Range Rover Generasi Kelima Sudah Mulai Tampak Di Jalan Raya, Dijadwalkan Rilis 2022

Range Rover PHEV

WHITLEY, Carvaganza – Generasi terbaru Range Rover dikabarkan sudah memasuki fase pengembangan lanjutan dan beberapa media di Inggris sudah mendapatkan wujud prototipe dari varian Plug In Hybrid. Flagship dari Land Rover ini dipastikanakan menggunakan platform MLA dan tersedia dalam beberapa varian, yakni dengan mesin pembakaran internal, PHEV dan full elektrik. Produsen mobil offroad asal Inggris ini memastikan Range Rover terbaru akan diluncurkan pada awal 2022 mendatang.

Generasi terbarunya akan tetap mengambil bagian di setiap segmen mulai dari model standar yang ada seperti model sebelumnya, Range Rover Sport dengan dimensi yang lebih rendah dan model long wheel base di segmen teratasnya. Untuk model EV akan tampil dengan port pengisian daya dan diproyeksikan mirip dengan Range Rover P400e. Sementara itu model PHEV akan memiliki desain ekskterior yang mirip dengan model bertenaga mesin konvensional.

Range Rover PHEV

Hal tersebut juga sempat dikemukakan oleh seorang warga Inggris yang mendapati sebuah Range Rover PHEV tengah melakukan uji coba dengan menarik trailer berisi alat telemetri. Ia menyampaikan tidak terlihat stiker elektrik dan suara mesinnya sangat senyap untuk sebuah kendaraan SUV, jadi bisa dipastikan ia ditenagai oleh PHEV.

Molornya jadwal peluncuran generasi terbaru dari Range Rover ini bukanlah tanpa alasa, Jaguar Land Rover menyatakan hal tersebut dikarenakan kelangkaan produksi semikonduktor di seluruh dunia. Dengan menurunnya produksi semikonduktor tersebut sangat mempengaruhi proses pengerjaan mobil-mobil JLR di Juli – September. Selain itu, meningkatnya kasus Covid-19 di beberapa negara juga turut mempengaruhi turunnya produksi Jaguar Land Rover selama masa pandemi ini.

Range Rover PHEV

Namun demikian JLR tetap optimis dapat memenuhi kebutuhsan konsumen akan kendaraan-kendaraan ciptaannya, salah satunya Range Rover terbaru. Meskipun pabrikan belum merilis secara resmi, namun kabarnya Range Rover PHEV akan menggunakan mesin bensin-listrik model P400e yang sudah dimutakhirkan. Mesin tersebut mengawinkan empat turbo Ingenium 2.0 liter dengan motor listrik dan menghasilkan tenaga maksimal 141bhp. Baterai berkapasitas 17,1kWh yang ditanamkan pada Range Rover terbaru juga mampu mencapai jarak sekitar 33 mil atau setara 53 km. Namun, pabrikan juga akan menyiapkan opsi dengan mesin konvensional yang dikawinkan dengan dua motor listrik, tentu saja menghasilkan tenaga yang lebih besar dengan kemampuan off-road yang superior.

Sementara itu, dikutip dari Autocar mesin 6-silinder 3.0-liter yang dikawinkan dengan baterai 48V mild hybridised Ingenium juga akan dipertahankan di generasi Range Rover terbaru. Selain itu, untuk model tertingginya akan menggunakan mesin V8 4.4-liter yang menghasilkan tenaga lebih dari 500 hp. Mesin tersebut merupakan pengembangan Land Rover bersama dengan BMW.
ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Ini 14 Kendaraan Yang Mendapat Penghargaan Terbaik Dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature