Mobil Listrik Kemahalan? Daftar Mobil Hybrid Ini Bisa Dilirik Ikut Tren Elektrifikasi

Peugeot 308

JAKARTA, Carvaganza - Perkembangan pasar kendaraan elektrifikasi kian pesat di Indonesia belakangan ini. Selain karena para pabrikan berlomba-lomba hadirkan produk terbaiknya, pemerintah juga sedang ingin konversi armada wakil rakyat ke mobil ramah lingkungan.

Namun, kendaraan listrik dan juga teknologi yang ditawarkan bisa dikatakan sebuah teknologi yang terhitung mahal untuk saat ini. Beberapa model yang menawarkan jarak tempuh lebih dari 350 kilometer ada di rentang harga sekitar Rp 600 jutaan ke atas. Plus, tantangan kendaraan listrik saat ini ada pada infrastruktur pengisian daya yang saat ini masih terbatas.

Padahal ada satu model kendaraan yang juga menawarkan efisiensi bahan bakar, serta pengalaman berkendara layaknya kendaraan listrik. Segmen ini pun oleh beberapa merek dikatakan model elektrifikasi, untuk tidak ketinggalan dengan gaung kendaraan berbau listrik. Yak, segmen kendaraan hybrid alias dengan teknologi gabungan baterai dan mesin konvensional. Segmen ini memang seperti tidak dilirik dalam rencana mobilitas masa depan, namun teknologi ini sudah terbukti juga memberikan kelebihan dalam hal konsumsi bahan bakar juga kemudahan mobilitas di tengah minimnya infrastruktur pengisian daya.

Berikut ini adalah daftar terbaru model hybrid dan harga per September 2022:

Toyota Camry Hyrbid

Camry Hybrid

Jenama Toyota menjadi salah satu produsen yang identik dengan produk hybrid. Salah satunya Camry, sedan yang menjadi salah satu model pertama yang mendapatkan opsi dua mesin. Hadir dengan beragam teknologi, sebut saja platform TNGA, 7 airbag, Toyota Safety Sense, serta fitur T intouch untuk kenyamanan kepemilikan. Menggunakan mesin 2.487 cc, model ini menghasilkan tenaga 178 hp dan torsi 220 Nm dari mesin konvensionalnya. Bantuan motor listrik memberikan tenaga hingga 20,6 hp yang membuat akselerasi cukup spontan. Camry hybrid cukup banyak peminatnya. Catatan data wholesale Gaikindo memperlihatkan sejak Januari hingga Agustus sudah terjual 210 unit dengan penjualan di Agustus sebanyak 15 unit. Model Hybrid ditawarkan dalam satu varian dan dibanderol Rp 844.100.000.

Baca Juga: Meski Sudah Diskontinyu, Korlantas Pilih Hyudai Ioniq Jadi Armada G20

Toyota Corolla Cross

Corolla Cross Hybrid

Model berikutnya adalah Corolla Cross Hybrid. Ini merupakan salah satu model hybrid dengan harga kompetitif dari Toyota dan menyasar segmen SUV crossover yang tengah meningkat pamornya. Beberapa tawaran teknologi pada model ini antara lain platform TNGA, mode berkendara, VSC dan HSA serta pengalaman kepemilikan mudah lewat fitur T-intouch. Model ini menjadi satu-satunya model Hybrid Toyota yang belum mendapatkan fitur Toyota Safety Sense. Corolla Cross menggunakan mesin 1.798 cc yang menghasilkan tenaga 98 hp dan torsi 142 Nm dari mesin konvensionalnya. Motor listriknya menambah tenaga sebesar 72 hp dan torsi 162 Nm. Soal data penjualan, wholesale sampai Agustus 2022 model ini terjual sebanyak 759 unit dengan capaian 48 unit di bulan Agustus. Soal varian, model ini ditawarkan dalam satu pilihan dengan banderol Rp 535.300.000.

Toyota Corolla Altis Hybrid

Corolla Altis Hybrid

Kembali ke model sedan, kini dari Corolla Altis. Kehadiran model hybrid ini menambah pilihan setelah sebelumnya hanya ada Camry di segmen hybrid. Fiturnya termasuk menyamai kakaknya Camry. Altis Hybrid menghadirkan platform TNGA, mode berkendara, fitur Toyota Safety Sense terbaru serta T-intouch untuk kenyamanan kepemilikan. Soal performa, Altis hybrid menggunakan mesin 1.798 cc yang menghasilkan tenaga 98 hp dan torsi 142 Nm mirip seperti Corolla Cross. Motor listriknya menghasilkan torsi sebesar 162 Nm dengan tenaga 72 hp. Soal data jualan, hingga Agustus wholesale produk ini sebanyak 130 Nm dengan capaian 22 unit di bulan Agustus. Model ini ditawarkan dalam satu pilihan dengan banderol tidak berbeda juah dari Corolla Cross hybrid yakni Rp 545.00.000.

Toyota C-HR Hybrid TSS

Baca Juga: Sambut Toyota Innova Hybrid, Dealer Sudah Buka Pemesanan

C-HR Hybrid

Ini model crossover dengan pilihan teknologi hybrid. Bentuknya terlihat futuristik dengan beberapa fitur canggih, seperti Toyota Safety Sense, T-in touch, mode berkendara EV, serta spek emisi mesin Euro5. Soal performa C-HR hybrid menggunakan mesin yang sama dengan Corolla Cross dan Altis yakni 1.798 cc dengan tenaga 98 hp dan torsi 142 Nm dari mesin konvensionalnya. Tambahan tenaga hadir dari motor listrik sebesar 72 hp. Soal jualan, model ini secara wholesale hingga Agustus 2022 terjual sebanyak 46 unit. Statusnya dalam daftar harga Toyota menjadi spot order, sehingga bagi peminat model ini sepertinya sedikit menunggu lebih lama untuk mendapatkan barang hingga ke garasinya. 

Untuk harga, New C-HR Hybrid terbagi dalam dua varian yaitu Non Premium Color *spot order Rp 583.000.000, dan Premium color *spot order Rp584.500.000.

Nissan Kicks e-Power

Kicks e-Power VL

Produk dari Nissan ini menjadi salah satu produk hybrid yang menarik dilirik. Pasalnya, motor penggerak yang digunakan murni motor listrik. Namun berbeda dengan kemampuan listrik terbatas, mesin konvensional dihadirkan untuk membuat jarak tempuhnya lebih jauh. Jadi sensasinya mobil listrik dengan tawaran mesin konvensional. Fitur keselamatannya terbilang lengkap, terdapat pengereman standar ABS, EBD dan BA,  vehicle dynamic control, hill start assist, serta Nissan Intelligent Mobility. Teknologi terakhir ini terdiri dari blind spot warning, rear cross traffic alert, adaptive cruise control, forward collision warning, kamera 360 derajat serta one pedal operation khas mobil listrik. Performanya hadir dari mesin 1.198 cc dengan tenaga 129 hp dan torsi 260 Nm. Soal penjualan, wholesale hingga Agustus 2022 sebanyak 344 unit. Cukup menarik untuk penjualan produk Nissan. Model ini ditawarkan dalam satu pilihan varian dengan harga Rp 482.800.000.

Lexus NX

Lexus

Bagi yang menginginkan sentuhan premium pada produk hybridnya, maka wajib melirik Lexus. Lewat beberapa model dengan kode h di belakangnya, Lexus menawarkan pilihan lengkap untuk calon konsumen hybrid. Sebut saja di model SUV ada UX 250h F Sport, UX 250h, NX 350h Luxury, NX 350h F Sport. Ada juga model sedan lewat model LS 500h Executive dan ES 300h Ultra Luxury. Model sedan hybrid ES 300h bahkan sudah terjual sekitar 146 unit hingga Agustus 2022. Sedan ini mengusung mesin 2.487 cc dengan tenaga maksimal 215 hp dengan torsi 202 Nm. Selain itu fiturnya termasuk lengkap mulai dari keselamatan dan pengamanan. Banderolnya mulai Rp 1 miliar sampai dengan Rp 3 miliar.

Suzuki Ertiga Hybrid

Ertiga Hybrid

Benar, model ini masuk dalam daftar hybrid di Indonesia saat ini. Meski bila dibandingkan dengan model-model di atas, status teknologi hybrid Ertiga bisa dibilang tidak terlalu canggih. Namun ini menjadi produk hybrid dengan banderol harga paling kompetitif dan tidak ada salahnya bagi konsumen yang ingin menjajal sensasi memiliki kendaraan hybrid. Performanya hadir dari mesin K15B dengan bantuan Integrated Starter Generator dan baterai lithium ion 6 Ah 12 volt yang menghasilkan tenaga 104,7 hp dan torsi 138 Nm. Soal penjualan, sejak diperkenalkan sekitar Mei lalu, sudah terjual sebanyak 3.369 unit secara wholesale sampai pada Agusuts 2022.

Harga Ertiga Hybrid:
ALL NEW ERTIGA HYBRID SS - AT Rp 292.300.000
ALL NEW ERTIGA HYBRID SS - MT Rp 281.300.000
ALL NEW ERTIGA HYBRID GX - AT Rp 281.300.000
ALL NEW ERTIGA HYBRID GX - MT Rp 270.300.000
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: Sebelum Beli, Kenali Lebih Dulu Jenis Mobil Listrik Yang Ada Di Indonesia

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature