Menghitung Hari Peluncuran Hyundai Santa Fe Facelift di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza – PT Hyundai Motors Indonesia memastikan kehadiran Hyundai Santa Fe ke Indonesia pada pekan depan. Hal tersebut dikonfirmasi dari undangan peluncuran yang diterima oleh redaksi Carvaganza. Meski demikian kehadiran Sante Fe ke Indonesia sudah diprediksi karena namanya masuk dalam website Samsat DKI Jakarta. Pada website tersebut Hyundai Santa Fe sepertinya akan hadir dengan dua varian yakni Santa Fe G2.5 4X2 6AT dan Santa Fe D2.2 4x2 8AT. 

Jika dilihat dari nama variannya PT Hyundai Motors Indonesia sepertinya akan menghadirkan Hyundai Santa Fe dengan varian bensin dan diesel. Mesin bensinnya dibekali dengan komposisi 2.500 cc bertransmisi 6-percepatan dengan penggerak 4x2. Sedangkan model dieselnya dibekali dengan mesin 2,2 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dan berpenggerak 4x2. Memang hal tersebut belum dapat dipastikan namun yang jelas kehadiran Hyundai Santa Fe dengan tampang baru akan segera dihelat pada 7 April 2021 oleh PT HMIID. 

Hyundai Santa Fe di beberapa negara yang sudah mendapat versi facelift menawarkan tampang yang lebih gagah dari sebelumnya. Terdapat ukiran Fluidic Sculpture terbaru dan penggunaan pola 3D pada desain grille depannya. Selain itu sentuhan baru juga terlihat pada desain lampu depan dan lampu Daytime Running Light LED yang berbentuk T. Beralih ke ujung bumper bawah yang kini terdapat skid plate dengan tambahan kisi-kisi udara.

Santa Fe

Pada bagian sampingnya Hyundai Santa Fe juga dibekali dengan fender roda yang lebih lebar termasuk opsi velg berukuran 20 inci dengan dual tone. Bahkan dalam beberapa literatur, Hyundai memiliki formula khusus untuk desain eksteriornya yang menghasilkan coefficient of drag (Cd) 0,33 yang sama seperti Palisade.

Di bagian belakangnya, Hyundai Santa Fe memiliki lampu buritan dengan grafis horizontal dan membuat bokongnya terlihat lebih lebar. Selain itu terdapat aksen merah yang membentang dan menyambungkan lampu belakang Hyundai Santa Fe. Secara umum sentuhan pada bagian depan samping dan belakang membuat Hyundai Santa Fe versi facelift ini terlihat lebih gagah dan dewasa dari model sebelumnya. 

Di Indonesia, Hyundai Sante Fe mengisi pasar SUV 7-penumpang dan hadir beradu segmen bersama Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport atau Honda CR-V. Namun dari ketiga penantangnya tersebut baru Mitsubishi Pajero dan Honda CR-V yang sudah berdandan ulang dengan menawarkan fitur baru di dalamnya. Sejalan dengan itu, Hyundai Santa Fe biasanya akan dibanderol dengan harga di atas Rp 500 jutaan apalagi nama Hyundai tidak terdaftar sebagai penerima “santunan” PPnBM 0% dari pemerintah.
ALVANDO NOYA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda