Beranda Updates Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

Foto: www.zigwheels.com

NEW DELHI, carvaganza.com – Pabrikan Nissan pada hari ini Rabu (21/10) melakukan premiere global Magnite di India. Sekaligus membuka tabir rumor yang berseliweran dalam beberapa bulan terakhir tentang SUV sub-kompak tersebut di negara berpenduduk lebih dari 1 milyar. Di pasar, Magnite bermain di kolam yang sama dengan Kia Sonet, Hyundai Venue, Tata Nexon dan Maruti Suzuki Vitara Brezza.

Jika sukses di India, kemungkinan SUV mungil itu bisa jadi didatangkan ke Indonesia. Pasalnya, Nissan perlu tambahan amunisi di pasar nasional dan bisa mendampingi Kicks yang sudah edar di Indonesia dan secara harga memang di bawahnya.

Dari sisi penampilan SUV mungil ini cukup menarik. Garis desainnya cukup tegas, sarat dengan fitur dan mesin turbo yang cukup mumpuni. Pada waktu diperkenalkan awal tahun ini sebagai mobil konsep, nama yang dipakai tetap sama.

Pabrikan sendiri mengklaim Magnite berada dalam segmen B-SUV. Namanya diambil dari paduan kata ‘magnetic’ dan ‘ignite.’ Didesain secara langsung di Jepang dan khusus dibuat sesuai kebutuhan dan aspirasi konsumen di India.

Baca juga: Nissan Magnite Punya Potensi Bagus Masuk Indonesia

Eksterior

Pada tampak depan, grille besar terpajang diapit oleh lampu depan yang menyipit plus Daytime Running Light. Pada apron bawah terdapat skid plate silver dikombinasikan dengan fog lamp kecil yang terintegrasi dengan bumper. Menurut pabrikan, semua elemen pencahayaan di depan menggunakan teknologi LED dan SUV memiliki ground clearance 205 mm.

Profil Magnite relatif boxy (kotak). Kelirnya mengadopsi aliran two-tone dengan rumah ban yang menonjol. Velg rodanya berdesain menarik dengan setuhan dua warna, dengan kelir hitam yang sangat dominan. Pada bagian samping terlihat garis desain yang tegas membentuk lipatan yang dinamis di bawah pintu dan terdapat sill (rocker panel) yang kuat. Pada bagian samping dekat kaca spion terdapat tulisan ‘Magnite’ yang posisinya sejajar dengan lis jendela.

Baca juga: Jelang Launching, SUV Murah Nissan Magnite Keliaran Tanpa Kamuflase

Menengok bagian belakang, desain lampu belakang sama dengan versi konsepnya, hanya mendapatkan revisi grafis saja. Roof spoiler membuat kendaraan terlihat lebih sporty, plus bumper belakang yang direkayasa secara simpel. Struktur bumper belakang dibuat melengkung berlapis dengan kelir hitam dan abu-abu. Bagian lampu reflektornya dibuat sipit.

Fitur

Bagian dalamnya cukup roomy. Posisi duduknya cukup tinggi (commanding) dengan legroom dan headroom yang lumayan lega. Begitu juga pada jok bagian belakang. Bagasi tergolong lapang untuk mobil di kelasnya dengan kapasitas 336 liter. Cukup untuk mengakomodasi  tiga koper medium dan barang belanjaan.

Dashboard didesain berjenjang dengan lubang AC berbentuk heksagonal di bagian atas. Pada bagian tengah dashboard terdapat head unit layar sentuh 8 inci, lalu di bawahnya terdapat tiga tombol pengaturan AC. Sistem infotainment layar sentuh itu dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Baca juga: 10 Model Nissan Dipasangi Fitur NSS 360 Sebagai Standar

Sudah menggunakan keyless entry dengan sistem tombol start untuk menyalakan mobil. Pada bagian belakang setir terdapat instrument cluster digital berwarna selebar 7 inci dan cruise control.  Dalam hal safety, menawarkan dua airbag, ABS, EBD, Vehicle Dynamic Control, Traction Control, Hill Start Assist dan around view monitor (kamera) 360 derajat.

Bagaimana dengan powertrain yang disandang? Mengandalkan mesin bensin 1.0 liter turbocharge dikombinasikan dengan transmisi manual dan CVT. Hasilan tenaga belum disebutkan oleh pabrikan, tapi diprediksi pada kisaran 100an hp dan torsi puncak 160 Nm. Untuk spek paling rendah bakal memakai mesin bensin naturally aspirated seperti yang dipakai Renault Triber, yakni 1.0 liter dengan produksi tenaga 70 hp.

Sumber: www.zigwheels.com dan www.paultan.org

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...