Mitsubishi Pajero Sport, Nikmati Fitur Lengkap di Tipe Dakar 4x2 dan Ultimate 4x2

JAKARTA, Carvaganza -- Sekitar satu bulan lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu New Pajero Sport. SUV ini mendapat dandanan baru dari sisi wajah sehingga menjadi lebih tangguh dan mewah. Pajero Sport baru ini juga hadir dengan beragam pengembangan dan penyempurnaan lewat fitur baru yang tidak ada pada model sebelumnya.

Naoya Nakamura President Director PT MMKSI mengatakan Pajero Sport merupakan salah salah andalan Mitsubishi di Indonesia. Sejak diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tahun 2009 Mitsubishi Pajero Sport telah mendapatkan perhatian, penerimaan positif serta pengakuan dari konsumen, dan institusi nasional. Hal ini dibuktikan dengan total populasi Pajero Sport di Indonesia yang telah mencapai 164.773 unit.

"Dengan segala keunggulan yang dilengkapi pada New Pajero Sport, kami berharap model ini mendapatkan penerimaan yang lebih baik lagi, sekaligus dapat menjadi partner Anda dalam meraih pencapaian dan mimpi serta melakukan petualangan untuk hidup yang lebih hidup. Live the adventure!" kata Naoya Nakamura President Director PT MMKSI saat perkenalan mobil ini.

Total ada 6 varian yang dihadirkan, dengan dua pilihan mesin diesel, dua pilihan penggerak, dan dua pilihan jenis transmisi. Tapi untuk menikmati secara maksimal, coba pertimbangkan tipe Dakar 4x2 dan Dakar Ultimate 4x2. Keduanya merupakan trim teratas yang dilengkapi mesin diesel 4N15 dan girboks otomatis 8-speed. Pun tak ketinggalan fitur-fitur baru.

Mitsubishi Pajero Sport

Dakar 4x2

Bagi Anda yang mempertimbangkan Pajero Sport ada sedikit tips. Jika mencari keberlimpahan fitur dan rasa berkelas, wajib melirik varian dengan embel-embel Dakar. Ada Dakar 4x2. Harga model ini adalah Rp 575,7 juta (OTR DKI Jakarta).

Basis Dakar sendiri dipastikan tampil paling mewah dari tipe lainnya. Menjadi pembeda utama, seluruhnya telah mengadopsi serangkai penerangan LED teranyar. Headlamp LED dibarengi integrasi strip DRL. Di sisi terluar bumper, cornering lamp siap bantu bermanuver di malam hari. Begitu pula di buritan, lampu menjuntai khas yang kini terpangkas memainkan visual LED. Dari segi desain, seluruh opsi bermesin kuat ini mengenakan sepatu alloy two tone desain anyar berukuran 18 inci.

Urusan fitur eksterior, minimal di Dakar 4x2 sudah kebagian peranti peningkat gengsi berupa lubang di atap alias sunroof. Kecanggihan pun ditambah, seluruh model Dakar ditanam kemampuan Mitsubishi Remote Control. Lewat aplikasi smartphone, gawai pengguna dapat dijadikan sebagai alat kendali sekaligus pemantau jarak jauh. Fungsionalitasnya didukung Operation Assist, membantu saat sinyal buzzer berbunyi atau kendaraan tidak dapat merespons remote control. Di samping itu, ada kemampuan menginformasikan status kendaraan baik itu kunci, lampu, info konsumsi BBM, hingga lokasi mobil. Belum selesai, masih ada sokongan pembuka pintu bagasi khusus Dakar Ultimate.

Mitsubishi New Pajero Sport lifgate

Dalam kabin, Pajero Sport terlihat semakin pintar dan kekinian di strata Dakar ke atas. Mereka kebagian panel instrumen LCD berukuran 8 inci dengan seleksi tiga display dan suguhan informasi komprehensif. Untuk sarana hiburan, head unit touchscreen disuntik fungsi Bluetooth, USB, dan konektivitas Smartphone-Link Display Audio.

Sistem pengoperasian kendaraan juga semakin modern. Paddle shifter tersedia bila ingin otoritas lebih untuk mencipta akselerasi. Lalu, kemajuan fitur diyakini bakal meringankan beban komutasi terutama di dalam kota. Bukan lagi hand brake manual, Mitsubishi jebloskan rem parkir elektrik plus penahan laju auto hold. Berkat hal ini, mobil akan menahan laju secara otomatis ketika sudah berhenti total.

Membedakan Dakar dan Dakar Ultimate adalah pemilihan warna kabin. Bahan kulit membungkus bangku, setir, dan shift knob. Kendati begitu, seleksi warna jadi pembeda utama. Model Dakar mengenakan bungkusan beige sementara Dakar Ultimate didominasi leather hitam.

Mitsubishi New Pajero Sport dashboard

Dakar Ultimate 4x2

Kemudian ada Dakar Ultimate 4x2 yang dibanderol Rp 624,7 juta (OTR DKI Jakarta). Sederhananya, semua fitur yang ada di versi Dakar, ada di sini, kecuali Sun Roof. Bedanya, versi Ultimate ketambahan aneka sistem canggih yang meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Permainan kelengkapan lebih ramai. Bukaan pintu bagasi dapat terlaksana dengan bantuan elektris. Bukan hanya itu, pengoperasiannya lebih praktis lewat sensor kaki. Tak ketinggalan fitur smart entry.

Peranti perlindungan berkendara boleh dibilang paling menarik di trim teratas. Standar di Dakar, kantung udara tujuh titik siap melindungi kala terjadi tabrakan. Fitur berupa Active Stability & Traction Control (ASC + TC) bakal menjaga stabilitas saat bermanuver. Juga ditemani Hill Start Assist saat menanjak. Urusan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake force Distribution (EBD) tidak perlu ditanya lagi.

Mitsubishi New Pajero Sport headunit

Pelindungnya termasuk segudang asisten berkendara aktif. Contoh Forward Collision Mitigation System (FCM), bantu mencegah benturan atau meminimalisir dampak celaka lewat peringatan dan pengereman otomatis. Mendeteksi rintangan di hadapan lewat kamera dan radar laser.

Bantuan lainnya tak kalah mendukung keselamatan. Blind Spot Warning plus Lane Change Assist bakal mendeteksi rintangan samping dan memberikan peringatan pada pengemudi. Versi penyegaran ini juga ditambah fungsi baru berupa Rear Cross Traffic Alert untuk mendeteksi objek berjalan dari samping berjalan. Bermanfaat ketika keluar dari tempat parkir, misalnya.

Urusan mesin keduanya sama. Mesin (4N15) 2,4 liter diesel yang diembannya sudah disisipkan teknologi MIVEC dengan turbo variabel (VGT). Tenaga yang dihasilkan 181 PS @ 3.500 rpm bisa diekstrak beserta ketersediaan torsi mencapai 430 Nm @ 2.500 rpm. Anda sudah mendapatkan girboks otomatis dengan rasio percepatan mencapai 8-speed. Bedanya di Dakar Ultime sudah menggunakan adaptive crusie control. (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda