Beranda New Cars Penerus Nissan 370Z akan Meluncur Setahun Lagi

Penerus Nissan 370Z akan Meluncur Setahun Lagi

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Generasi penerus Nissan Fairlady Z semakin mendekati kenyataan untuk hadir menggantikan 370Z. Bahkan, diprediksi peluncurannya akan terjadi dalam waktu satu tahun ke depan ke hadapan dunia.

Sebelumnya pihak Nissan telah menyatakan tidak membantah akan dibuatnya Fairlady generasi terbaru,yang digadang akan bernama 400Z. mobil ini akhirnya akan menyudahi penantian panjang penggemar Fairlady, menyusul ketidak jelasan nasib dari 370Z belakangan ini.

Menurut Autocar, Nissan baru-baru ini telah mendaftarkan paten desain logo Z baru, bersamaan dengan desain logo Nissan baru juga. Logo Z versi baru mengadopsi elemen desain dari logo versi awal, yang dulu terpasang pada Datsun 240Z, 260Z dan 280Z.

Bukan hanya logo, bahkan sejumlah pejabat dealer Nissan di Amerika Serikat telah mendapat preview soal wujud calon 400Z tersebut. Diyakini, desain baru Fairlady akan banyak terinspirasi dari 240Z yang mengawali eksistensi sportscar Jepang kompak ini. Amerika Serikat sendiri menjadi pasar terbesar dari model ini.

Selain desain, 400Z juga diyakini akan mengalami ubahan signifikan untuk bagian interior yang menjadi lebih modern. Selain sistem infotainment terkini, Nissan disebut akan membekalinya dengan serangkaian teknologi driver assistance canggih.

Pengembangan Infiniti

Meski belum terungkap informasi soal spesifikasi dan basis dari calon Fairlady Z terbaru, Autocar memprediksi bahwa Nissan akan memanfaatkan keunggulan dari Infiniti. Di antara transfer teknologi dari sub-merek mewah Nissan itu adalah platform dan mesin yang akan dipakai.

Mengingat volume pasarnya yang tidak akan besar, 400Z kemungkinan kecil akan dibangun memakai platform pengembangan yang benar-benar baru. Skenario potensial adalah Nissan memanfaatkan platform dari model Infiniti Q50 dan Q60 untuk menjadi basis 400Z.

Begitu juga dengan powertrain, yang kemungkinan besar mangadopsi mesin V6 3.0 liter twin-turbo. Mesin ini akan disetel untuk menghasilkan tenaga 400 hp, menyesuaikan nama 400Z. performa akselerasi 0-100 km/jam disebut akan lebih baik daripada Q50, yaitu lebih singkat dari 5 detik.

Nissan sebelumnya pernah bereksperimen dengan mesin ini, dipasangkan pada chassis 370Z serta transmisi manual. Hasil modifikasi ini dipamerkan saat SEMA 2018 berlangsung.

Nissan 370Z

370Z modifikasi di atas seolah menunjukkan potensi spesifikasi 400Z nantinya, yaitu dengan memiliki opsi transmisi manual. Tujuannya adalah Nissan ingin mengincar target konsumen antusias mobil sport, yang menggemari Fairlady Z sejak lama.

Jika benar, maka 400Z akan menjadi pilihan yang lebih menarik daripada calon rivalnya, Toyota GR Supra dan Alpine A110. Kedua sportscar tersebut saat ini tidak memiliki opsi transmisi manual.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...