Beranda New Cars Menghitung Hari Peluncuran Toyota Corolla Cross di Indonesia

Menghitung Hari Peluncuran Toyota Corolla Cross di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Rupanya tidak butuh waktu lama bagi Toyota untuk membawa Corolla Cross segera meluncur di Indonesia. Dalam waktu dekat, SUV terbaru dari Toyota tersebut dipastikan akan meluncur. Bahkan, peluncurannya hanya tinggal menghitung hari.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan peluncuran Corolla Cross untuk pasar Tanah Air. Sebuah undangan telah diterima oleh redaksi Carvaganza, yang terang-terangan menyebut untuk peluncuran Corolla Cross. Acara peluncuran akan digelar pekan depan, hari Kamis, tanggal 6 Agustus 2020.

Oleh TAM, peluncuran akan digelar via sesi virtual, dengan pertimbangan situasi pandemi yang belum kunjung reda saat ini. “Corolla Cross: Two Sides of The Finest”, tulis TAM soal SUV berbasis generasi terbaru Corolla Altis tersebut.

Debut global mobil ini bahkan baru saja dilakukan pada awal Juli lalu, dengan Thailand menjadi negara pertama yang memasarkan Corolla Cross. Dengan begitu, Corolla Cross akan menjadi versi keempat dari Corolla generasi ke-12, setelah Sedan, Hatchback, lalu Touring Sports (estate). Ini pertama kalinya Corolla dihadirkan dalam bentuk SUV atau crossover oleh Toyota, menyambut semakin besarnya minat pasar terhadap segmen ini.

Corolla Cross seolah mengaburkan batasan antara segmen hatchback dan SUV, lewat proporsi dimensi kompak dan utilitas lebih baik. Tentunya, mobil ini dibangun menggunakan basis dari versi Corolla Hatchback. Toyota mengandalkan platform TNGA-C untuk Corolla Cross, yang memungkinkan aplikasi berbagai jenis powertrain.

Sepintas, tampangnya justru mirip dengan RAV4 dan nyaris tidak ada kemiripan dengan Corolla, baik hatchback maupun sedan. Wajahnya didominasi oleh grille trapesium besar, dengan frame tebal. Lampu depannya memanjang, dengan alur mengecil pada sisi dalam yang bersinggungan pada grille. Pencahayaan bagian depan sudah dilengkapi LED DRL dan lampu utama proyektor.

Jika tampilan eksteriornya sangat baru dari model Toyota lainnya, saat masuk ke interior justru sebaliknya. Layout kabin, khususnya baris depan sangat identik dengan Corolla dan model Toyota lain generasi TNGA. Layar sentuh infotainment mendominasi sisi tengah dashboard, dengan fungsi dan fitur kurang lebih sama seperti Corolla Sedan. Panel instrumen full digital tersaji untuk pengemudi.

Varian utama Corolla Cross hadir dengan mesin bensin 1,8 liter yang memiliki tenaga 140 hp dan torsi 175 Nm. Kemudian ada juga varian hybrid, dengan mesin sama yang didukung motor listrik. Versi hybrid punya 98 hp dan 142 Nm dari mesin, serta 72 hp dan 163 Nm dari motor listrik. Secara total Corolla Cross hybrid menghasilkan 170 hp dan torsi 305 Nm.

Namun belum diketahui apakah TAM akan langsung menghadirkan varain Hybrid saat peluncuran Corolla Cross, pekan depan. Positioning harga juga tentu menarik untuk disimak, mengingat Mazda CX-30 menjadi satu-satunya rival dengan format yang sama sejauh ini.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Beli Mobil Dapat Promo Sekaligus Sehat Bersama Honda

JAKARTA, Carvaganza -- Sumbangan penjualan secara digital yang cukup signifikan membuat Honda terus menggejot strategi penjualan dari sektor ini. Menjelang penghujung tahun 2020 ini,...

Nissan Magnite World Premiere di India, Ini Fitur-Fitur Menariknya

NEW DELHI, carvaganza.com – Pabrikan Nissan pada hari ini Rabu (21/10) melakukan premiere global Magnite di India. Sekaligus membuka tabir rumor yang berseliweran dalam...

MG Motor Indonesia Tunjuk Donald Rachmat Sebagai General Director Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai pemain paling baru di kancah otomotif nasional, MG Motor Indonesia terus membuat strategi memperkuat posisinya. Yang terbaru adalah dengan mengangkat...

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta ( Bagian 3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...