Pulang Liburan Mobil Mengeluarkan Bau? Cek Penyebab dari Jenis Baunya

JAKARTA, Carvaganza -- Bagaimana libur akhir tahun Anda bersama sahabat dan keluarga? Berjalan aman dan lancar? Meski persiapan sudah dilakukan sebaik mungkin, masalah tetap bisa saja terjadi. Demikian pula ketika di perjalanan. Anda bisa merasakan kondisi mobil yang tidak beres ketika sedang berkendara. Anda bisa mengecek kondisi mobil apakah bermasalah dari bau yang dikeluarkan. Bila Anda sedang menyetir kemudian muncul bau yang tak biasa, maka harus wajib waspada. Banyak jenis dan penyebabnya. Dikutip dari laman Wuling Indonesia, berikut bau mobil yang bisa Anda identifikasi sebagai tanda bila mobil mengalami masalah.

Bau Bensin

Bau bensin umumnya tercium ketika kita sedang berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Nah, patut diwaspadai bila bau bensin masih tercium juah dari pom pensiun atau beberapa jam setelahnya. Jika ini terjadi kemungkinan adalah kebocoran pada tangki atau injektornya, dan Anda harus segera membawanya ke bengkel terdekat. Kebocoran pada tangki bensin juga bisa berpengaruh terhadap borosnya penggunaan bahan bakar.

Bau Asap Knalpot

Pernahkah Anda mencium bau asap knalpot tapi di dalam mobil? Adanya bau asap knalpot ini merupakan indikasi mobil mengalami masalah pada kebocoran sistem pembuangan atau bisa juga pintu dan jendela mobil memiliki lapisan yang kuat. Bau asap knalpot yang terjebak di dalam mobil ini sangat berbahaya bagi pengendara maupun penumpang, karena bisa mengakibatkan kematian. Segeralah bawa mobil ke bengkel agar teknisi bisa melakukan analisis dan juga perbaikan secepatnya.

Bau Telur Busuk

Bau telur busuk bisa muncul bila meninggalkan sisa makanan dalam mobil. Tapi jika tidak membawa makanan kemudian bau telur busuk muncul, maka kemungkinan ada malfungsi pada sistem bensin. Apabila katalis converter, filter bensin, atau sensor tekanan bensin rusak, gas sulfur bisa bocor dan baunya akan menyeruak ke dalam kabin seperti telur busuk. Selain menjengkelkan, bau ini juga sangat berbahaya jika tak segera ditangani. Tapi terkadang bau telur busuk bisa diselesaikan dengan mengganti oli transmisi. Oli transmisi yang sudah lama tak diganti rupanya juga memiliki bau seperti telur busuk.

Bau Terbakar

Bau terbakar merupakan tanda ada sesuatu terbakar di balik kap mobil. Munculnya bau ini di mobil bisa disebabkan beberapa hal seperti kabel listrik, AC overheating, atau pedal rem yang sudah aus. Nah bila bau yang muncul menyerupai plastik terbakar, mintalah teknisi untuk segera mengecek kondisi mobil Anda. Bisa jadi ada yang harus diperbaiki dari mesin mobil.

Bau Karet Terbakar

Berbeda hal pula dengan bau karet terbakar. Bau ini mengindikasikan selang karet atau belt di balik kap mobil kendur. Bila ini terjadi, maka ada beberapa komponen yang bisa berpindah tempat dan kontak langsung dengan mesin panas. Itulah sebabnya bau karet terbakar bisa muncul. Bau karet terbakar juga bisa disebabkan oli atau cairan bocor atau belt yang sudah aus.

Bau Apek/Asam

Bau asam atau apek kerap muncul dari AC mobil Anda. Ini merupakan tanda bahwa ventilasi di filter udara di sistem AC mobil sangatlah lembab. Akibatnya, di dalam filter udara muncul jamur yang mengeluarkan bau tak sedap. Bila terlalu lama didiamkan akan berdampak buruk untuk kesehatan. Bila AC Anda mengeluarkan bau seperti apek ataupun asam, segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Anda juga bisa meminta perawatan agar sistem ventilasi AC terhindar dari jamur. Semoga tips ini bermanfaat! RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda