Subaru Masuk Lagi Ke Indonesia, APMnya Beda Sama Yang Dulu

JAKARTA,Carvaganza – Mungkin Anda masih ingat dengan brand Subaru di Indonesia. Nama pabrikan Jepang ini pernah ada di Indonesia dan meninggalkan negeri ini dalam kondisi yang kurang baik. Sebuah masalah besar menggulung, dan akhirnya brand tersebut hilang dari peredaran.

Sekarang brand tersebut  masuk kembali ke Indonesia. Subaru  hidup lagi di bawah bendera yang sama sekali berbeda dengan APM yang dulu. APM tersebut kini dibesut di bawah bendera PT Plaza Auto Mega dan dipimpin oleh Arie Christopher Setiadharma yang menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO).

Nama Arie Christopher bukanlah nama asing di dunia otomotif nasional. Ia pernah memegang brand Volvo ketika berada di bawah Indomobil dan  memimpin brand premium Ferrari Indonesia. Cukup lama Ia memimpin Kuda Jingkrak di kancah nasional sehingga namanya identik dengan brand premium tersebut. Setelah dari Ferrari, Arie menggawangi APM Maserati dan Rolls-Royce yang berada di bawah Grup Eurokars.

Arie Christopher, COO Subaru Indonesia

“Waktu saya ditawari untuk memimpin PT Plaza Auto Mega, saya waktu itu sedang menjalani bisnis otomotif juga. Milik saya sendiri dan teman. Pak Robert Wardhana yang menawari saya untuk memimpin Subaru di Indonesia,” ujar Arie. “Saya terima tawaran itu karena memang sulit ditolak ya tawarannya. Saya suka sekali dengan brand Subaru, padahal di saat yang bersamaan saya ingin membesarkan bisnis saya,” tambahnya.

“Sekarang saya sudah kecebur di sini,” ujar Arie kepada Carvaganza di Jakarta. “Saya bergabung mulai awal tahun 2020. Tapi karena ada pandemi COVID-19 dan Jepang juga terkena termasuk seluruh dunia, kami tidak bisa bergerak dengan cepat,” imbuhnya.

Arie menegaskan bahwa PT Plaza Auto Mega sebagai APM Subaru di Indonesia berbeda dengan APM Subaru yang lama. “Kami tidak memiliki kaitan dengan APM Subaru yang lama. Betul-betul berbeda dan kami ingin membangun brand image yang baik dan memang imej brand Subaru baik. Brandnya tidak masalah, nah memang operator brand Subaru di Indonesia yang dulu yang ada masalah.”

Subaru XV 2020
Subaru XV 2020

Pengalaman panjang

Sebagai APM Subaru yang baru di Indonesia, induk yang menaungi PT Plaza Auto Mega mengantungi pengalaman panjang di dunia otomotif nasional. Bukan orang baru. Pasalnya, APM ini masih dalam satu naungan dengan PT Plaza Auto Raya, sebagai pemilik jaringan dealership Toyota di Indonesia. Sudah berkecimpung lebih dari 15 tahun di dunia otomotif di bawah komando Robert Wardhana sebagai Chairman.

Lantas bagaimana dengan langkah PT Plaza Auto Mega sebagai APM Subaru ke depannya? COO Arie Christopher mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan roadmap bisnis, di antaranya dengan meluncurkan sejumlah model di sini. Namun Ia tidak bersedia menyebutkan model-model yang bakal diluncurkan.

Tentunya juga, imbuhnya, dengan menyiapkan infrastruktur yakni berupa dealership yang pertama di daerah Alam Sutera Serpong, Tangerang, Propinsi Banten. Dealer 3S akan melayani seluruh konsumen Subaru yang ada di Indonesia karena populasinya di sini cukup banyak. (EKA ZULKARNAIN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda