Beranda Features Pabrikan Supercars dan Premium Terbaru Yang Ikut-Ikutan Produksi SUV (Bagian 2)

Pabrikan Supercars dan Premium Terbaru Yang Ikut-Ikutan Produksi SUV (Bagian 2)

Foto" www.carmagazine.co.uk

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah Ferrari dan Lotus yang terkenal sebagai supercar purist memproduksi SUV, Bugatti ikutan membuat berita ingin membangun SUV. Pasalnya, member grup Volkswagen ini lebih dikenal sebagai produsen hypercar dan pemecah rekor kecepatan untuk road-car. Aston Martin juga begitu, membuat tonggak sejarah dengan memproduksi SUV.

Jadi kini, hampir semua produsen mobil supercars dan premium/ultra premium bermain di SUV/crossover. Pasar semakin gemuk, meskipun masing-masing manufaktur punya segmen tertentu.

Aston Martin DBX
Kehadiran DBX menjadi momen monumental bagi sejarah pabrikan. Model tersebut adalah yang pertama bagi Aston Martin sekaligus menandai masuknya manufaktur ke segmen model keluarga premium. Brand sangat identik dengan James Bond sehingga seperti menjadi mobil wajib film agen rahasia Inggris itu.

Sebagai model SUV pertama, DBX adalah kendaraan totally new. Dibangun dengan platform eksklusif yang baru, tapi powertrainnya berbagi dengan model sportscar. Mesin yang dipakai sama dengan DB11 dan Vantage, V8 4.0 liter, menghasilkan tenaga 542 hp dan torsi 700 Nm. Mesin ini disuplai oleh Mercedes-AMG, begitu juga dengan transmisi otomatis 9 percepatan. Pabrikan mengklaim SUV premium tersebut memiliki kemampuan sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 4,3 detik dan top speed sampai 291 km/jam.

Foto: netcarshow.com

Ia diposisikan untuk menyaingi Bentley Bentayga dan Lamborghini Urus sehingga diselimuti oleh ragam kemewahan setanding. Untuk urusan powertrain sendiri, manufaktur kabarnya sedang mempertimbangkan untuk melengkapi versi hybrid dan elektrik. Kemungkinan besar yang lebih dulu dirilis adalah versi hybrid, dan kemungkinan akan dipasok juga oleh Mercedes.

Pada dasarnya DBX direkayasa sebagai kendaraan penggerak roda belakang namun jika ban belakang mengalami slip, maka transfer case tengah akan mengirim torsi as roda depan sehingga traksi tetap didapat. Selain itu juga dilengkapi dengan limited-slip rear differential. Adaptive damper dan suspensi udara menjadi peranti standar.

Tombol pengaturan di kabin kebanyakan mirip dengan keluarga Aston lainnya. Interior dilapisi kulit halus berkualitas. Pada headliner terdapat kombinasi aksen logam dan kayu dengan faux-suede. Jok depan dan belakang sudah berpemanas, pengaturan AC empat zona, serta pengaturan secara digital.

Kabarnya, Aston sedang mempersiapkan DBX versi 7 penumpang untuk memenuhi pasar keluarga premium. Manufaktur juga berniat merilis versi performance untuk memenuhi permintaan pasar niche.

Bugatti SUV
Bugatti membuat SUV? Itu kabar yang cukup menggemparkan pada awal 2019 lalu. Manufaktur milik grup Volkswagen ini lebih dikenal sebagai produsen hypercar dan pemecah rekor kecepatan untuk road car. Makanya ketika ada kabar ingin membuat SUV/crossover, orang bertanya-tanya mau apa lagi sih Bugatti?

Kenapa Bugatti tidak fokus pada core bisnisnya saja seperti yang sekarang dilakoni. Ngapain ikut-ikutan masuk ke segmen SUV yang sudah cukup gemuk di klasifikasi pasar premium? Ya apalagi kalau bukan memang pasarnya atraktif. Trendnya juga sedang mengarah ke situ.

Kendaraan tersebut bakal dirilis pada tahun 2022 nanti. Masih lama, tapi menarik untuk disimak. Kalau jadi, kemungkinan besar Bugatti SUV bakal menjadi SUV termahal sepanjang sejarah. Sejumlah kalangan meramalkan, banderol harganya dimulai dari kisaran US$ 1 juta, tapi sepertinya tak akan mengalahkan Chiron.

Belum banyak detail spesifikasi yang bisa diketahui. Baik mesin, layout kabin maupun fitur yang dipakai. Powertrain dan drivetrain kemungkinan akan mengadopsi model Bugatti yang sudah ada, tapi platform betul-betul baru. Jumlah unit yang diproduksi diramalkan akan dibatasi hanya 800 unit saja untuk pasar mancanegara.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SUV Morris Garage HS Meluncur, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar mobil SUV monokok medium di Indonesia semakin ramai. Pada hari ini, Kamis (13/8) telah meluncur SUV Morris Garage (MG) HS...

Tips Angkut Sepeda A la Pereli Nasional Rifat Sungkar

JAKARTA, Carvaganza.com – Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi kalau bersepeda di daerah pedesaan di antara pepohonan teh dan pinus. Udara segar dapat membuat...

Buka Outlet Ke-15, Dokter Mobil Berikan Service Cuci AC Mobil Gratis

JAKARTA, Carvaganza – Bengkel spesialis AC dan Tune Up, Dokter Mobil, terus mengembangkan jaringannya. Setelah sukses membuka belasan outlet bengkel di wilayah Jadetabek, Surabaya...

Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

MUNICH, Carvaganza.com – BMW memberikan kejutan pekan ini, dengan tanpa aba-aba merilis teaser untuk varian ekstra calon M3 terbaru. Melalui satu buah unggahan, M3...

Bentley Bentayga Speed 2021 Disegarkan, Masih Menyandang SUV Terkencang

CREWE, Carvaganza.com - Melalui Bentayga Speed 2021, Bentley ingin menerjemahkan arti mewah dan kencang dalam sebuah SUV. Model terbaru sebagai edisi penyegaran, sekaligus tetap...