Mercedes-Benz Luncurkan A-Class Sedan dan GLA Rakitan Lokal, Harga Lebih Terjangkau

JAKARTA, Carvaganza – Seperti sempat diumumkan pada pekan lalu, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia resmi meluncurkan dua model rakitan lokal baru untuk pasar Indonesia. Dua model ini menjadi andalan di segmen New Generation Compact Car (NGCC), untuk kelas sedan dan crossover. Kini, Mercedes-Benz A-Class Sedan dan GLA terbaru menambah lini rakitan lokal untuk pasar Indonesia.

A-Class Sedan dan GLA versi lokal diluncurkan bersamaan dengan digelarnya Mercedes-Benz Star Drive 2021 di Senayan City, Jakarta, mulai hari ini 3 Juni 2021, sampai dengan akhir pekan. Dengan begitu, kini genap delapan model Mercedes-Benz yang dirakit dari Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. A-Class Sedan dan GLA menyusul C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE dan GLS untuk menjadi produk yang dilahirkan dari Wanaherang.

“Hari ini di Star Drive 2021, kami dengan bangga memperkenalkan dua kendaraan kompak rakitan lokal dari Mercedes-Benz. Dengan New A-Class Sedan dan New GLA, kami terus melanjutkan komitmen untuk melayani pelanggan kami di Indonesia dengan produk Mercedes-Benz berkualitas tinggi yang dibuat oleh rekan-rekan yang kami banggakan di Indonesia,” kata Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

A-Class Sedan

Sama seperti ketika awal meluncur di Indonesia sejak Oktober 2019 lalu, A-Class Sedan versi lokal hadir dengan varian A 200 Sedan Progressive Line. Compact sedan alias sedan terkecil dari keluarga Mercedes ini punya kombinasi desain atraktif dan modern dengan teknologi canggih. Sebagian besar mobil ini masih relatif sama seperti versi CBU sebelumnya, kecuali desain velg 17 inci 5-twin spoke.

Mesin pun tetap dengan varian empat silinder 1.3 liter turbo, yang menghasilkan tenaga 163 hp dan torsi 250 Nm. Transmisi otomatis dual clutch 7G-DCT menjadi penghubung mesin dengan roda depan. Selain itu, sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) juga menjadi salah satu keunggulan yang tersedia pada A 200 Sedan Progressive Line.

Untuk model kedua, yaitu New GLA yang dirakit lokal, juga ditawarkann dalam trim atau varian yang sama seperti sebelumnya, yaitu GLA 200 AMG Line. Generasi kedua model crossover berbasis A-Class Hatchback ini diluncurkan di Indonesia pada September 2020 lalu bersamaan dengan GLB. Proporsi tampilan GLA menjadi lebih gagah dan tangguh dibandingkan A-Class, untuk kemampuan jelajahnya yang lebih fleksibel.

GLA 200

Dengan trim AMG Line, maka eksterior GLA 200 versi lokal punya karkater sporty yang lebih kuat, terlihat dari desain grille, bumper depan, velg palang lima 19 inci khas, serta bumper belakang. Body cladding hitam mengelilingi body juga menajdi ciri khas GLA sebagai sebuah crossover, sebagai pelindung saat seandainya diajak melahap medan off road.

Selain MBUX pada sistem infotainment yang menjadi andalan di seluruh model NGCC Mercedes-Benz saat ini, GLA lokal juga hadir dengan serangkaian Driving Assistant Package. Fitur yang disediakan dalam paket ini antara lain exit warning function dan Blind Spot Assist.

Dengan sudah dirakit lokal alias CKD (Completely Knocked-Down), maka terjadi penyesuaian harga juga untuk A-Class Sedan dan GLA untuk pasar Indonesia. Banderol keduanya menjadi lebih terjangkau, yaitu Rp 751 juta (off the road) untuk A 200 Sedan Progressive Line, dan Rp 761 jura (off the road) untuk GLA 200 AMG Line. Selain A-Class Sedan dan GLA versi lokal, Mercedes-Benz Star Drive 2021 juga menjadi momen debut publik untuk Mercedes-AMG CLA 45 S di Indonesia.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda