Ragam Kelebihan Rivian R1T, Mobil Pikap Pertama Yang Dijual Ke Publik

JAKARTA, Carvaganza – Inilah satu-satunya mobil pick-up bertenaga listrik yang sudah resmi dijual ke publik, Rivian R1T. USA menjadi pasar pertamanya. Bahkan mobil yang di Amerika Serikat masuk kategori truk ini sudah dicoba oleh media massa. Salah satunya adalah Motortrend. Tidak tanggung-tanggung, pikap 4 penumpang ini di uji ke ragam medan jalan untuk membuktikan kemampuan dan performanya.

Berbekal baterai listrik sebagai sumber performa, Rivian R1T model tahun 2022 ini mampu menghasilkan tenaga hingga 800 hp dan torsi puncak yang mencapai 1220 Nm. Bahkan dikutip dari Motor Trend yang sudah melakukan pengujian pada R1T, kendaraan ini dinilai memiliki kemampuan performa serupa sedan sport. Di atas kertas Rivian R1T memiliki kemampuan towing capability maksimal hingga 5000 kg dan berjalan di atas bebatuan layaknya Jeep Gladiator.

Fakta lain yang didapat dari Rivian R1T ini adalah kemampuan sprint 0 -100 km/jam hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 detik. Padahal R1T hanya  pikap yang didesain sebagai kendaraan pengangkut. Tapi punya kemampuan yang tidak kalah dengan sebuah sports car bermesin konvensional. Dilihat dari dimensi dan bentuknya, Rivian R1T berada selevel dengan pikap seperti Chevrolet Colorado dan Ford 150, namun dengan kemampuan di atasnya.

Sebagai EV, Rivian R1T juga dibekali dengan sistem pengereman regeneratif dengan empat pilihan. Mode tersebut dapat diatur sesuai dengan keinginan pengemudi. Mulai dari pengendaraan satu pedal hingga mode maksimum yang lebih cocok saat melakukan perjalanan ke luar kota.

Rivian 1T

Mode pengendaraan

Selain itu, Rivian R1T juga didukung dengan model pengendaraan yang mirip dengan kendaraan urban pada umumnya. Pada mode default, Rivian R1T akan berada di posisi All Purpose sementara untuk meningkatkan performanya bisa memilih mode Sport. Pabrikan juga menyediakan mode Eco untuk mode pengendaraan yang lebih kalem dan membatasi pergerakan roda di roda depan saja. Sedangkan untuk melahap medan jalan yang lebih berat, cukup geser tuas mode ke tulisan Off-road.

Pada mode Off-road, Rivian R1T memiliki set mode berkendara terpisah dan memungkinkan pengendara untuk mengatur ketinggian suspensi dan respon pedal gas sesuai kebutuhan. Tidak seperti off-roader dengan pembakaran internal, Rivian tidak memiliki bagian krusial di bawah bodinya seperti driveshafts dan differential serta pipa knalpot sehingga dapat merangkak mulus di atas permukaan jalan yang ekstrem. Selain itu R1T juga didukung dengan ground clearance standar 7,9 inci dan dapat diatur hingga pada ketinggian 14,4 inci. Kabarnya Rivian R1T ini juga diklaim mampu melalui genangan air setinggi 91, 4 cm atau nyaris satu meter.

Rivian R1T 2022

Bahkan belum lama ini, beredar video sebuah Rivian R1T melalui genangan sedalam 70 cm dengan kondisi yang sangat tenang. Pada video tersebut terlihat R1T terendam setengah bodinya dan mampu melalui tanpa hambatan. Bahkan bos Rivian R.J Scaringe kedapatan ikut mengunggah video tersebut ke akun twitter pribadinya. (ALVANDO NOYA/EK)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature