MINI Countryman Garapan X-Raid Ini Lebih Siap Lahap Off Road

COWLEY, Carvaganza.com – Bicara soal SUV atau crossover dengan tampang funky dan stylish, MINI Countryman mungkin yang muncul dalam bayangan. Meski nama MINI tidak begitu kuat eksistensinya di segmen SUV, namun nyatanya Countryman cukup populer menjadi pilihan. Lalu apa jadinya kalau Countryman dibuat semakin gagah layaknya SUV sejati?

Sebuah proyek kolaborasi telah diperkenalkan oleh MINI, dengan menggandeng X-Raid Team. Sebuah Countryman dibuat menjadi lebih tangguh dan gagah, dengan kemampuan off road yang semakin mumpuni. Lahirlah MINI Countryman Powered by X-Raid Team.

Mungkin untuk beberapa kalangan, nama X-Raid cukup asing didengar. Tapi untuk para penggemar reli dan penggemar MINI di motorsport, tentu sduah akrab dengan nama itu. MINI dan X-Raid Team punya ikatan panjang di dunia reli, khususnya dengan turutn di ajang Reli Dakar. Kemitraan MINI dan X-Raid kemudian dilanjutkan ke jalan raya, lewat Countryman edisi ini.

Hasil kolaborasi keduanya terwujud dalam sosok Countryman yang lebih rugged, lewat sejumlah modifikasi pada chassis. Modifikasi yang dilakukan berkiblat langsung pada versi mobil reli yang menjadi andalan MINI. Tujuannya, agar Countryman dapat semakin diandalkan untuk menjelajah berbagai medan, dengan karakter fun yang menjadi khasnya.

Hal paling menonjol adalah meningkatnya tongkrongan Countryman, menjadi lebih tinggi tepatnya 40 mm dari versi standar. Penguatan chassis didukung dengan aplikasi velg yang lebih kokoh, bersepatu Cooper Discoverer AT3 sebagai kontak dengan aspal. Dengan ban baru ini, diharapkan performa Countryman dapat lebih andal menghadapi medan yang menantang.

Berkat modifikasi di atas, selain ground clearance yang meninggi, terjadi improvement juga pada approach angle dan fording depth dibandingkan versi standar. Ban sendiri merupakan spesifikasi yang dikembangkan khusus untuk reli, dengan proteksi dari kerusakan ban. Selain mengubah tampangnya lebih kekar, velg off road juga memastikan tidak perlunya mengganti seluruh roda jika terjadi kerusakan di jalan berbatu.

Ubahan visual lainnya, hadir decal striping berwarna oranye terpasang pada kap mesin dan pintu, juga pada pintu bagasi. X-Raid juga masih memberikan tambahan roof rack alumunium demi tekankan utilitasnya. Namun meski namanya menggunakan embel-embel ‘Powered by X-Raid’, tidak ada modifikasi dapur pacu disebutkan pada Countryman ini.

Dengan basis Cooper S Countryman, mesin empat silinder 2,0 liter turbo bawaan pabrik menghasilkan tenaga 189 hp saat 5,000 rpm dan torsi 281 Nm mulai 1.250 rpm. Tersedia opsi sistem penggerak all-wheel drive bernama ALL4, yang sudah menjadi khas pada Countryman. Sejauh ini tidak disebutkan berapa harga yang dibanderol untuk Countryman Powered by X-Raid Team ini.

Sumber: Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda