Beranda Updates Mengintip Pabrik Wuling Motors di Cikarang

Mengintip Pabrik Wuling Motors di Cikarang

Pabrik Wuling di Cikarang

CIKARANG, 9 Mei 2018 – Nama Wuling Motors tengah naik daun di ranah otomotif Indonesia. Pabrikan asal Cina itu mengejutkan publik dengan menghadirkan tiga MPV yaitu Confero S, Cortez 1.8L dan Cortez 1.5L yang memiliki segudang fitur dan siap bersaing dengan pemain lainnya di segmen MPV. Nah, bagaimana pabrik Wuling Motors di Indonesia?

Dalam kunjungan ini, Wuling Motors mengajak beberapa jurnalis termasuk Carvaganza untuk menyaksikan langsung pabrik PT SGMW Motor Indonesia yang berlokasi di Greenland International Industrial Centre (GIIC), Cikarang, Jawa Barat. Pabrik yang dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 11 Juli 2017 ini berdiri di atas lahan total seluas 60 hektare yang terbagi atas manufaktur seluas 30 hektare dan supplier park seluas 30 hektare.

Carvaganza sendiri sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke pabrik otomotif. Pabrik milik Wuling Motors ini tak kalah canggih. Hal ini karena Wuling Motors merupakan bagian dari SGMW yaitu joint venture antara Shanghai Automotive Industry Corporation, General Motors China, dan Guangxi Automobile Group.

Hingga kini jumlah keseluruhan pekerja pabrik Wuling mencapai 900 orang, 700 di antaranya ada di bagian perakitan, meski pengerjaan 50 persen sudah menggunakan robot.

Sekitar dua jam kami diajak melihat proses utama dalam perakitan mobil antara lain press, pengelasan, pengecetan dan assembly.

“Pabrik ini dari segi sistem menggunakan DNA GM build up proses sama dengan GM dan kita sesuaikan pabrik masing-masing standarnya GM,” kata Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana.

Di pabrik ini, Wuling Motors menggelontorkan investasi senilai US$ 700 juta yang memiliki kapasitas produksi 120.000 unit mobil per tahun. Meski belum terpakai maksimal, saat ini pabrik Wuling Motors memproduksi 117 kendaraan per hari atau sekitar 2.300 unit setiap bulannya untuk Confero S, Cortez 1.8L, dan Cortez 1.5L.

Kehadiran tiga model ini disambut cukup hangat. Terbukti pada tahun 2017 mereka mencatat penjualan 5.050 unit. Sedangkan periode Januari-April 2018 mencapai 5.216 unit. “Wuling menargetkan penjualan sekitar 30 ribu unit kendaraannya hingga akhir 2018,” kata Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kenalkan Teknologi, Daihatsu Berikan Pelatihan Online 100 Guru SMK se-Jawa Barat

JAKARTA, Carvaganza -- Mengambil momentum dalam merayakan Hari Sumpah Pemuda di Indonesia, Astra Daihatsu Motor berikan pelatihan kepada 100 guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)...

Asuransi Astra Dukung Penuh Bulan Inklusi Keuangan

JAKARTA, carvaganza.com - Menurut Otoritas Jasa Keuangan, inklusi finansial memiliki peranan penting dan strategis. Sehingga diharapkan dapat menjadi solusi jitu untuk mempercepat pemulihan ekonomi...

Kegep! Ferrari Uji coba SUV Purosangue Di Seputaran Maranello

MARANELLO, carvaganza.com -  Ferrari pernah membantah bahwa pabrikannya bakal memproduksi SUV. Ia juga pernah membantah akan memproduksi mobil bertenaga hybrid. Tapi bantahan itu sekarang...

Mitsuoka Buddy, Toyota RAV4 Yang Berdandan Ala Pickup Chevrolet Tua

JAKARTA, Carvaganza.com - Anda tak salah lihat. Ya inilah mobil baru yang berdandan ala mobil tua. Namanya, Mitsuoka Buddy. Mobil ini diproduksi oleh Mitsuoka,...

Histori Lini SUV Mercedes-Benz, Sempat Telat Mengikuti Tren

Sederet model SUV disuguhkan Mercedes-Benz. Tentu tujuannya memenuhi bermacam kebutuhan pasar. Mulai dari entry level sampai paling mewah. Membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Di...