibekali mesin yang memang telah menjadi ikon pabrikan, Boxer. Untuk versi 2021, kapasitas mesin dinaikkan menjadi 2.4 liter, menggantikan mesin 2.0 liter yang dipakai terdahulu.

BRZ generasi kedua ini memiliki bobot yang lebih enteng, di bawah 1.315 kg dan dimensi bodi lebih panjang 1 inci. Untuk menghasilkan downforce yang lebih tinggi, ground clearancenya diturunkan 0,5 inci dibandingkan sebelumnya.

Mesin Boxer yang diusung menghasilkan tenaga 228 hp dan torsi puncak 250 Nm, dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Untuk menstabilkan mobil, struktur chassis dibuat lebih kaku, sistem traksi dan kestabilan kendaraan diubah tuningannya agar lebih fun-to-drive.

Subaru WRX 2021

Subaru WRX

Ini sedan kompak yang dipuja-puja car enthusiast. Basis pengembangannya dari Subaru Impreza yang didevelop secara khusus untuk mobil reli WRC tahun 1992 lalu. Nama WRX sendiri merupakan singkatan dari “World Rally eXperimental”.

Bentuk model 2021 nyaris tidak banyak mengalami evolusi dari pendahulunya, karena memang tidak menyasar pada estetika mobil modern dan karakter pengendaraan lembut. Melainkan kendaraan yang basis pengembangannya untuk motorsport dengan sistem AWD standar sport serta untuk menghadirkan ‘sensasi’ berkendara bagi pecinta kecepatan dan car enthusiast.

Memboyong mesin boxer turbo standar 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 268 hp dan torsi maksimal 350 Nm. Mengadopsi layout AWD yang disalurkan oleh transmisi manual 6 percepatan dan CVT sebagai opsional untuk model Premium dan Limited. (EKA ZULKARNAIN)

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda