Beranda New Cars SPYSHOT: Ferrari Siapkan Hypercar SF90 Versi Atap Lipat

SPYSHOT: Ferrari Siapkan Hypercar SF90 Versi Atap Lipat

MARANELLO, Carvaganza.com – Ferrari belum juga merilis SF90 Stradale dari pabrik ke konsumen, sejak diperkenalkan tahun lalu. Tapi, Ferrari ternyata sudah mulai menyiapkan calon varian baru untuk hypercar plug-in hybrid pertamanya itu.

Di sektiar markasnya di Maranello, Italia, tertangkap kamera sesosok mobil yang identik dengan SF90 Stradale. Lengkap dengan kamuflase di seluruh body, konon ini adalah prototipe untuk SF90 versi Spider alias convertible.

Dari foto-foto yang dilansir oleh Autocar, tampak identitas SF90 jelas pada lampu depan yang berbentuk C, tidak dimiliki model Ferrari lain. Begitu juga dengan konfigurasi knalpot gandanya yang ditempatkan pada tengah-tengah bumper belakang.

Meski ditutupi kamuflase, perbedaan yang mengindikasikan versi body baru adalah posisi antena digeser lebih ke belakang. Pada versi awal, antena terpasang di atap mobil, sementara pada prototipe baru ini digeser ke dek belakang, menandakan ada perubahan konstruksi di area tersebut.

Mesin V8 3.9L

Seperti model Ferrari Spider yang pernah ada, SF90 juga kemungkinan besar akan gunakan jenis mesin sama seperti versi coupe. Artinya, mesin V8 3.9 liter twin-turbo dengan sistem hybrid bawaan akan menyediakan tenaga 986 hp. Mesin V8 untuk gerakkan roda belakang, sementara motor listrik akan tenagai roda depan.

Jika benar, maka SF90 Spider akan menjadi convertible terkencang yang dipasarkan, mengalahkan tenaga 780 hp milik 812 GTS, serta LaFerrari Aperta dengan 950 hp. Apalagi akselerasi 0-100 km/jam SF90 Stradale saat ini di angka 2,5 detik.

Tentunya, dengan menjadi convertible, akan ada konsekuensi bobot yang lebih berat juga. Mekanisme pelipatan atap yang menambah bobot akan berpengaruh pada performa akselerasi SF90 pula, diperkirakan menjadi 2,6 detik.

Model Baru

Belum diketahui kapan Ferrari akan resmi meluncurkan SF90 Spider pastinya. Namun jika mengacu pada berita belakangan ini, bisa jadi SF90 menjadi salah satu dari dua model baru Ferrari tahun ini. Rencananya Ferrari akan luncurkan dua model baru sebelum akhir tahun 2020.

Apalagi, Ferrari juga baru akan mengoperasikan kembali pabriknya untuk produksi mobil setelah selama sebulan lebih non aktif karena virus Corona. Awal Mei ini, pabrik Ferrari di Maranello dijadwalkan kembali melakukan aktivitas produksi.

“Kami selalu merencanakan untuk lakukan sesuatu yang lebih, dan kami ingin membuat berita. Kami akan luncurkan dua model baru sampai akhir tahun ini,” ungkap Enrico Galliera, Chief Marketing Officer Ferrari.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...