Pengembangan Daihatsu Terios Di Indonesia Dari Masa Ke Masa

Daihatsu Terios 2006

JAKARTA, Carvaganza – Terios adalah salah satu model Daihatsu yang laris di pasar nasional. SUV kompak ini menjadi andalan pabrikan mobil tertua di Jepang di pasar Indonesia, yang punya kembaran Toyota Rush. Sama halnya dengan Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia.

Daihatsu Terios lahir pertama kali di Indonesia akhir 2006. SUV kompak ini lahir setelah Daihatsu ‘menuntaskan’ pemasaran Daihatsu Taruna. Meskipun tidak ada kata resmi dari pabrikan bahwa Terios menjadi penerus Taruna, eksistensinya di pasaran menjadi sebuah fakta yang tidak terbantahkan. Dan kehadiran Terios yang dikembarkan dengan Rush, memperkuat sukses duet sebelumnya antara kedua pabrikan yang telah bersinegeri itu.

Rancangan Daihatsu Terios mengadopsi model Daihatsu Be-Go yang dirilis di Jepang lebih dulu. Kendaraan itu sudah dieskpor ke negara-negara Eropa, Timur Tengah, Amerika Selatan hingga Asia. Namun secara dimensi, bodinya lebih panjang 14 cm dan kapasitasnya lebih banyak, yaitu 7 penumpang (tiga baris).

Daihatsu Terios

Generasi Pertama

Meskipun mengadopsi rancangan Be-go, low SUV ini dirancang sesuai dengan kondisi pasar di Indonesia. Yakni dengan memperbesar dimensi bodi dan kapasitas penumpang dari 5, menjadi tujuh khusus untuk pasar Indonesia. Makanya kabin menjadi lebih lega sehingga dianggap lebih ideal untuk keluarga.

Untuk jantung pacu, Terios generasi pertama mengadopsi mesin 4 silinder segaris 1.5 liter. Dan kubikasi dapur pacu ini tidak berubah sampai dengan Daihatsu Terios 2021. Menghasilkan tenaga 109 Ps pada 6000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.400 rpm. Berkat teknologi Electronic Fuel Injection, pemakaian bahan bakar Daihatsu Terios generasi pertama sudah efisien dan irit.

Waktu itu, Terios dipasarkan dalam tiga varian, yaitu TS, TX A/T, dan TX M/T. Tapi masih ada lagi, varian TS dipisahkan menjadi Standar dan Standar plus Extra. Kemudian varian TX dipilah lagi menjadi Standar, Elegant, dan Adventure yang masih dibagi dalam pilihan transmisi manual dan otomatis.

Daihatsu Terios

New Daihatsu Terios 2010

Pada tahun 2010, Daihatsu melakukan penyempurnaan dengan menghadirkan New Daihatsu Terios. Hal yang paling membedakan dari Terios yang sebelumnya adalah desainnya dibikin lebih stylish dan adventure. Sentuhan desain baru pada front grille dan bumper depan dibuat lebih kokoh dan aerodinamis. Bumper belakang mendapat penyempurnaan desain, dengan reflector yang lebih terag dan lampu belakang dengan tipe clear lens.

Interior dibuat lebih sporty dan fitur mendapat penambahan. Dashboard didesain lebih mewah dengan integrated head unit yang menyatu dengan center meter cluster. Ditambah dengan tombol audio pada setir sampai Electronic Power Steering (EPS).

Kursi pengemudi dapat diatur posisi dan ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh, serta pengaplikasian fitur 1-touch tumble, sehingga akses keluar masuk penumpang baris ketiga jadi lebih mudah. Sentuhan pembenahan juga merambah pada suspensi dengan menyempurnakan karakteristik coil spring serta shock absorbernya sehingga penumpang menjadi lebih nyaman.

Daihatsu New Terios 2013

Pada model ini, Daihatsu menambah fitur keamanan mulai dari pretensioner and force limiter seat belt, dual airbag, sandaran kepala dan seat belt untuk 7 penumpangnya. Pun menyematkan AC double blower dan cabin air filter.

Khusus tipe TX A/T dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) yang memungkinkan pengemudi mengendalikan kendaraan meski dalam kondisi pengereman mendadak.Penyegaran di sisi eksterior Daihatsu new Terios yang turut dirombak dengan perubahan pada front dan rear bumper guard, over fender dan side stone guard. Sementara pada edisi tertinggi TX telah dilengkapi rear spoiler, spare wheel cover, dan spion retractable.

Daihatsu Terios

New Daihatsu Terios 2015

Dua tahun ini menjadi tahun penting bagi pengembangan Daihatsu Terios. Pabrikan melakukan penyempurnaan pada eksterior dan interior. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen. New Terios tersedia daam varian manual dan otomatis dengan lima pilihan warna.

Lampu utama depan mendapat ubahan dengan teknologi LED. Begitu juga bagian belakang. Tersemat pula fitur Window Jam Protection yang berfungsi dapat melindungi risiko pengemudi agar tidak terjepit kaca pintu mobil. Juga mendapat penambahan immobilizer untuk meminimalisir resiko pencurian kendaraan. Untuk meningkatkan keselamatan, diadopsi Side Impact Beam, batangan baja yang tertanam di bagian samping mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan yang berasal dari samping.

All New Daihatsu Terios 2018

Di penghujung 2017, Daihatsu meluncurkan Terios generasi terbaru, generasi kedua. Bentuknya berubah total tanpa ban serep di belakang. Atau SUV enthusiast menyebutnya Terios Tanpa Konde, karena ban serep di belakang pada Terios sebelumnya disebut mirip dengan konde.

Desain fascia dan bodi seluruhnya mengalami perombakan. Dibuat lebih sporty dan mewah dengan ubahan pada grille dan bumper. Bagian belakang pun disempurnakan. Antena radio pun mengadopsi model shark fin (sirip hiu) sehingga terlihat lebih modern.

Fitur keselamatan mendapatkan penambahan berupa Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) pada varian tertinggi. Daihatsu Terios generasi kedua ini juga dibekali mesin generasi baru yaitu 2NR-VE 1.500. Mesin itu dikenal irit, namun tetap memiliki performa yang optimal.

Daihatsu Terios Generasi kedua

Daihatsu Terios facelift 2021

Astra Daihatsu Motor (ADM) pada 21 September, melakukan pembaharuan pada Terios. SUV yang menjadi pensuplai model terlaris ketiga bagi pabrikan ini, memberikan upgrade fitur untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Terdapat penambahan tiga fitur untuk semua tipe Terios. 

Yang pertama adalah menambahkan fitur Eco Idle yang berfungsi mendukung keramahan lingkungan dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Fitur ini akan secara otomatis mematikan mesin pada saat kondisi idle di tengah perjalanan. Misalnya di tengah kemacetan atau ketika berhenti di lampu merah.

Fitur kedua dan ketiga yang ditambahkan adalah fitur untuk meningkatkan keselamatan. Yakni fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi mencegah terjadinya gejala understeer dan oversteer ketika mobil bermanuver. Selain itu mengadopsi Hill-Start Assist (HSA) yang berfungsi menahan mobil agar tidak meluncur ketika berhenti di tanjakan. Fitur akan menahan mobil selama beberapa detik. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: daihatsu.co.id, mobil88.astra.co.id. Foto: Ragam sumber

Baca juga:  New Daihatsu Terios Dapat Penyempurnaan, Punya Fitur Baru dan Semakin Kekinian

Pelajari lebih lanjut tentang Daihatsu Terios

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Terios
  • Tampak samping Terios
  • Tampak belakang serong Terios
  • Tampak Depan Daihatsu Terios
  • Tampak belakang Terios
  • Tampak Grille Terios
  • Fog lamp depan Terios
  • Lampu depan Terios
  • lampu belakang Terios
  • Daihatsu Terios Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Terios
  • Tampak belakang Terios
  • Tampak kanan Daihatsu Terios
Daihatsu Terios
Rp 205,1 - Rp 255,6 Juta Cicilan mulai dari : Rp 4,68 Juta

Mobil Daihatsu Lainnya

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Daihatsu Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya