Beranda Community Mobil Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

Mobil Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

Foto: demystifyinsurance.com

JAKARTA, 26 Februari 2017 — Banjir masih akan terus menghantui pemilik kendaraan bermotor di Jakarta. Potensi kendaraan rusak pun akan meningkat. Apalagi jika kendaraan kena “sial” hingga terendam banjir, baik pada saat dikendarai atau tidak.

Salah satu komponen yang dapat dipastikan terkena imbas jika kendaraan terendam, dalam hal ini mobil, adalah ECU (engine control unit). Apalagi jika tinggi rendaman mencapai bagian mesin, sebagaimana yang fotonya pernah viral dulu.

ECU adalah komponen penting. Awam menyebut bagian ini sebagai `otaknya` mobil, karena komponen ini yang mengendalikan fungsi penting seperti jumlah injeksi bensin.

“Kalau mobil tergenang hingga setengahnya, bisa dipastikan ECU terendam. Apalagi untuk Honda, posisi ECU di dalam kap, persis di atas ban,” ujar Ubaidillah Azam, Service Advisor Honda Arista Depok, kepada Liputan6.com, beberapa waktu yang lalu.

Selain ECU, sistem kelistrikan juga berpotensi rusak jika mobil sampai terendam. Lantas, apa yang harus dilakukan jika ini terjadi?

Menurut Azam, cara paling aman adalah tidak menyalakan mobil terlebih dulu. “Patokannya kalau filter udara basah, maka jangan di-starter,” terangnya.

Setelah itu, Azam menyarankan segera menyerahkan mobil ke bengkel. Sebab persoalan terendam banjir adalah masalah yang cukup serius. Di bengkel resmi, ujar Azam, mobil apa diperlakukan sebagaimana yang terdapat pada SOP.

“Di bengkel kami pertama-tama akan cek ECU, lalu kemudian modul power steering, dan ABS. Setelah kering, baru pasang aki dan mobil akan coba dinyalakan,” tutupnya.

TITO LISTYADI

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ini Dia, Station Wagon Bertenaga Listrik Pertama Di Dunia

JAKARTA, Caravaganza.com – Station wagon salah satu jenis kendaraan yang sangat populer di Eropa. Tapi sudah lama Volkswagen tak memajang mobil jenis ini di...

Besok, Lexus Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Lexus siap menyambut era barunya di Indonesia, untuk akan masuk ke segmen elektrifikasi. Model full electric akan diluncurkan oleh Lexus di...

Wuling Almaz Limited Edition, Ada Fitur Khusus dan Dijual Hanya 100 Unit

JAKARTA, Carvaganza -- Menjelang penutup tahun, Wulig Motors menghadirkan satu produk anyar. Memang bukan model baru, namun edisi terbatas SUV pertamanya, yaitu Almaz Limited...

Meredes-Benz S-Class Terbaru Bisa Cari Parkir Sendiri Dan Jemput Pemiliknya Di Bandara

JAKARTA, Carvaganza.com – Teknologi mobil semakin canggih saja. Sekarang ini banyak produsen mobil yang sedang asyik mengembangkan teknologi otonom. Pengendara tinggal duduk santai di...

Dalam 8 Bulan, Suzuki XL7 Kuasai 12 Persen Segmen Medium SUV

JAKARTA, Carvaganza -- SUV Suzuki XL7 memang baru diluncurkan Februari 2020 lalu. Namun selama 8 bulan ia terus berkontribusi positif, baik dalam penjualan nasional...