Porsche 718 GT4 RS Jadi Versi Cayman Terganas untuk Lahap Sirkuit

  • Cayman GT4 RS
  • Cayman GT4 RS
  • Cayman GT4 RS
  • Cayman GT4 RS

WEISSACH, Carvaganza – Pilihan model mobil untuk bersenang-senang di trek dari Porsche kini bertambah dengan hadirnya 718 Cayman GT4 RS. Mobil ini diluncurkan bersamaan dengan Los Angeles Auto Show 2021, dan menjadi GT4 paling ganas pernah dibuat pabrikan. Ini juga pertama kalinya label RS hadir di varian GT4 buatan Porsche.

718 Cayman GT4 RS digadang-gadang akan menjadi idola baru para pecinta kecepatan, karena konon menjadi model mid-engine terakhir dari Porsche yang bermesin pembakaran internal murni. Selain itu, GT4 RS juga menjadi model flagship dari keseluruhan rangkaian keluarga 718 yang diwakili oleh Cayman dan Boxster.

Diadopsinya nomenklatur RS bukan sekadar tampilannya yang khas mobil balap, lengkap dengan aerodinamika yang mencolok. Porsche mengadopsi langsung mesin enam silinder 4.0 liter naturally aspirated dari 911 GT3 ke GT4 RS. Meski agak diredam performanya menjadi 493 hp dan 449 Nm, lebih kecil daripada GT3, mesin ini sudah lebih galak daripada GT4 biasa. Setidaknya tenaga meningkat 79 hp dan torsi 29 Nm lebih tinggi.

Cayman GT4 RS

Mesin yang sanggup berteriak hingga 9.000 rpm ini ditawarkan hanya dengan transmisi otomatis PDK 7-percepatan alias dual-clutch. Tidak ada transmisi manual tradisional seperti yang menjadi gimik Cayman GT4. Tapi pengemudi masih bisa memacunya dengan perpindahan gigi manual via paddle shifter dan kenop konvensional di konsol tengah. Rasio gigi yang lebih rapat disajikan demi akselerasi yang lebih instan. Alhasil, akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 3,2 detik saja.

Baca Juga: Laporan dari WSBK Mandalika: (Batal) Mencoba Safety Car Hyundai i30 Fastback N

Pengembangan chassis dibuat semakin terorientasi pada performa di sirkuit. Ada penyetelan ulang pada damper, per, dan anti-roll bar. Ball-joint juga sekarang membuat tongkrongan GT4 RS lebih rendah 30 mm dari 718 Cayman standar.

Dari sisi visual, perbedaan utama GT4 RS daripada GT4 sebelumnya adalah sayap belakang yang lebih besar. Desain tiang ala leher angsa meniru 911 RSR dan GT3, untuk optimalisasi produksi downforce. Mesin kini bisa bernapas lebih nikmat berkat hadirnya intake tambahan yang bertempat di pilar B, menggantikan kaca jendela. Dengan semakin banyak pasokan udara segar, maka mesin akan bisa hasilkan performa lebih buas.

Cayman GT4 RS

Fascia depan mendapat splitter lebih besar yang terintegrasi dengan sirip samping. Lalu di atas fender depan hadir ‘insang’ seperti di GT3, menyertai dua buah inlet NACA di bonnet depan. Sementara diffuser depan adjustable, bagian kolong ditingkatkan aerodinamikanya untuk maksimalkan downforce ke diffuser belakang. Setidaknya mobil ini diklaim hasilkan 25% downforce lebih tinggi dari GT4 biasa.

Bobot keseluruhan GT4 RS lebih ringan sampai 22 kg daripada GT4 yang sama-sama punya gearbox PDK. Pemangkasan bobot datang berkat aplikasi CFRP (carbon fiber reinforced plastic) di fender dan bonnet depan, lalu kaca yang ringan di jendela belakang, dan panel pintu dalam dengan material fabric pada handle dan jarring kompartemen.

Untuk nuansa balap yang lebih kental dan bobot lebih ringan, Porsche tawarkan Weissach Package yang meliputi komponen karbon lebih banyak. Yaitu untuk bagian intake, air-lid, cover spion, dan sayap belakang. Lalu ada juga knalpot titanium, trim Race-Tex pada dashboard, dan velg Magnesium 20 inci dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2.

Cayman GT4 RS

Konon performa dari Cayman GT4 RS ini sudah diuji di Nurburgring Nordschleife, yang mampu melahap satu lap dalam 7:09.300 menit untuk layout 20,8 km. artinya, lap time GT4 RS sudah lebih singkat sampai 23,6 detik daripada GT4. Downforce dan handling dari GT4 RS berkontribusi signifikan pada pencapaian ini.

Harga yang dipatok untuk 718 Cayman GT4 RS adalah mulai dari $ 141.700 alias setara Rp 2,02 miliar. Konsumen akan mendapat jam tangan chronograph ekslusif dari Porsche Design untuk pembelian GT4 RS. Sementara jika ingin lebih kencang di trek, masih ada opsi GT4 RS Clubsport dari Porsche. (WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: BMW Perkenalkan Concept XM, SUV Kencang Dengan Gaya Bespoke

Sumber: Carscoops

Pelajari lebih lanjut tentang Porsche 718

  • Tampak Depan Bawah Porsche 718
  • Tampak samping 718
  • Tampak belakang serong 718
  • Lampu depan 718
  • lampu belakang 718
  • Pelek 718
  • Tampak belakang 718
  • Tampak depan medium Porsche 718
  • Tampak belakang sisi tengah 718
  • Porsche 718 Front Cross Side View
  • Fog lamp belakang 718
Porsche 718
Rp 1,5 - Rp 2,5 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 34,32 Juta

Mobil Porsche Lainnya

  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
  • Porsche Macan
    Porsche Macan

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya