MODIFIKASI: Nekat, Honda S2000 Dijadiin VW Beetle

CONNECTICUT, Carvaganza – Di dunia modifikasi, kreativitas itu nomor satu. Mau mobil apapun, kalau punya daya kreativitas tinggi, karya yang dihasilkan bisa bikin wow.

Seorang pria di Amerika Serikat tergolong nekat. Ia mengubah mobil sport yang pernah berjaya di masanya, malah menjadi mobil VW Beetle. Mungkin ada yang anggap orang ini kurang kerjaan, eiitss tapi ntar dulu. Coba simak kisahnya.

Garreth Dawson memang car enthusiast sejati. Dia punya beberapa koleksi mobil tua bin klasik yang biasa dipakai harian. Salah satunya adalah Volkswagen Beetle vintage yang sudah cukup lama nganggur di garasi. Dari sini sebuah telpon dari seorang rekannya mengubah nasib sang VW.

Pertemuan Dawson dengan Honda S2000 terjadi secara tidak disengaja. Sebelumnya tak pernah terpikirkan untuk mengawinkan VW Beetle miliknya dengan sport car kecil Honda S2000 yang waktu dibeli masih bisa jalan.

Modifikasi Honda S2000 jadi VW Beetle

“Waktu itu ada teman yang bekerja di perusahaan towing kirim snapchat foto Honda S2000 tahun 2005 ‘nongkrong’ di sebuah bengkel di Connecticut. Langsung otak saya kerja, googling dimensi itu mobil,” ujar Dawson kepada web thedrive.com. Selanjutnya, aku Dawson, Ia mengambil meteran mengukur VW Beetle dan dari situ Ia terus mengumpulkan ragam informasi tentang kedua mobil. Ternyata wheelbase keduanya sama pas, 2400 mm.

Tanpa pikir panjang lagi, Dawson langsung memboyong Honda S2000 itu dengan harga US$ 1000 (sekitar Rp 14 juta). Dawson semakin rajin browsing kedua mobil, sampai ngulik ke desainer dan engineeringnya. Mencari tahu filosofi kedua mobil sehingga diproduksi sedemikian rupa. Tak lupa juga browsing setiap sudut chassis dan dimensi detail. Ia rajin dan tekun nongkrong di depan laptop dan ngobrol teman-temannya di workshop.

Tak pikir panjang lagi, Dawson memotong-motong setiap bagian mobil sendirian agar bisa mendapat apa yang Ia impikan. “Setiap hari Sabtu, saya potong Honda per bagian demi bagian. Setelah dipotong-potong akhirnya tinggal chassis saja dan saya sempat bawa keliling itu mobil yang tinggal chasis doang keliling komplek,” aku Dawson.

Modifikasi Honda S2000 jadi VW Beetle

Biar chassis unibody S2000 pas dengan chassis Beetle, Dawson memotong setiap bagian pinggir S2000 sebanyak 228,6 mm (sekitar 22,8 cm). Sedangkan bagian depan dan belakang dipotong 304,8 mm. Setelah potong memotong, akhirnya bodi Beetle bisa masuk ke chassis Honda.
"Saya hanya butuh waktu dua minggu untuk menjadikan kedua bagian mobil itu menjadi satu paket utuh,” kata Dawson. "Pokoknya, ini pekerjaan besar dan cepat. Mungkin pekerjaan paling cepat yang pernah saya lakukan dalam hidup saya.”

Cuma tak semuanya berjalan lancar. Waktu mengerjakaan proyek modifikasi brutal ini, lahan garasinya kesempitan. Pasalnya, Ia juga punya kerjaan dengan sembilan proyek modifikasi lainnya. Ditambah persoalan komponen yang susah didapat dan telat datang. Misalnya, waktu memesan fender fiberglass yang harusnya datang bulan Mei 2021, ternyata baru datang akhir September kemarin.

PR lain yang cukup rumit yang mesti Ia kerjakan adalah menempatkan komponen radiator Honda di Beetle, karena mobil Jerman itu tidak memakai sistem pendingin air, melainkan pendingin udara. Ia juga mesti mengatur posisi penutup bagasi VW biar aliran udaranya presisi sehingga pendinginan bisa berjalan sempurna. Dawson juga mesti mencocokkan bagian spatbor dengan bodi.

Akhirnya, setelah pekerjaan yang sangat melelahkan dan panjang, bodi Beetle dan chassis serta mesin Honda S2000 bisa disatukan. Penampakannya bisa dilihat langsung di akun instagram @rabbitdroppings. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga:  Modifikasi BMW 518i 1976 Ini Sering Disangka M5 di Jalanan

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya