Beranda Community Mesin Bensin Diisi Solar? Inilah Yang Akan Terjadi

Mesin Bensin Diisi Solar? Inilah Yang Akan Terjadi

daihatsu giias 2019

JAKARTA, 1 Desember 2016 – Mungkin anda akan heran mengenai kasus kesalahan mengisi bensin. Mungkin anda juga tidak percaya hal tersebut bisa terjadi. Tapi kasus seperti itu tak menutup kemungkinan terjadi di kehidupan sehari hari, memang jumlahnya sangat sedikit. Jika terjadi seberapa berbahaya bagi mesin mobil?

Mengutip dari otomotif.liputan6, Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan efek pencampuran itu tergantung pada jumlah solar yang masuk (pada kendaraan bermesin bensin). Jika sedikit, maka efeknya hanya timbul gejala knocking atau bahasa bengkelnya ‘ngelitik‘.

Tapi, jika pada mesin bensin itu lebih banyak solar, maka dapat dipastikan mesin bisa mogok. Pasalnya solar berjenis low eksplosive sehingga busi tidak bisa membakar bensin, terutama jika karakternya berkompresi rendah. Maka hal yang harus dilakukan adalah menguras tangki bahan bakar.

Itu kalau kasusnya terjadi di mesin bensin. Bagaimana kalau dibalik? Di mana mesin Diesel diberi bahan bakar bensin? Efeknya dalam jangka pendek sama dengan isi sedikit solar di mesin bensin, yaitu timbulnya gejala ngelitik.

“Sebaliknya, kalau mesin diesel dimasukkan bensin, maka engine-nya terganggu, cukup membuat tidak enak dipakai,” kata Anjar.

RIO APININO

Video Terbaru Youtube Carvaganza