Beranda Community Perhatikan Hal Ini Jika Ada Decitan Pada V-Belt Mobil Anda

Perhatikan Hal Ini Jika Ada Decitan Pada V-Belt Mobil Anda

JAKARTA, 27 Desember 2016 – Banyak orang yang masih menggunakan mobil lawas alias dibuat di bawah tahun 2010 sebagai tunggangan sehari harinya. Tentu dengan bertambahnya umur mobil akan turut berkurang juga kemampuan dari part-part yang tertanam di dalamnya.

Sama seperti belt yang menghubungkan antara mesin dan beberapa part penunjang lain seperti dinamo start, alternator hingga kompressor AC. Anda pun tak jarang sering mendengar decitan v-belt ketika baru menyalakan mobil.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika mendengar decitan tersebut. Pemeriksa ketegangan V-beltnya dalam kondisi kendor atau kencang dengan menekan dengan tangan bagian atas v-belt. Kalau ditemukan kendor lakukan penyetelan ulang karena v-belt atau tali kipas yang kendor bisa menyebabkan bunyi mendecit.

Jika masih bunyi coba periksa pulley tempat berputarnya belt. Periksa kondisinya, jika sudah licin dapat menimbulkan bunyi juga.

Setelah langkah langkah di atas sudah dilakukan tapi masih terdengar bunyi maka v-belt harus diganti. Jika mobilnya diproduksi diatas tahun 2010 dan belum pernah ganti belt, tak menutup kemungkinan belt tersebut sudah mengeras dan sudah tidak lentur lagi. Belt yang mengeras juga bisa menimbulkan bunyi decitan ketika pertama kali menyalakan mobil.

TITO LISTYADI

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza