Mercedes-AMG GT Black Series Pecahkan Rekor Sikuit Nurburgring

JAKARTA, Carvaganza.com - Mercedes-AMG GT Black Series baru saja mencetak rekor satu putaran tercepat di sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman dengan catatan waktu 6 menit 43,616 detik. Pembalap GT3, Maro Engel duduk di depan kemudi saat melakukan pemecahan rekor tersebut.

Selama pemecahan rekor tersebut, Mercedes tidak melakukan modifikasi apapun terhadap mobil terbaru mereka itu. Meski begitu, tetap saja pabrikan asal Jerman itu melakukan sejumlah penyesuaian pada sistem aerodinamika dan suspensi. Perubahan tersebut sukses mengantar Mercedes-AMG GT Black Series memangkas rekor sebelumnya, yakni 6 menit 44,970 detik yang dicatak Lamborghini Aventador SVJ pada Juli 2018.



Mobil sport 2-pintu berperforma tinggi itu melakukan dua putaran dalam dua versi berbeda. Pertama versi putaran yang umumnya dipakai oleh para produsen mobil untuk memecahkan rekor kecepatan sejauh 20,5 km. Lalu putaran kedua Mercedes-AMG GT Black Series melakukan flying lap di lintasan yang lebih panjang, yakni 20,8 km dengan catatan waktu 6 menit 48,047 detik.

Selama percobaan pemecahan rekor ini, splitter dari material serat karbon diposisikan pada posisi untuk balap. Sementara sayapnya diposisikan agak ke atas. Selanjutnya suspensi direndahkan 0,2 inci di depan dan 0,1 inci di belakang. Kemudian kaki-kakinya disetel dengan camber negatif 3,8 derajat di depan dan 3,0 derajat di belakang. Kemudian sistem kontrol traksi yang punya sembilan setelan diposisikan pada stage 6 dan stage 7 tergantung seksi lintasan yang sedang dilalui. Sedangkan selama percobaan pemecahan rekor, Mercedes-AMG GT Black Series memakai ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R MO.



“Perjalanan yang sangat luarbiasa,”ujar Engel paska memecahkan rekor, “Saya bisa melewati Kesselchen (salah satu seksi lintasan) dengan kecepatan di atas 270 km/jam. Bahkan di trek lurus bernama Döttinger Höhe, Mercedes-AMG GT Black Series bisa tembus 300 km/jam. Mobil ini jauh lebih cepat dari mobil balap GT3 yang saya kemudikan saat balapan,” lanjutnya.

“Kesimpulannya, bisa melintasi satu putaran Nordscheleife dalam waktu 6 menit 48,047 detik sejauh kurang lebih 20,8 km di dalam mobil produksi masal dalam kondisi lintasan seperti ini sungguh menyenangkan. Seperti halnya mobil balap GT3 saya, AMG GT Black Series menawarkan banyak sekali kemunginan peyetelan yang memungkinkan tim melakukan stelan yang sesuai dengan karakter mengemudi saya,” tutup Engel.
RIZKI SATRIA

Baca juga: ROAD TEST: Volkswagen Tiguan Allspace

 



Sumber: Carscoop

Artikel yang direkomendasikan untuk anda