Beranda Modification Modifikasi, Ketika Nissan Navara Berjantung GT-R 1.000 HP

Modifikasi, Ketika Nissan Navara Berjantung GT-R 1.000 HP

JAKARTA, Carvaganza.com – Jangan pernah tertipu dengan tampilan. Sepertinya itu yang ingin disampaikan SB Motorsport. Rumah modifikasi asal Inggris itu menyembunyikan kemampuan sebuah pick-up, tepatnya Nissan Navara. Yup, di balik tubuhnya double pickupnya, Navara ini menyimpan tenaga luar biasa milik Nissan GT-R. Bahkan, mesinnya pun bakal dikorek habis.

Diberi tajuk Nissan Navara-R, proyek ini keluar dari otak drifter sekaligus founder SB Motorsport, Stephen “Baggsy” Biagioni. Navara yang lazimnya dijadikan kuda pekerja direncanakan mendapat enjin flagship Nissan VR38. Secara tenaga pasti melonjak amat jauh lantaran dalam kondisi standar sudah berada di kisaran 500 hp. Jauh melampaui unit diesel Navara yang bahkan tidak sampai setengahnya.

Unit VR38 ini bakal dioprek lagi sampai berhasil menyemburkan tenaga 1.000 hp. Terbayang kaki-kaki dan sasis sang pikap bakal kelimpungan mengimbangi target fantastis ini. Untuk itu, bukan hanya mesin, sektor suspensi turut dikonversi mengenakan komponen GT-R.

Proyek menantang ini merupakan kebangkitan dari rencana lama – saat awal membangun GT-R yang tak kalah mengesankan. Baggsy memanfaatkan waktu luang dan kekosongan bengkel, karena berbagai kegiatan motorsport ikut ditunda akibat pandemi COVID-19 di Negeri Ratu Elizabeth II tersebut. ”Dengan kegiatan balap yang saat ini sedang ditunda, hal ini menjadi bentuk istirahat kami untuk merealisasikan ide lama,” kata Baggsy dalam situs resmi mereka.

Baca juga: Modifikasi Toyota Fortuner, Off-roader dari Bollywood

Proyek Menantang

Tujuan membuat Navara-R bukanlah melahirkan sebuah mobil kompetisi penuh kegilaan. Mengutip perkataan Baggsy, “Ini akan menjadi campuran menyenangkan antara performa dan kepraktisan.” Ia menambahkan bahwa proyek ini akan menantang keterampilan bengkel. Status Navara-R diusahakan agar tetap legal di jalan raya. Sektor interior bakal dibiarkan standar sebagaimana mobil keluar pabrik.

Urusan utak-atik ini bukan yang pertama dilakukan SB Motorsport. Sebelumnya workshop berbasis di Essex, Britania Raya, sukses menciptakan sebuah monster bernama LSXGTR.

Baca juga: Modifikasi MINI Countryman by X-Raid, Terinspirasi Rally Dakar

Ialah Nissan GT-R berjantung V8 LSX dari General Motors, digadang sebagai GT-R pertama bermesin LS. Ia diciptakan sebagai mobil balap pengukir aspal alias drifting. Melansir Speedhunters, LSXGTR sanggup menghasilkan output sampai 1.200 hp.

Entah apakah Navara ini menggendong mesin orisinal LSXGTR atau bukan. Jika penasaran, SB Motorsport menyiarkan proses pengerjaan Navara-R dalam seri livestream “Mission CTRL: Navara-R” di kanal YouTube BaggsyboyUK. Seri pertama dijadwalkan mengudara pada 10 Juni, akan terus berlangsung setiap Rabu minggu kedua setiap bulannya. Lewat live streaming ini, penonton dapat terlibat untuk menentukan bagaimana wujud akhir Navara-R.

Sumber: Baggsyboy

Baca juga OTO: SB Motorsport Akan Meniupkan Jiwa Nissan GT-R ke Dalam Tubuh Navara

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Sebelum Produksi, Hyundai Elantra N Lahir Sebagai Mobil Balap

NUBURGRING, Carvaganza.com – Hyundai Motorsport akan semakin perkuat barisannya di ajang balap dunia, dengan telah dirilisnya Hyundai Elantra N TCR. Mobil dengan spesifikasi TCR...

Honda Kenalkan Konsep SUV Listrik di Auto China 2020

BEIJING, Carvaganza.com - Honda mulai tunjukkan strategi dalam dunia elektrifikasi. Sebuah konsep SUV listrik bernama e:Concept, tampil di Beijing International Automotive Exhibition (Auto China)...

Ferrari Omologata, Modifikasi 812 Bernuansa GT Klasik dan Sci-Fi

MARANELLO, Carvaganza.com – Model grand torurer V12 Ferrari bisa dibilang sangat populer di kalangan para fanatiknya di dunia. Apalagi, seperti 812 Superfast saat ini...

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....