OTO Group Gelar Exclusive Drive Thru Swab Test Sars-Cov-2 With Communities

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi virus Covid-19 masih merajalela di dunia, terutama di Indonesia. Virus ini pun masih belum diketahui gejalanya secara pasti. Bahkan, masih banyak korban akibat virus Covid-19 tanpa gejala apapun. Oleh karena itu, OTO group bekerjasama dengan Diagnos Laboratorium menggelar ‘Exclusive Drive Thru Swab Test Sars-Cov-2 With Communities’.

Komunitas yang hadir pada acara Exclusive Drive Thru Swab Test Sars-Cov-2 With Communities ini juga tidak banyak. Sesuai temanya, ekslusif. Komunitas roda empat yang hadir adalah Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Sedangkan untuk komunitas roda dua adalah para pecinta motor Triumph yang tergabung dalam Riders Association of Triumph (RAT) Indonesia. Kedatangan mereka pun dibagi menjadi dua sesi dengan jumlah orang yang terbatas.

"Acara ini digelar untuk mensosialisasikan pentingnya melakukan swab test rutin selama pandemi. Terutama pada saat sebelum dan sesudah melakukan perjalanan ke luar kota, atau mengunjungi tempat2 yang ramai," kata Group Editor In Chief & Publisher OTO media Group, Munawar Chalil, Minggu, 11 Januari 2021, di Daima Noorwood Hotel, Menteng, Jakarta Pusat.

Ditambahkan olehnya swab test ini perlu dilakukan untuk para anggota komunitas, mengingat mereka sering melakukan perjalanan ke luar kota. “Sengaja dibikin bersama komunitas otomotif karena mereka sering traveling atau touring,” tambah MC, sapaan akrab Munawar Chalil.

OTO Group Swab

Komunitas Roda Dua

Para member Riders Association of Triumph (RAT) Indonesia hadir lebih awal di Daiman Noorwood Hotel, Menteng, Jakarta Pusat. Sesampainya di lokasi para member juga tidak langsung diizinkan naik. Melainkan, ada protokol kesehatan dahulu di lantai dasar. Diwajibkan untuk mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh. Setelah sesuai dengan syarat protocol Kesehatan, baru naik ke Daima Garden Stay.

Peserta juga diwajibkan melakukan registrasi yang dilakukan secara online. Registrasi ini untuk mengetahui Riwayat peserta yang hadir dan pendaftaran Swab Test. Sambil menikmati indahnya langit di pagi hari, peserta RAT ini diberikan informasi lengkap mengenai Covid-19 hingga tata cara protokol kesehatan. Bahkan, mereka juga diinformasikan mekanisme Swab Test oleh Diagnos Laboratorium.

RAT Indonesia

"Peserta melakukan pembayaran dan mendapat kode booking untuk jadwal pengambilan sample. Setelah itu, peserta menyerahkan isian form PE yang sudah diisi secara online kepada petugas. Kemudian peserta tinggal menunggu hasilnya diinformasi melalui whatsapp," ujar dr. Riky Tjahjadi, Sp.PK selaku Manager Medis di Diagnos Laboratorium.

Dijelaskan juga olehnya perbedaan antara Rapid Test Antigen dan Swab PCR Test. “Rapid Test Antigen digunakan untuk mendeteksi protein spesifik dari virus tersebut dari dalam tubuh seseorang. Peserta sudah bisa mendapatkan hasil kurang lebih 3 jam. Sedangkan Swab PCR Test mendeteksi materi genetic berupa RNA Virus SARS-Cov-2. Hasil akan diterima pasien antara 1-2 hari,” tambahnya.

OTO Group Swab

Setelah usai berbincang, peserta diarahkan menuju lokasi Drive Thru Swab Test. Satu per satu riders mendekati tim medis yang sudah siap melakukan Swab test. Peserta tidak perlu menunggu lama di lokasi agar tidak terpapar virus dari yang lain. Mereka membubarkan diri dan tetap menjaga protocol Kesehatan lengkap. Hasil Swab test pun langsung diinformasikan kepada peserta melalui pesan singkat dan kiriman surel.

Salah satu riders RAT Indonesia sempat memberikan tanggapan untuk penyelenggaraan acara ini. “Acara ini sangat baik untuk kita saling menjaga antara rider satu sama lain. Karena rasa khawatir akan terpapar virus COVID-19. Hal ini juga demi keselamatan dan kesehatan bersama sebelum atau sesudah touring. Sehingga rider tidak membawa virus ke daerah tujuan dan tidak membawa balik virus juga ke rumah masing-masing,” papar Trisno Budilaksana salah satu member RAT Indonesia.

OTO Group Swab

Komunitas Roda Empat

Pada sesi berikutnya, lokasi acara mulai dibersihkan dan disemprotkan disinfektan oleh tim Daima Noorwood Hotel. Setelah siap, para member Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mulai memasuki area.

Dengan tetap menjalankan protocol Kesehatan, peserta mulai registrasi secara online. Sama seperti sebelumnya, ini dilakukan untuk mengetahui riwayat peserta dan pendaftaran Swab Test. Sambil beramah tamah, peserta mulai melakukan diskusi tentang Covid-19, cara menjaganya hingga mekanisme Swab Test ataupun Rapid Test.

Setelah usai melakukan perbincangan, peserta diarahkan menuju lokasi Drive Thru Swab Test. Sesampainya di lokasi, karena ini roda empat jadi lebih diberi jarak antar kendaraan dan peserta. Pengemudi tidak perlu turun dari kendaraan, namun hanya cukup membuka jendela saja. Tim medis melakukan Swab Test dari luar mobil. Setelah usai, para member PPMKI juga langsung membubarkan diri dan Kembali ke rumah masing-masing. Sambil menunggu pesan singkat untuk hasil Swab Test.

VALDO PRAHARA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda