Beranda Updates Mitsubishi Xpander, Aman dan Nyaman Serasa di Rumah

Mitsubishi Xpander, Aman dan Nyaman Serasa di Rumah

JAKARTA, Carvaganza — Mencari kendaraan baru kini tak lagi mudah bagi Adi Kumara. Pria yang bekerja di perusahaan periklanan itu punya daftar Panjang persyaratan yang harus dipenuhi dalam mencari mobil. Tak hanya untuk keperluan pribadi, tapi juga bisa mengakomodasi kebutuhan keluarga kecilnya.

Selain digunakan untuk bekerja, ia membutuhkan mobil yang menyediakan fasilitas bagi istri dan putranya yang berusia 2,5 tahun. “Kalau dulu saya suka dengan mobil kecil, misal hatchback, karena lebih simpel dan praktis,” kata dia dalam perbincangan via telpon dengan Carvaganza, Selasa (18/8/2020).

Ia menyebut nama sebuah model hatchback keluaran pabrikan Jepang yang cukup terkenal. Mobil itu sempat ia gunakan selama beberapa tahun. Namun setelah memiliki keluarga, pria yang tinggal di bilangan Bintaro itu, memilih mengganti mobil. “Sekarang saya butuh kendaraan yang lebih besar, kabin luas dan nyaman,” tambah dia.

Apalagi sekarang ada satu syarat baru. Pandemi COVID-19, ia kini harus mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan kabin. Maklum, meski sudah memasuki masa New Normal, berbagai pembatasan masih dilakukan pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Adi mengatakan pilihannya menggunakan Mitsubishi Xpander setahun terakhir sangat tepat. Pertama, lantaran harga Xpander cukup terjangkau bagi kantongnya. Sebagai informasi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan 7 varian Xpander yang dibanderol antara Rp 217 juta sampai Rp 275 juta. “Setelah dihitung-hitungan cicilannya masih terjangkau. Jadi bisa nabung deh untuk trip bareng keluarga,” kata Adi yang memang hobi travelling.

Desain

Soal tampilan rasanya tak perlu banyak dibahas. Mitsubishi sukses meracik Xpander menjadi berbeda dengan kebanyakan Low MPV lainnya di pasaran. Berstatus mobil keluarga, Xpander punya aura mobil yang bisa diajak bertualang. Wajah hadir berbeda. Penataan lampu utama agak rendah, sementara lampu kecil bak DRL sipit berada di atas. Bumper depan dan belakangnya sporty. Inilah yang jadi poin plus bagi konsumen yang bosan dengan model itu-itu saja.

Penggunaan ban berukuran 16 inci dan ground clearance 205 mm, Xpander tak ragu untuk dibawa ke jalan model apapun. Ini adalah jarak ke tanah terbaik dibandingkan model lain di kelasnya. Sedangkan radius putar 5.2 meter. Anda takkan kesulitan ketika melakukan putaran atau U-turn.

Kabin Lapang

Tapi ketertarikan utama Adi adalah kabin. Saat membuka pintu, interior Mitsubishi Xpander terlihat mewah. “Materialnya bagus. Bagian kabin jadi terlihat berkelas,” kata Adi memberikan komentar. “Belum lagi lega banget.”

Dengan panjangnya 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm plus wheelbase 2.775 mm, Mitsubishi memang leluasa menata ruang kabin demi kenyamanan penumpang. Total, Xpander mampu menampung 7 penumpang. Seluruh baris memastikan bisa duduki dengan nyaman. Posisi duduk diklaim nyaman di semua deret.

Konfigurasi kursi Xpander membuat berbagai model barang bisa dimasukan ke bagasi. Apalagi kursi baris ketiga dibuat datar sehingga bisa didapatkan bagasi yang lebih luas. “Karena sekarang hanya satu anak, kursi baris ketiga biasanya saya lipat,” kata Adi. “Jadi saya bisa menaruh barang-barang keperluan di belakang. Koper, tas, kadang juga tenda, kursi lipat, mainan dan sepeda anak kalau lagi jalan-jalan. Bawa apa aja bebas.”

19 Lokasi Fungsional

Urusan kabin, Adi sangat terkesan dengan utilitas Xpander. Mitsubishi peduli soal ketersediaan kompartemen penyimpan barang. Xpander mengantongi banyak tempat penyimpanan serbaguna. Total ada 19 lokasi yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. 10 di baris pertama, 4 di baris kedua, dan 5 di baris ketiga.

Anda bisa meletakan stok masker serta hand sanitizer yang aman, juga mudah dijangkau. Contoh di glove box, kotak konsol tengah, sisi panel pintu maupun bagian lain. “Saya bahkan bisa menyimpan sepatu di bagasi belakang dan kompartemen di bawah kursi. Berasa kayak di rumah aja,” kata Adi.

Mesin dan Keamanan

Soal mesin tak perlu ragu. Mitsubishi menggunakan mesin 1.5 liter naturally aspirated MIVEC, DOHC 16-valve yang sudah teruji. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi optimal 141 Nm pada 4.000 rpm. Semua itu dipadukan dengan dengan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan lain adalah otomatis 4-speed.

Fitur penunjang keamanan plus kenyamanan berkendara pun lengkap. Mulai dari dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distrobution) dan BA (Brake Assist) pada Sport & Ultimate. Keamanan makin mantap dengan ASC (Active Stability Control) dan Cruise Control. Lalu HAS (Hill Start Assist) juga terpasang. Fitur ini Ini sangat membantu ketika mobil dibawa melalui jalan tanjakan. Ia tidak menggelundung saat berhenti sementara di ditanjakan.

Imbuhan peranti lain juga ada. Seperti ESS (Emergency Stop Signal), Reinforced Impact Safety, Pedestrian Protection, Safety Belt 3 titik, Power Window Timer, headlight auto off function, auto door relock system, lane change turn signal system, dan rear camera. Tak salah jika Xpander mendapatkan peringkat empat bintang dari Asean NCAP. “Aman dan nyaman serasa di rumah. Saya jadi pede bawa keluarga kemana saja,” kata Adi menutup perbincangan.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mantap! Pajak Mobil Baru Jadi Nol Persen. Tapi Yang Mana?

JAKARTA, Carvaganza.com -  Wacana untuk meniadakan pajak kendaraan mobil baru menjadi perbincangan di ruang-ruang publik. Gagasan pajak nol persen untuk mobil mendapat sambutan pro...

Ngeri, Jeep Wrangler Nyangkut Di Bibir Jurang Trek Motor Trail

CALIFORNIA, Carvaganza.com -  Berpetualang adalah kegiatan yang mengasyikkan. Mengunjungi tempat-tempat baru, trek menantang dan bertemu dengan orang-orang baru. Apalagi kalau perginya dengan sepeda motor...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Bagaimana Teknologi Cerdasnya Bekerja? (Bagian 3)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sampai mana Nissan Kicks e-Power dengan satu tangki bahan bakarnya bisa melaju? Apakah fitur-fitur cerdasnya dapat membantu Crossover baru ini menjelajah...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...