PHEV Pertama Mercedes-AMG Siap Meluncur Tahun Ini, Tenaganya Lebih Dari 800 hp

AFFALTERBACH, Carvaganza – Mercedes-Benz diketahui tengah menyiapkan model terbaru dengan tenaga plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) sebagai amunisi menghadang Porsche Panamera. Mobil tersebut diberi nama Mercedes-AMG GT73e 4Matic+ EQ Power+ Coupe dan akan memiliki tenaga maksimal 800 hp lebih.

Bahkan angka performa lain yang sempat diumbar adalah kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3 detik dengan kecepatan maksimal yang mencapai 321 km/jam. Dipastikan model ini akan menjadi varian tertinggi di keluarga Mercedes-AMG bertenaga plug-in hybrid dan akan dibanderol di atas 150.000 poundsterling. 

Sebagai kelanjutan dari proyek electrifikasi AMG akhirnya merilis GT73e yang juga dikenal sebagai penerus dari 300CE Hammer super-saloon dan memiliki reputasi sebagai sedan besar yang bertenaga. Mercedes-AMG GT73e akan dibekali dengan sistem plug-in hybrid terbaru yang menggerakan motor listrik di roda belakang sebagai tenaga tambahan mesin bensinnya. Dalam hal ini mesin bensin yang akan digunakan adalah V8 4,0 liter twin-turbocharged dengan penggerak empat roda.

AMG 300CE Hammer

Sistem plug-in hybrid ini juga akan dibekali pada model dengan badge 73 seperti keluarga S-Class dan SL grand tourer. Selain itu, PHEV terbaru ini juga akan disematkan pada model C63 4Matic terbaru yang menggunakan mesin 4 silinder 2,0 liter turbocharged.

Sistem plug-in hybrid ini menghasilkan torsi yang tidak dibatasi oleh kerja transmisi dan juga menghasilkan bobot distribusi yang lebih baik dari roda depan ke belakang. Dikutip dari autocar.co.uk, motor listrik memiliki tenaga 201 hp dan torsi 363 Nm. Motor listriknya tersebut akan dikawinkan dengan transmisi ZF yang juga terdapat pada Mercedes-Benz EQC dan EQV yang merupakan mobil listrik murni. 

Sedangkan mesin bensin V9 4,0 liter twin-turbocharged tersebut memiliki tenaga maksimal mencapai 639 hp dan torsi 900 Nm. Berarti jika dijumlahkan antara tenaga yang dihasilkan oleh dua jantung pacu tersebut menghasilkan tenaga lebih dari 800 hp dan torsi lebih dari 1.000 Nm. Ini akan menjadi model hybrid paling buas yang pernah diciptakan oleh AMG dan embel-embel sebagai penerus Hammer pun bisa berhasil. 

Saat ini Mercedes-Benz tengah melakukan pengujian tahap akhir untuk Mercedes-AMG GT73e bertenaga hybrid ini. Dan foto-foto sosok dari GT73e dengan selubung sudah mulai berseliweran di jagad maya. Kabarnya ia akan segera diluncurkan pada tahun ini dan langsung masuk ke dalam jalur produksi dengan target market pertama adalah pasar Eropa.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda