Siapa Rival Yang Cocok Untuk Audi RS4 Avant?

JAKARTA, Carvaganza – Indonesia baru saja kedatangan Audi RS4 Avant dengan menghadirkan gaya desain station wagon. Hadirnya Audi A4 Avant ke tanah air sekaligus menambah pilihan kendaraan premium khususnya pabrikan Jerman. Pasalnya tahun ini, tiga brand raksasa Jerman, Audi, BMW dan Mercedes-Benz cukup masif menginvasi pasar otomotif nasional dengan model terbarunya.

Tapi siapakah yang benar-benar cocok menandingi Audi New RS4 Avant di perang mobil premium khususnya segmen station wagon? Kalau bicara soal harga yang nyaris menyentuh Rp. 3 miliar, bisa disandingkan dengan BMW M3 Coupe yang baru saja diluncurkan pada tahun ini atau dengan Mercedes-AMG C63 Estate. Sayangnya M3 tidak menawarkan gaya desain station wagon dan model tersebut masih dalam proses pengembangan serta direncanakan akan diproduksi pada tahun depan. Lalu bagaimana jika kita sandingkan dengan Mercedes-AMG C63 Estate ?

Audi RS4 Avant punya gaya desain yang sangat atletis pada generasi terbarunya ini meskipun ia merupakan kendaraan dengan konsep family. Artinya, Audi RS4 Avant juga menawarkan nilai fungsional dan kepraktisan di samping mesin yang bertenaga dengan konfigurasi V6. Sementara itu Mercedes juga punya konsep yang serupa namun dengan bekal mesin yang lebih besar.

Mercedes-AMG C63

Mesin

Audi RS4 Avant kini dibekali dengan mesin terbaru berkonfigurasi V6 2.9-liter Twin-Turbo yang menghasilkan tenaga 448 hp dengan tendangan torsi puncak yang mencapai 600 Nm. Seperti biasa Audi juga menyematkan sistem penggerak Quattro atau all wheel drive yang dipadukan dengan transmisis otomatis 8-percepatan.

Mercedes-AMG C63 Estate punya mesin yang lebih besar yakni V8 dengan kapasitas 4.0-liter Twin Turbo yang menghasilkan tenaga 503 hp dan torsi 700 Nm. Pada generasi terbarunya sistem transmisi sudah dibekali dengan otomatis 9-percepatan tuningan AMG yang diklaim untuk menyaingi sistem transmisi milik ZF.

Kami melihat Mercedes-Benz punya angka yang jauh lebih besar untuk sebuah station wagon namun Audi RS4 Avant terlihat lebih realistis dengan menghadirkan mesin baru yang berdaging. Namun pilihan kami kembalikan pada konsumen, mau mobil keluarga yang memiliki tenaga “buas” atau yang proporsional seperti yang ditawarkan Audi RS4 Avant.

Audi RS4 Avant

Interior

Keduanya sama-sama menawarkan nuansa sport yang sangat kental di dalam kabin baik penggunaan material kulit maupun aksen-aksen tambahan di beberapa sudut interior. Audi RS4 Avant menawarkan sentuhan Alumunium Race Anthracite dan pilihan aksen lain seperti Carbon Twill atau Black Piano Lacquer.

Sementara Mercede-AMG 63 Estate lebih banyak menghadirkan aura elegan yang dipadukan dengan sentuhan sporty. Salah satunya adalah lingkar kemudi terbaru lengkap dengan control touchpad yang pertama kali muncul pada S-Class. Selain itu, pada setirnya juga tampak kontrol mode putar yang merupakan sentuhan AMG untuk menegaskan kesan sporty.

Fokus utama pada interiornya adalah pengenalan layar cluster meter berukuran 12,3 inci dan layar sentuh untuk layanan hiburan berukuran 10,5 inci. Sementara Audi RS4 Avant menghadirkan layar hiburan di tengah dashboard berukuran 10,1 inci yang didukung dengan animasi grafis beresolusi tinggi sekaligus menggantikan tombol putar di area konsol tengah. Pengendara juga dapat memanfaatkan layar sentuh tersebut sebagai informasi mengenai kendaraan seperti suhu komponen penggerak, g-force maksimum hingga informasi mengenai tekanan dan suhu ban.

Mercedes-AMG C63 Estate

Drive Mode

Duo Jerman ini juga membawa nama besar divisi performa dari pabrikannya masing-masing. Makanya tidak heran jika fokus utama pada kendaraan ini adalah performa yang maksimal dengan sokongan mode pengendaraan yang beragam.

New Audi RS4 Avant menawarkan Audi Drive Select yang sekaligus menyesuaikan respon suspensi dan kemudi, performa mesin hingga pada suara knalpot yang variatif. Terdapat lima mode pengendaran yang tersedia yakni Comfort, Auto, Dyamic, serta mode khusus RS yang dapat disesuaikan RS1 dan RS2. Untuk pengendaraan yang mengutamakan kenyamanan dan sistem suspensi yang lebih sopan baiknya memilih Comfort. Namun untuk performa yang lebih berisi dengan tingkat kestabilan tinggi mungkin anda bisa memulainya dengan mode Dynamic atau yang lebih berdaging di mode RS.

Rivalnya punya mode pengendaraan yang lebih presisi alias to the point, Individual, Dynamic, Comfort, Sport dan Sport +. Dari namanya saja Anda pasti bisa membayangkan mana yang paling pas untuk dikendarai sesuai kondisi jalan. Mode pengendaran yang terdapat pada C63 AMG Estate ini dapat mengatur secara otomatis sistem suspensi, performa mesin serta suara letupan dari balik knalpotnya.

Audi RS4 Avant

Kesimpulan

Audi RS4 Avant dan Mercedes-AMG C63 Estate merupakan kendaraan keluarga yang menawarkan performa sport dari balik kemudinya. Keduanya mampu mengakomodasi lima penumpang dengan tambahan ruang bagasi di belakang, Audi RS4 punya kapasitas hingga 495 liter sementara C63 kurang sedikit dengan kapasitas 490 liter. Namun hal tersebut tidak terlalu kentara dibandingkan dengan apa yang ditawarkan dari balik mesin dan fitur yang tersaji di dalamnya.

Kabarnya Mercedes-AMG C63 akan segera menghadirkan model terbarunya dengan pilihan mesin hybrid. Selain itu akan ada beberapa ubahan termasuk sistem penggerak 4MATIC Four-Wheel dengan kapasitas mesin yang lebih kecil. Paling tidak saat ini, Audi RS4 Avant sudah berhasil mencuri start dengan menghadirkan konsep yang menarik dari performa dan sisi fungsional sebagai kendaraan keluarga di segmen premium. (ALVANDO NOYA/EK)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya