Beranda Updates Peugeot e-208 Menang Balap Mobil Listrik di Lithuania

Peugeot e-208 Menang Balap Mobil Listrik di Lithuania

JAKARTA, Carvaganza – Mobil listrik Peugeot e-208 sukses menunjukkan kemampuannya. Hatchback bertenaga sertrum itu berhasil menjadi juara di ajang balap khusus mobil listrik di Lithuania.

Pembalap Vitoldas Milius dan Aidas Bubinas berhasil membawa Peugeot e-208 memenangkan perlombaan kendaraan full elektrik “Ignitis ON: get to know Lithuania“. Peugeot e-208 menjadi yang tercepat. Peugeote-208 mampu menempuh 300-an km pada perlombaan kelas kapasitas baterai 50 kWh.

Pada kompetisi tersebut, ada 22 kendaraan terbagi dalam 2 grup berdasarkan kapasitas baterai yaitu kapasitas hingga 50 kWh dan yang lebih dari 50 kWh. Untuk kelas di atas 50 kWh dimenangkan oleh Porsche Taycan dan kategori di bawah 50 kWh diijuarai oleh Peugeot e-208.

Sebelum perlombaan dimulai, setiap peserta kompetisi diberikan 5 pilihan checkpoint. Peserta harus mengunjungi 3 lokasi dari 5 checkpoint yang ditentukan dengan mengatur rute mereka secara mandiri. Tim Peugeot e-208 dan para kompetitornya harus berkendara hingga 300-an km dari Vilnius ke Druskininkai.

Vitoldas Milius dan Aidas Bubinas berhasil mengalkulasi jarak secara sempurna dengan total jarak tempuh 305 km. Secara garis besar berkendara pada kecepatan maksimum sesuai regulasi (130 km/jam) namun dengan tetap menjaga keoptimalan penggunaan baterai mobil dan kecepatan sehingga Peugeot e-208 tersebut dapat menempuh jarak 305 km pada kurun waktu 3 Jam 59 Menit yang lebih cepat 4 menit dibandingkan dengan juara kedua perlombaan tersebut.

“Seperti yang kami rencanakan, mobil ini dapat menempuh jarak 300 km tanpa pengecasan tambahan. Kami memilih berkendara secara efisien,” ucap V. Milius.

Kompetisi yang sangat menyerupai berkendara sehari-hari. Peugeot e-208 secara rata-rata mengkonsumsi 13.6 kWh/100km pada kompetisi tersebut. Hal ini sangat dekat dengan hasil tes WLTP yaitu 13.3 kWh/100km.

Menariknya, sebagian besar jarak 305 km yang ditempuh pada perlombaan tersebut merupakan jalan umum antarkota. Kurang dari 25% nya adalah jalan bebas hambatan dan jalanan perkotaan sangat sedikit dilalui. Kecepatan rata-rata yang dicapai adalah 76 km/jam. Pada saat mencapai garis finish, komputer pada mobil masih menunjukan 5 km sisa jarak yang dapat ditempuh dari baterai yang digunakan sepanjang perlombaan tanpa diisi ulang sama sekali.

Spesifikasi

Secara umum spesifikasi Peugeot e-208 versi massal sangat menarik. Ia diperkuat baterai 50kW yang digaransi selama 8 tahun atau 160 ribu km. Daya tempuhnya untuk sekali isi baterai penuh adalah 340 km.

Sebagai penggerak digunakan motor elektrik berkekuatan 100 kW dan 260 Nm. Cukup untuk membawa mobil ini berlari dari posisi diam menuju 100 km/jam dalam waktu 8,1 detik. Peugeot menyediakan charger 7,4 kW untuk mengisi baterai selama 5 jam. Jika ingin lebih cepat ada CSS DC 100 kW yang bisa mengisi 80% dalam 30 menit.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...