BMW Perkenalkan Concept XM, SUV Kencang Dengan Gaya Bespoke

BMW Concept XM

MUNICH, Carvaganza – Setiap model BMW M yang diluncurkan biasanya menyediakan paket individual yang meliputi bagian eksterior, interior hingga ke urusan performa. Namun kali ini divisi kendaraan kencang ini akan segera merilis SUV terbarunya dengan gaya personalisasi secara eksklusif untuk konsumen sebelum diproduksi. Model personalisasi ini kembali hadir setelah sebelumnya BMW meluncurkan M1 pada 1978. 

Pada calon model terbaru ini, Concept XM akan menampilkan desain fascia depan yang sama sekali baru dan belum ditampilkan pada model manapun. Hal tersebut dilakukan BMW untuk membedakan antara keluarga kelas mewah mereka dengan model lainnya, bahkan keluarga M. Ubahan yang mencolok terlihat pada garis disekitar grille yang dibuat lebih besar dari yang kita temui pada X7 maupun 7-Series. 

Selain itu BMW juga menghadirkan lampu depan yang lebih menyipit dan bersudut dibandingkan dengan model lainnya. Selanjutnya bumper depannya juga dibuat lebih dinamis dan menggunakan perangkat aerodinamika serta tambahan fitur-fitur lainnya di eksteriornya.

BMW Concept XM

Sebelumnya banyak sumber yang mengatakan bahwa ini akan menjadi versi produksi untuk X8 M, namun pabrikan menyatakan bahwa ia akan menggunakan nama XM tanpa angka. Sebelumnya pada 1950an BMW pernah merilis Isetta yang dikenal sebagai varian BMW tanpa angka dan Neue Klasse yang dirilis pada 1960an. Berbeda dari model tersebut, ini adalah varian SUV yang diklaim akan memiliki performa yang diracik langsung oleh divisi M. Sehingga tidak hanya menghadirkan sebuah kenyamanan yang khas namun juga pengalaman berkendara yang maksimal di jalan raya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Mobil Elektrifikasi Toyota

Meski disebut sebagai SUV bongsor namun dikutip dari Autocar bahwa dimensinya akan sebanding dengan BMW X7. Tetapi pada model XM ini BMW akan mempermanisnya dengan garis atap yang lebih gagah dan pilar D yang lebih tebal, sehingga memungkinkan ia memiliki konfigurasi kursi penumpang 3 baris.

BMW iX 2022

Selain itu, BMW XM juga dikabarkan akan menggunakan mesin V8 4.4 liter twin-turbocharged yang dipadukan dengan sistem hybrid. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 750 hp dan membuatnya lebih bertenaga dari BMW M5 CS. Seperti yang disebutkan di atas, kendaraan ini akan menjadi SUV paling bertenaga di jajaran keluarga BMW M.

Lebih lanjut, BMW yang dikembangkan dengan kode Project Rockstar akan menggunakan motor listrik bertenaga 200 hp yang berfungsi untuk mengurangi emisi karbon. Di samping itu BMW juga akan menyediakan versi enam silinder segaris dan diesel hybrid ringan yang juga digunakan oleh BMW X7. (ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Sukses Tahun Ini, GIIAS 2022 Siap Digelar Bulan Agustus

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil BMW Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya