Nissan Magnite Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 208,8 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Segmen SUV dengan harga terjangkau semakin padat sekarang di Indonesia. Setelah beredar rumor dan teaser, kini resmi Nissan Magnite meluncur di Indonesia jelang berakhirnya tahun 2020. Lewat Magnite, Nissan ingin menawarkan opsi baru kepada para pecinta SUV yang suka menjelajah medan ‘hutan beton’.

All-New Nissan Magnite menyusul debut globalnya di India beberapa waktu lalu, dan kini Indonesia menjadi negara kedua yang resmi memasarakn mobil ini. Selain itu, Magnite juga menjadi produk pertama yang meluncur dibawa rencana transformasi Nissan NEXT di Indonesia. Dirancang langsung di Jepang, Magnite tampilkan kedinamisan dan ketangguhan yang sejalan dengan DNA SUV global Nissan.

Secara desain, ini juga produk pertama Nissan yang menggunakan desain logo baru, dan mengusung mesin 1,0 liter turbo. Magnite menjadi yang pertama di kelasnya mengusung konfigurasi mesin ini, dengan proposisi pengalaman berkendara bertenaga, menyenangkan, dan hemat bahan bakar.

“Berani tampil beda ada dalam DNA Nissan kami. Debut all-new Nissan Magnite di Indonesia menunjukkan komitmen kami untuk menghadirkan produk dan teknologi yang berbeda dan inovatif kepada pelanggan di tanah air,” kata Evensius Go, Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Dengan harga jual mulai Rp 208,8 juta (OTR DKI Jakarta), Magnite punya desain yang berani lewat eksterior yang mengadopsi garis-garis berani. Bisa dilihat dari desain lampu utama yang ramping dan tajam, menyertai grille heksagonal besar sebagai identitasnya. LED DRL tampil menonjol, yang hadir di sisi atas lampu utama, diikuti strip LED berbentuk L di setiap sisi samping bumper depan.

Body cladding hitam mengelilingi seluruh body, dari depan, samping, dan belakang, termasuk pada over fender khas SUV. Body cladding di bagian samping tampil dengan nuansa two tone, dengan insert ala alumunium. Menyertai over fender, terdapat velg alloy 16 inci dengan desain modern dan berkelas untuk Magnite. Karakter desain senada ditunjukkan lampu belakang dengan desain modern, bergaris lebar dan terpisah.

Nissan menyediakan lima opsi warna untuk Magnite. Tiga pilihan untuk warna single tone yaitu Blade Silver, Onyx Black dan Storm White. Sementara dua lainnya dengan nuansa dual tone, yaitu Flare Garnet Red & Onyx Black, dan Pearl White & Onyx Black.

Selain desain atraktif dan modern, Magnite juga mengandalkan sejumlah fitur andalan, mulai dari layar infotainment 8 inci. Sistem infotainment ini sudah mendukung koneksi ke smartphone. Panel instrumen digital 7 inci TFT menyajikan informasi lengkap kepada pengemudi, yang akan menyambut dengan animasi selamat datang setiap starter mesin. Selain itu panel instrument juga terintegrasi dengan Drive Assist Display.

Di bagian setir, sudah tersedia rangkaian tombol pengontrol sejumlah fitur. Selain untuk kontrol audio, sudah tersedia juga tombol untuk mengendalikan cruise control pada Magnite. Tidak banyak SUV di kelas Magnite yang sudah dilengkapi dengan cruise control. Masih soal fitur, Nissan juga punya smart keyless entry yang dilengkapi tombol Start-Stop yang praktis.

Dari sisi keselamatan dan kenyamanan berkendara, Magnite dibekali segudang fitur. Seperti Around View Monitor (AVM) dan Hill Start Assist yang akan memudahkan saat akan bermanuver. Lalu sebagai standar juga masih ada ABS, EBD, Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), juga dual SRS airbag.

Nah untuk mesinnya, Magnite menyimpan tenaga 98 hp dan torsi 160 Nm, di mana mesin HRA) Turbo bawaannya punya teknologi mirror bore cylinder coating. Teknologi tersebut sebelumnya diterapkan pada Nissan GT-R, untuk mengurangi resistensi dalam mesin, mengurangi bobot, dan manajemen panas dan pembakaran lebih baik. Mesin diberikan opsi transmisi manual 5-speed dan X-Tronic SVT andalan Nissan.

Secara keseluruhan, Nissan menawarkan Magnite di Indonesia dengan tiga trim varian. Pertama adalah Magnite Upper MT dengan harga Rp 208,8 juta, lalu Magnite Premium MT dengan Rp 226,3 juta, dan Magnite Premium CVT berlabel Rp 238,8 juta. Harga berlaku untuk periode peluncuran dan dalam kondisi OTR wilayah DKI Jakarta.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda