Beranda Updates Porsche Panamera Baru Gunakan Mesin Twin-Turbo V8

Porsche Panamera Baru Gunakan Mesin Twin-Turbo V8

MUENCHEN, 7 Mei 2016 – The 37 International Vienna Motor Symposium, yang berlangsung pada akhir bulan lalu, adalah cara yang brilian bagi Porsche untuk untuk diam-diam memperkenalkan mesin terbarunya. Rencananya mesin twin-turbo V8 itu siap dipasang pada generasi terbaru Porsche.

Mesin saat ini, TT 4.8-liter V8, sudah digunakan pada Porsche Panamera dan Cayenne Turbo selama lebih dari satu dekade meski dengan banyak update. Mesin baru disiapkan sebagai pengganti yang akan dugunakan pada Panamera generasi kedua akhir tahun ini.

Mesin yang masih belum diketahui kapasitasnya ini akan menggunakan sepasang turbocharger twin-scroll, seperti ditulis Car and Driver yang dilansir Carvaganza.

Pada Panamera Turbo, V8 menghasilkan 550 hp pada 5.750 rpm dan torsi puncak pada 770 Nm yang dihasilkan antara 1.960 dan 4.500 rpm. Sementara redline-nya berada di angka 6.800 rpm. Tenaga dan torsi ini setara dengan yang ditawarkan Panamera Turbo S.

Porsche menggunakan teknologi baru cylinder deactivisation system yang disebut “half-engine”. Mesin dapat menggunakan sistem ini pada putaran mesin rendah antara 950 dan 3.500 rpm, yang akan memungkinkan peningkatan efisiensi sekitar 30 persen.

Porsche menjelaskan mesin ini dioptimalkan dengan aplikasi start-stop. Ceritanya menyebar ke VW Group yang menyebutkan mesin ini berbagi teknologi dengan turbocharged V6 3.0-liter baru milik Audi yang telah digunakan pada S4 dan Panamera.

Dengan kata lain, TT V8 ini bisa saja digunakan oleh Porsche, Audi, Bentley dan bahkan Lamborghini.

RAJU FEBRIAN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza