Mengupas Spesifikasi dan Fitur SUV All New Subaru Forester Khusus Pasar Indonesia

  • Mode pengendaraan Subaru Forester 2022

JAKARTA, Carvaganza – Keseriusan PT Plaza Auto Mega (PAM) untuk melangkah di pasar Indonesia sudah dibuktikan dengan merilis all new Forester hari Rabu kemarin (19/05). Sekaligus menjadi model pertama yang masuk ke pasar domestik dan membuka pintu untuk masuk ke kancah nasional.

KEY TAKEAWAYS

  • Fitur apa saja yang terangkum dalam EyeSight Subaru Forester?

    Di antaranya, Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking, Pre-Collision Throttle Management, Lead Vehicle Start Alert, Lane Departure Warning, Lane Away Warning dan Lane Keeping Assist.
  • Apa kelebihan dari Subaru Global Platform?

    Mampu menyerap energi benturan sampai 40 persen, mengurangi body roll sampai 50 persen dan meningkatkan rigiditas mobil sampai 70 persen.
  • Ada berapa varian all new Subaru Forester dan berapa harganya?

    Hadir dalam 2 varian. Subaru Forester 2.0i L dibanderol Rp 579,5 juta OTR dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight ditag Rp 659,5 juta.
  • Ya seperti diketahui, Subaru pernah berkiprah di Indonesia lewat APM Subaru Motor Image. Tapi karena tersandung kasus pajak yang besar, APM tersebut hengkang dan dicekal. Kini, APM Subaru Indonesia yang terbaru tidak ada kaitannya sama sekali dengan Motor Image dan berdiri sendiri serta berkomunikasi langsung dengan heardquarter Subaru di Jepang.

    All new Forester yang diluncurkan untuk pasar domestik adalah generasi ke-5 yang belum lama ini juga diperkenalkan di beberapa negara. Keunggulan yang ditawarkan adalah rancang mesin, kelengkapan fitur, dan rasa berkendaranya.

    all new Subaru Forester 2022

    "Dengan Subaru Core Technology terbaru seperti, Subaru Global Platform, BOXER Engine, dan Symmetrical All-Wheel Drive dengan X-Mode terbaru, serta tampilan perdana dari sistem keselamatan aktif Subaru EyeSight generasi ke-4, kami yakin the all-new Subaru Forester akan menjadi benchmark baru di kelasnya, sebuah SUV harian yang aman dan nyaman, serta memiliki kemampuan off-road yang dapat diandalkan," kata Arie Christopher selaku Chief Operating Officer Subaru Indonesia di Plaza Subaru, Alam Sutera, Tangerang Selatan.

    Positioning harga yang ditawarkan cukup menarik. Menjadikan Forester sebagai mobil SUV AWD (All Wheel Drive) termurah di Indonesia. Hadir dalam 2 varian, mobil ini dijual dengan banderol Rp579,5 juta OTR untuk opsi 2.0i-L dan Rp 659,5 juta OTR buat varian 2.0i-S EyeSight.

    Buat yang berencana yang membeli mobil ini dalam waktu dekat, hal yang paling penting adalah mengetahui spesifikasi dan fitur apa saja yang dimiliki. Pada artikel ini kami akan sajikan rangkumannya secara lengkap.

    all new Subaru Forester 2022

    Spesifikasi All New Forester

    Oke secara konstruksi, all new Subaru Forester dibangun dari Subaru Global Platform. Konstruksi ini adalah pengembangan terbaru dari Subaru Corporation Jepang. Diklaim 1 tingkat lebih safety dari konstruksi sebelumnya. Subaru Global Platform memungkinkan penyerapan benturan hingga 40% lebih baik, body roll yang berkurang hingga 50%, dan peningkatan rigiditas hingga 70% untuk memberikan rasa aman, impresi berkendara dinamis, dan rasa nyaman kepada penumpang.

    Nah untuk spesifikasinya, SUV ini tetap mengandalkan racikan mesin ber-DNA khas Subaru. Di mana di balik bonnetnya bersemayam mesin FB20 Boxer dengan tata letak poros simetris 180 derajat, 4-silinder, dan berisi silinder 2.000 cc. Jantung pacu itu mampu menghantarkan tenaga maksimal sampai 154 hp (156 PS) pada 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 196 Nm di 4.000 rpm.

    Output itu disalurkan lewat transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD untuk penyaluran tenaga yang halus dan merata di semua putaran dan kondisi jalan. Perpindahan gigi juga dapat dilakukan secara manual melalui paddle shift pada lingkar setir.

    Marketing Manager Communication Subaru Indonesia, Ismail Ashlan menjelaskan meski besaran tenaga dan torsi yang dihasilkan tak terlalu besar. Komposisi penggerak AWD yang ada di seluruh varian Forester akan menawarkan performa yang baik.

    "Preferensi orang memang berbeda, tapi yang jelas Symmetrical All-Wheel Drive power lossnya jauh dibandingkan dengan rear atau front wheel drive. Jadi 156 PS yang didapatkan itu yang akan dirasakan di jalanan. Fokusnya adalah power loss yang berkurang," kata Mail, panggilan karibnya.

    Baca juga:  Subaru Forester Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 579,5 Juta

    interior all new Subaru Forester 2022

    Fitur All New Forester

    Dengan banderol mobil di atas Rp 500 juta, tentu peranti fitur jadi sektor yang tak boleh terlewatkan. Ini berkaitan dengan kenyamanan serta keamanan ketika Anda berkendara dengan sebuah mobil.

    Khusus Subaru Forester yang dijual di Indonesia terbilang lengkap soal fitur. Di mana untuk varian tertingginya sudah dibekali dengan teknologi keamanan semi otonomos atau yang Subaru branding sebagai EyeSight. Di dalamnya terdapat 8 fitur yang dijual, lengkapnya seperti termasuk Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking, Pre-Collision Throttle Management, Lead Vehicle Start Alert, Lane Departure Warning, Lane Away Warning, Lane Keeping Assist dan Subaru Rear Vehicle Detection.

    Untuk fitur keselamatan lainnya, mobil ini juga dibekali dengan Airbags, Hill Hold Control, Traction Control, Blind Spot Minimization, Auto Headlight, hingga Auto Wiper.

    Sementara untuk fitur hiburan, all new Forester juga berfokus di sektor ini. Di mana sudah tersemat head unit berukuran 8 inci dengan sambungan Apple Carplay serta Android Auto. Kemudian hadir juga Instrument cluster hadir dengan 2 dial dan satu layar LED untuk informasi yang interaktif.fitur keselamatan All New Subaru Forester 2022

    Khusus varian EyeSight sudah dibekali dengan sunroof, perangkat audio by Harman Kardon dengan 9 speaker sekaligus berdaya 576 watt.

    Tak ketinggalan untuk fitur keasyikan berkendara, mobil ini dibekali dengan Subaru Intelligent Drive (drive mode) yang hadir dalam opsi Intelligent Mode (Eco Mode) dan Sports Mode.

    Nah buat yang doyan garuk tanah atau mengeksplor jalur off-road, all new Subaru Forester juga dibekali dengan model khusus atau yang disebut sebagai X-Mode. Di sini pengendara bisa memilih beberapa opsi mulai dari Snow/Dirt dan Deep Snow/Mud.

    Baca juga:  Subaru Indonesia Bocorkan Model Baru Meluncur Bulan Depan, Bisa Tebak?

    Pengoperasinnya cukup mudah dengan 1 sentuhan di bagian konsol tengah. Kombinasi Symmetrical All-Wheel Drive dan X-Mode terbaru yang ada pada mobil ini diklaim menghadirkan keasyikan berkendara yang lebih dibanding merek mobil lain. Oh iya, menariknya X-Mode dihadirkan di 2 varian Forester terbaru.

    Buat kebutuhan light off-road rasanya Forester sangat bisa diandalkan. Selain punya fitur X-Mode dan penggerak AWD, dia juga memiliki ground clearance di 220 mm, departure angle 24,6 derajat, approach angle 20 derajat, dan brake over 19,6 derajat.

    Secara keseluruhan, Forester hadir dalam konfigurasi tempat duduk 5 penumpang. Untuk urusan bawa-bawa barang, bagian bagasinya memiliki kapasitas sampai 500 liter yang bisa diperluas hingga 1.740 liter ketika meratakan bangku baris kedua.

    bagasi all new Subaru Forester

    Perbedaan dua varian All New Subaru Forester

    Dengan selisih harga sampai Rp80 juta, kedua varian yang ditawarkan untuk pasar Indonesia memiliki beberapa diferensiasi utama.

    Beberapa hal sudah kami jelaskan di atas, seperti tak adanya sunroof untuk varian termurah, absen perangkat audio Harman Kardon, dan tak dilengkapi dengan fitur keselamatan EyeSight.

    Kemudian perbedaan juga hadir di bagian lingkar roda, untuk tipe termahal menggunakan velg berukuran 18 inci berbahan alloy 5 spoke dengan finishing diamond cut dan piano black. Dia menggunakan profil ban 225/55. Adapun untuk varian 2.0i-L non EyeSight menggunakan velg berukuran 17 inci alloy-wheels, two-tone black & silver dengan spesifikasi ban di 255/65.

    Sekadar informasi, pengiriman dari Subaru Forester terbaru baru akan dilakukan pada Agustus mendatang dengan status unit CBU utuh dari Jepang. Sementara keran pemesanannya sudah dibuka per hari ini.

    "Kenapa di Agustus? produk yang ada di Indonesia ini langsung dari Subaru Corporation di Gunma Jepang jadi pasti ada penyesuaian spesifikasi produk. Makanya ada waktu tunggu hingga Agustus karena produk yang dijual di sini disesuaikan betul-betul dengan kondisi (suhu, kondisi jalan, cuaca)," jelas Mail. (BANGKIT JAYA/EK)

    Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Subaru Forester, Pembuka Jalan Masuk Lagi Ke Indonesia

    Pelajari lebih lanjut tentang Subaru Forester

    • Tampak Depan Bawah Subaru Forester
    • Tampak belakang serong Forester
    • Fog lamp depan Forester
    • lampu belakang Forester
    • Pelek Forester
    Subaru Forester
    Rp 579,5 - 659.5 Juta Cicilan mulai dari : Rp 13,22 Juta

    Mobil Subaru Lainnya

    • Subaru Forester
      Subaru Forester

    Don't Miss

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Subaru Pilihan

    Pilihan mobil untuk Anda

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza