Ini Alasan Mengapa Generasi Terbaru Hyundai New Santa Fe Begitu Spesial

JAKARTA, Carvaganza – Sport Utility Vehicle (SUV) 7-penumpang menjelma menjadi salah satu jenis kendaraan yang paling diminati tak hanya di Tanah Air tetapi juga di seluruh dunia. Itu sebabnya, tak salah kalau April 2021 lalu Hyundai memperkenalkan generasi terbaru Santa Fe di Indonesia.

Datang dengan konfigurasi 3-baris kursi, Hyundai New Santa Fe menawarkan pengalaman berkendara yang lengkap. Bukan hanya itu, desain eksterior Hyundai New Santa Fe yang macho dan agresif tampil sesuai dengan fitrahnya sebagai kendaraan dengan daya jelajah yang tinggi.

Bukan hanya itu, interior generasi terbaru Hyundai Santa Fe pun didesain ulang dengan menonjolkan kesan premium. Kemewahan dan kenyamanan serta keamanan disediakan produsen mobil asal Korea Selatan ini untuk memenuhi ekspektasi konsumen Santa Fe.

Hyundai New Santa Fe

Menurut Hyundai, Santa Fe merupakan tonggak penting dalam sejarah penting Hyundai di dunia maupun Indonesia. Itu sebabnya generasi terbarunya ini dibuat menggunakan platform dan transmisi baru. Ia juga dilengkapi dengan sejumlah teknologi terkini.

Performanya juga diracik sedemikian rupa dengan keseimbangan yang baik agar dapat diandalkan namun disaat yang bersamaan justru lebih efisien. Tidak hanya itu, Hyundai Santa Fe juga dibekali dengan fitur keselamatan yang lengkap untuk melindungi seluruh penghuni kabinnya saat berkendara.

Mengapa mobil ini begitu spesial? Kami coba mengupasnya satu persatu untuk Anda!

Hyundai New Santa Fe

 

Desain Eksterior

Hyundai New Santa Fe versi penyegaran ini dibangun di atas platform baru berkode N3 yang menjadi basis pengembangan untuk produk-produk masa depan Hyundai. Sebut saja, Hyundai Staria, Hyundai Santa Cruz, Hyundai Sonata dan Hyundai Tucson generasi terbaru juga berdiri di atas platform yang sama.

Struktur rangka yang baru ini menjadi kanvas yang sempurna terhadap pembaharuan desain. Misalnya, tampilan grille Santa Fe memperlihatkan pola geometris khas dengan lampu depan terintegrasi. Inovasi desain diperlihatkan oleh lampu LED Daytime Running Lights (DRL) dengan posisi yang memanjang dari bagian atas grille ke arah bawah sehingga memberikan nuansa signature unik berbentuh seperti huruf T saat dihidupkan.

Bagian sisinya juga memiliki aksen garis tegas yang menghubungkan antara lampu DRL di depan dengan lampu kombinasi belakangnya. Makanya tak salah kalau dari samping desain mobil ini terlihat begitu berotot dan berani dibandingan sebelumnya. Apalagi kesan SUV yang kokoh dan bertenaga ini diperkuat lagi oleh velg berukuran 18 inci.

interior Hyundai New Santa Fe

Interior

Hyundai New Santa Fe juga mendapat pembaharuan desain pada bagian interiornya. Jadi tak hanya memberikan ruang yang lebih luas dan nyaman, SUV dengan tiga baris penumpang ini juga menawarkan berbagai macam kemudahan yang tak ditemukan pada generasi sebelumnya. Tentunya, material soft touch terangkai di setiap sudut interior.

Ubahan paling kentara tampak pada pemilihan warna interior, yakni pilihan Obsidian Black One-Tone dan Camel Two-Tone. Kedua pilihan tema interior sukses membuat tampilan kabin mobil ini terlihat lebih enak dipandang. Tampilan cluster meter di belakang kemudi juga berubah dengan menggunakan konsep digital berukuran 12,3 inci yang punya menu lebih lengkap untuk menampilkan berbagai informasi tentang kendaraan.

Perhatikan juga layar hiburan berukuran 8 inci yang berbeda dari sebelumnya. Multimedia system terbaru ini dibekali display dengan pilihan menu hiburan yang lebih lengkap. Selain itu, layar ini juga berfungsi untuk menampilkan tangkapan gambar dari kamera Surround View Monitoring yang sangat bermanfaat saat memarkir kendaraan.

Untuk mid-size SUV terbarunya ini, Hyundai juga menambahkan sistem pencahayaan kabin yang dapat diatur hingga 64 pilihan warna. Nuansa kabin bisa diatur sesuka hati lewat hadirnya fitur 64-color adjustable ambient mood ini.

SUV premium yang sangat menyenangkan untuk dipakai jalan-jalan keluar kota ini terasa lebih sempurna dengan adanya panoramic sunroof yang bisa dibuka. Ruang kabin yang mewah dan roomy ini sontak terasa jadi lebih lega lagi nyaman. Disediakan pula rear door manual curtain untuk privasi penumpang belakangnya.

Hyundai New Santa Fe

Performa

Tenaga penggerak Hyundai New Santa Fe tersedia dalam dua pilihan, yaitu mesin bensin dan diesel. Pertama kita bahas dulu mesin bensin 2,5 liter Mpi dengan transmisi otomatis 6-speed. Mesin ini punya kapasitas yang lebih besar dari mesin bensin sebelumnya yang berkapasitas 2,4 liter. Tenaganya pun meningkat menjadi 180 ps pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 23,7 Kg-m pada 4.000 rpm. Akselerasi 0-100 km/jam menurut klaim dapat dituntaskan dalam 10,1 detik saja.

Pilihan kedua, mesin turbodiesel CRDi 2,2 liter dengan transmisi otomatis DCT (Dual Clutch Transmission). Varian ini menghasilkan tenaga maksimal 202 ps pada 3.800 rpm dengan torsi puncak 45 kg-m yang muncul sejak 1.750 rpm hingga 2.750 rpm. Menurut klaim, performanya ini cukup untuk melesatkan Hyundai New Santa Fe turbodiesel dari posisi diam sampai menginjak 100 km/jam dalam 9 detik saja dan masih dapat terus melaju hingga kecepatan maksimum 205 km/jam.

Baik varian bermesin bensin maupun diesel, keduanya sudah mendapat peningkatan pada sistem transmisi otomatisnya. Didukung teknologi shift by wire, Hyundai New Santa Fe akan menjamu pengemudinya dengan perpindahan transmisi yang lebih halus namun tetap sanggup mengantarkan tenaga dan torsi secara optimal.

Hyundai New Santa Fe

Program purna jual

Hyundai New Santa Fe sudah tersedia di seluruh diler resmi Hyundai sejak April 2021. Warna eksterior yang bisa dipilih konsumen diantaranya, Typhoon Silve Metallic, Glacier White Metallic, Magnetic gray Metallic, Abyss Black Pearl dan Lagoon Blue Pearl. Mobil ini ditawarkan dalam 6 varian dengan rincian harga on-the-road Jakarta sebagai berikut:

● New Santa Fe G 2.5 6AT Style: IDR 569,000,000,-
● New Santa Fe G 2.5 6AT Prime: IDR 599,000,000,-
● New Santa Fe G 2.5 6AT Signature: IDR 678,000,000,-
● New Santa Fe D 2.2 8DCT Style: IDR 629,000,000,-
● New Santa Fe D 2.2 8DCT Prime: IDR 659,000,000,-
● New Santa Fe D 2.2 8DCT Signature: IDR 729,000,000,-

Setiap konsumen yang membeli Hyundai New Santa Fe berhak mendapatkan garansi dasar 3 tahun atau 100.000 km tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Selain itu Konsumen juga mendapat gratis biaya perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km. Layanan roadside assistance 24-jam tanpa biaya bisa dihubungi di 0800 1 878 878.

Hyundai New Santa Fe

Lebih spesial lagi, konsumen juga bisa membeli mobil ini secara online dengan mengakses sistus resmi Hyundai Motors Indonesia. Selain memberikan pengalaman memiliki kendaraan secara online yang spesial, konsumen tak perlu khawatir harus berinteraksi langsung dengan pramuniaga Hyundai di tengah kondisi situasi pandemi seperti saat ini. Menarik bukan?
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda